pixel
Home/Articles/

Kenali 8 Permasalahan Umum yang Terjadi di Dapur & Cara Mengatasi

Kenali 8 Permasalahan Umum yang Terjadi di Dapur & Cara Mengatasi

04 July 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
cara mengatasi permasalahan dapur

Dapur adalah salah satu area tersibuk di rumah, terutama jika sering digunakan untuk memasak dan sebagai ruang multifungsi.

Tidak heran, dapur kerap mengalami berbagai permasalahan seperti permukaan dapur yang tidak memadai, saluran air tersumbat, saluran kran yang bocor, hingga banyaknya tikus di dapur. Namun, jangan khawatir! Masalah-masalah ini dapat diatasi dengan mudah jika segera ditangani. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu aktivitas di dapur bahkan merusaknya.

8 Jenis Permasalahan Umum di Dapur & Tips Mengatasinya

Front view of emotional guy wearing holder covering his face standing behind table with freshly-baked pastry on it in the white kitchen

Berikut adalah beberapa permasalahan yang kerap dijumpai pada hampir semua orang yang memiliki rumah khususnya di dapur dan dilansir dari kompas.com dan archify.com!

Simak berikut ini:

1. Tidak Ada Ruang di Permukaan Meja Dapur

Jika Anda merasa permukaan meja dapur penuh dan tidak ada ruang, saatnya merapikan barang-barang yang berserakan. Jangan taruh semua barang di atas meja dapur. Simpan peralatan dapur kecil seperti mixer, penggiling, pemanggang roti, dan blender di dalam lemari kabinet. Untuk panci, sendok sayur, spatula, dan lainnya, Anda bisa menggantungnya di dinding dapur.

Baca Juga: Ingin Pasang Countertop Dapur? Kenali 5 Jenis Ini!

2. Keran Bocor

Keran bocor adalah masalah yang sering terjadi akibat pemasangan yang kurang tepat atau bagian penutup dalam keran yang usang. Jika keran bocor, matikan sumber air, buka keran yang bocor, dan pasang keran baru. Pastikan pangkal keran bersih dari sisa sambungan atau lem lama untuk menghindari kebocoran lebih lanjut.

3. Tikus di Dapur

Masalah tikus di dapur biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang mengundang tikus. Pasang perangkap tikus dan tutup jalan masuknya tikus ke dapur. Simpan sisa makanan di tempat tertutup dan jaga kebersihan dapur untuk menghindari kehadiran tikus.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengusir Tikus Di Plafon Rumah

4. Bau Tidak Sedap dari Wastafel

Permasalahan umum di dapur yang sering ditemui adalah munculnya bau tidak sedap dari wastafel dan penyumbatan saluran air akibat sisa makanan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menuangkan secangkir baking soda dan jus lemon ke dalam wastafel. Diamkan selama 15 menit, kemudian tuangkan secangkir cuka putih. Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung sebelum menyiram wastafel dengan air panas. Metode ini efektif untuk membersihkan saluran air yang tersumbat dan menghilangkan bau.

5. Dapur Terasa Pengap dan Lembab

Dapur yang menghasilkan banyak asap dan bau memerlukan ventilasi yang baik. Jika memungkinkan, pasang cerobong asap dan exhaust fan. Alternatifnya, buka pintu dan jendela saat memasak. Untuk mengatasi dapur lembab, pastikan sirkulasi udara baik dengan membuka jendela. Jika tidak memungkinkan, pasang exhaust fan atau cooker hood. Rutin membersihkan sampah dapur dan memilih tempat sampah tertutup juga membantu mengurangi bau.

6. Permukaan Dapur Licin karena Minyak

Permukaan dapur sering kali berminyak setelah memasak. Untuk membersihkannya, semprot larutan cuka putih pada permukaan yang terkena noda minyak dan seka dengan kain mikrofiber. Cara ini efektif menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel.

Baca Juga: Arus Aliran Listrik di Rumah Lemah? Ini Dia Penyebabnya! 

7. Sink Tersumbat

Saluran sink seringkali tersumbat oleh sisa makanan. Jika ini terjadi, Anda bisa membersihkannya dengan membuka saluran air atau menggunakan soda api untuk menghancurkan kotoran. Namun, perhatikan aturan pemakaian soda api karena bisa merusak pipa dapur Anda. Pencegahan dapat dilakukan dengan rutin membersihkan sink dan menggunakan perangkap kotoran.

8. Kulkas Bau

Kulkas yang berbau tidak sedap biasanya karena bahan makanan yang tidak disimpan dengan baik. Letakkan bahan makanan di dalam wadah-wadah terpisah dan pastikan apakah tempat yang lebih tepat adalah freezer atau pendingin. Segera bersihkan bagian dalam kulkas yang terkena kotoran dan gunakan bubuk kopi untuk mengurangi bau tidak sedap.

Temukan Solusi Lengkap untuk Masalah Dapur Anda!

Untuk tips dan trik lebih lanjut di dapur rumah, daftar harga material dapur, desain dapur, tips properti, hingga tata cara keuangan dan info KPR, kunjungi eCatalog Sinarmas. Temukan berbagai solusi yang akan mempermudah aktivitas dapur Anda!

Selain itu, kami merekomendasikan Apartemen Upper West, salah satunya di North Tower, sebagai pilihan hunian modern dengan harga yang mewah dan strategis di BSD. Kunjungi eCatalog Sinarmas untuk informasi lebih lanjut mengenai unit apartemen ini atau klik di sini.

Our Property

Upper West, SOHO-J
Upper West, SOHO-J

Tangerang, Banten

Property Area: 134.09m2
Apartment

Start from 
Rp 4.590.788.000
Upper West, SOHO-G
Upper West, SOHO-G

Tangerang, Banten

Property Area: 76.33m2
Apartment

Start from 
Rp 2.613.282.000
Upper West, Apartment-A
Upper West, Apartment-A

Tangerang, Banten

Property Area: 69.36m2
Apartment

Start from 
Rp 2.374.652.000
Upper West, Apartment-F
Upper West, Apartment-F

Tangerang, Banten

Property Area: 74.08m2
Apartment

Start from 
Rp 2.536.249.000
Upper West, Apartment-B
Upper West, Apartment-B

Tangerang, Banten

Property Area: 71.99m2
Apartment

Start from 
Rp 2.464.694.000




Mungkin Anda Tertarik:

 

Promotions

cara mengatasi permasalahan dapur

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022