pixel
Home/Articles/

Jadi KEK Baru, BSD Targetkan Investasi Hingga Rp18,8T

Jadi KEK Baru, BSD Targetkan Investasi Hingga Rp18,8T

01 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
bsd kawasan ekonomi khusus

sumber: bisnisnews.id

Pemerintah telah meresmikan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) baru, termasuk di Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten. KEK di BSD menargetkan realisasi investasi sebesar Rp 18,8 triliun ketika beroperasi penuh. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pendanaan ketiga KEK ini sepenuhnya berasal dari sektor swasta. Airlangga menekankan pentingnya monitoring oleh pemerintah pusat dan daerah untuk memastikan kelancaran investasi tersebut.

"Kami meminta pemerintah pusat dan daerah untuk memantau realisasi investasi ini," ujar Airlangga dalam pernyataan tertulisnya pada Kamis, 30 Mei 2024.

KEK di BSD memiliki luas lahan 59,68 hektare dan diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 13.446 orang. KEK ini berfokus pada pendidikan dan pelayanan kesehatan internasional dengan dukungan teknologi digital. Kegiatan usaha di KEK ini meliputi pendidikan dengan Monash University, riset, ekonomi digital, dan pengembangan teknologi dengan target 100 startup, serta kesehatan dan industri kreatif.

Baca Juga:

Pada Rabu, 29 Mei 2024, Dewan Nasional KEK juga menyetujui pembentukan dua KEK lainnya, yaitu KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam dan KEK di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam menargetkan realisasi investasi sebesar Rp 6,91 triliun dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 105.406 orang. Proyek ini bekerja sama dengan rumah sakit dari India dan diperkirakan akan beroperasi pada 2026. Pembentukan KEK ini diharapkan dapat mengurangi pengeluaran devisa sebesar Rp 500 miliar, karena masyarakat sekitar selama ini banyak berobat ke negara tetangga.

KEK di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, berfokus pada pengolahan nikel berbasis industri hijau dengan target investasi hingga Rp 135,38 triliun dan akan menyerap sekitar 136 ribu tenaga kerja. KEK ini akan bergerak di bidang produksi dan pengolahan nikel menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU), teknologi Fully Enclosed Submerged Electric Furnace, daur ulang limbah tailing dengan High Pressure Acid Leaching (HPAL), serta pengolahan Nickel Matte dan Mixed Hydroxide Precipitate (MHP) untuk menjadi prekursor baterai mobil listrik. Pasokan air baku akan didukung oleh pembangunan waduk dan bendungan. KEK Morowali direncanakan bekerja sama dengan PT Vale Indonesia Tbk.

Kesimpulan

Peluang Loncatan Saham BSDE Usai Berstatus Kawasan Ekonomi Khusus

Pemerintah telah menetapkan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) baru yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD), Batam, dan Morowali, Sulawesi Tengah. Setiap KEK memiliki fokus pengembangan yang spesifik dan diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian, menciptakan lapangan kerja, serta menarik investasi besar dari sektor swasta. KEK BSD berfokus pada pendidikan dan kesehatan internasional, KEK Batam pada pariwisata kesehatan, dan KEK Morowali pada pengolahan nikel berbasis industri hijau. Semua ini mencerminkan upaya pemerintah dalam meningkatkan daya saing ekonomi nasional melalui pengembangan sektor-sektor strategis.

 

Tertarik Berinvestasi di BSD?

Our Property

Magnolia 2BR
Magnolia 2BR

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 59.95m2
Apartment

Start from 
Rp 1.319.957.000

Jika Anda sedang mencari peluang investasi yang menguntungkan di Bumi Serpong Damai (BSD), salah satu pilihan terbaik adalah Apartemen Casa de Parco. Terletak di jantung BSD City, Casa de Parco menawarkan berbagai keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi investor dan penghuni.

Casa de Parco menawarkan berbagai tipe unit yang dirancang dengan baik, mulai dari studio hingga apartemen dengan beberapa kamar tidur. Desain interior yang modern dan fungsional memastikan kenyamanan bagi para penghuni, baik itu untuk ditinggali sendiri maupun disewakan.

Klik disini untuk lihat informasi lebih lengkap lainnya: Casa de Parco Apartment

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang investasi dan properti, kunjungi eCatalog Sinarmas di ecatalog.sinarmasland.com. Temukan peluang investasi terbaik dan solusi properti yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Baca Juga:

 

Promotions

bsd kawasan ekonomi khusus

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Keuangan & Investasi
article
Investasi Tanah Pilihan Investasi Jangka Panjang, untuk Persiapan Masa Depan Kamu!

Banyak orang belum menyadari bahwa bisnis investasi tanah adalah hal penting untuk masa depan, karen

Read More

09 November 2022

Keuangan & Investasi
article
4 Tips Investasi Properti Bagi Pemula. Yuk Intip!

Harga apartemen di Jakarta -Jaman sekarang, sudah banyak anak muda atau biasa dikenal dengan a

Read More

19 December 2022

Keuangan & Investasi
article
Mana yang Lebih Untung, Investasi Tanah atau Rumah?

Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat di sektor properti, membuat banyak orang tertarik untuk

Read More

20 December 2022