pixel
Home/Articles/

5 Cara Basmi Laron saat Musim Hujan, Anti Ribet!

5 Cara Basmi Laron saat Musim Hujan, Anti Ribet!

09 January 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
cara basmi laron, cara basmi laron di musim hujan

Pada musim penghujan, kita sering melihat serangga yang terbang berkelompok mendekati cahaya lampu. Serangga ini disebut laron. Kehadiran laron di dalam rumah dapat mengganggu.
Laron sebenarnya adalah rayap bersayap yang hidup berkoloni. Rayap bersayap ini akan keluar dari sarangnya pada awal musim penghujan. Pada musim hujan, tanah tempat laron bersarang akan lembap. Pada saat inilah laron keluar mencari kehangatan dan pasangan.
Munculnya laron di rumah, pastinya bisa membuat kamu kurang nyaman dan rumah selalu terkesan kotor, lho!

Berikut 5 Cara Basmi Laron, Cukup di Rumah

Tidak perlu mahal-mahal membasmi laron, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan lho! Simak yuk:

1. Mematikan sumber cahaya atau lampu

Ternyata Ini Alasan Kenapa Laron Suka dengan Cahaya Lampu - Indozone Fadami

Laron biasanya keluar pada malam hari untuk mencari sumber cahaya dan kehangatan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengusir laron dari dalam rumah adalah dengan mematikan lampu di dalam rumah dan menyalakan lampu di luar rumah atau di area yang mudah dibersihkan.

Cara ini akan membuat laron tertarik pada lampu di luar dan keluar dari rumah. Setelah laron keluar, segera tutup semua celah yang memungkinkan laron masuk kembali ke dalam rumah.

Selain itu, Anda juga bisa menutup semua jendela dengan tirai gelap untuk mencegah laron masuk ke dalam rumah. Selain itu, Anda juga harus mematikan lampu yang tidak perlu di malam hari untuk menghindari menarik lebih banyak laron ke rumah.

 

Baca Juga: Berapa Biaya Pembuatan Septic Tank

2.Pakai Rumput Vetiver

6 Manfaat Rumput Vetiver untuk Kesehatan dan Kecantikan | Orami

Rumput vetiver atau akar wangi adalah tanaman yang memiliki aroma wangi yang dapat mengusir serangga, termasuk laron dan rayap. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.

Rumput vetiver dapat ditanam di halaman rumah, di pot, atau ditaruh di dalam rumah dalam bentuk akar wangi. Akar wangi dapat digantungkan di sekitar sumber cahaya di dalam rumah agar laron enggan mendekati area tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan rumput vetiver untuk mengusir laron:

  • Tanam rumput vetiver di halaman rumah atau di pot.
  • Potong akar rumput vetiver menjadi bagian-bagian kecil.
  • Gantungkan akar rumput vetiver di sekitar sumber cahaya di dalam rumah.

3.Buat Jebakan Air

Tanpa Mematikan Lampu, Begini Cara Menghilangkan Laron di Rumah! - Semua  Halaman - bangka.sonora.id

Untuk mengusir laron, Anda bisa membuat jebakan dengan menggunakan lampu atau lilin dan wadah berisi air. Caranya adalah dengan meletakkan lampu atau lilin di luar rumah dengan wadah berisi air di bawahnya.

Laron akan tertarik pada sumber cahaya dari lampu atau lilin dan mendekatinya. Saat laron mendekati sumber cahaya, ia akan jatuh ke wadah berisi air dan tidak bisa terbang lagi. Dengan cara ini, jumlah laron yang masuk ke dalam rumah dapat dikurangi.

Berikut adalah langkah-langkah membuat jebakan laron:

  • Siapkan lampu atau lilin dan wadah berisi air.
  • Letakkan lampu atau lilin di luar rumah dengan wadah berisi air di bawahnya.
  • Nyalakan lampu atau lilin.

Jebakan laron ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengusir laron dari rumah. Namun, jebakan ini perlu diletakkan di tempat yang strategis, yaitu di area yang sering dilalui oleh laron. Selain itu, jebakan ini perlu dibersihkan secara rutin agar tidak kotor dan bau.

4.Gunakan Semprotan Anti Serangga

Kecoa Ngacir, Kalau Disemprot dengan Larutan dari Kayumanis, Cuka dan Sabun  Cair, Cara Buatnya Praktis! - Semua Halaman - Sajian Sedap

Insektisida adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengusir laron dari dalam rumah. Caranya adalah dengan menyemprotkan insektisida ke tempat laron berkumpul. Laron akan mati dengan sendirinya setelah terkena insektisida. Aroma yang dikeluarkan insektisida juga dapat membuat laron lainnya enggan mendekat di tempat yang sama.

Namun, penting untuk tidak menyemprotkan insektisida di dapur atau tempat-tempat yang terdapat makanan atau anak kecil. Hal ini karena insektisida dapat berbahaya bagi kesehatan.

5. Gunakan Irisan Cabai Merah

Emak-emak Ini Dapat Saran Dari Kakak Ipar untuk Menggantungkan Irisan Cabai  di Dekat Lampu, Hasilnya Serangga Pengganggu Satu Ini Nggak Berani Mampir  ke Rumah! - Semua Halaman - Sajian Sedap

Cabai merah memiliki aroma yang kuat dan menyengat yang tidak disukai laron. Aroma ini dapat membuat laron enggan mendekati area di sekitar tempat adanya cabai merah. 

Cara mengusir laron dengan cabai merah adalah dengan mengiris cabai merah secara melintang. Irisan cabai merah akan mengeluarkan aroma yang lebih kuat dan menyengat. Gantung irisan cabai merah di sekitar lampu tempat laron berkumpul.

 

Dengan menerapkan cara-cara dan tips di atas, Anda dapat membasmi laron saat musim hujan dengan mudah dan efektif.Temukan properti terbaik dengan lokasi strategis di Surabaya dengan mengunjungi platform eCatalog untuk promo menarik lainnya, klik tautan berikut ini: ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022