pixel
Home/Articles/

Tips Hindari Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan

Tips Hindari Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan

15 January 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Tips Hindari Bocor, Musim Hujan

Saat ini, terutama area Jabodetabek sudah memasuki musim hujan. Musim hujan merupakan salah satu musim yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Namun, musim hujan juga dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah kebocoran atap rumah. Kebocoran atap dapat menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah, sehingga dapat merusak perabotan dan mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

Untuk menghindari kebocoran atap rumah saat musim hujan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

Periksa kondisi atap secara berkala

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghindari kebocoran atap adalah dengan memeriksa kondisi atap secara berkala. Pastikan tidak ada genteng yang pecah atau rusak, serta pastikan saluran air atap tidak tersumbat. Jika ada genteng yang pecah atau rusak, segera ganti dengan genteng yang baru. Jika saluran air atap tersumbat, segera bersihkan agar air hujan dapat mengalir dengan lancar.

Pemeriksaan kondisi atap secara berkala dapat dilakukan dengan cara naik ke atap rumah atau menggunakan tangga. Pastikan tidak ada genteng yang pecah atau rusak, serta pastikan saluran air atap tidak tersumbat. Jika ada genteng yang pecah atau rusak, segera ganti dengan genteng yang baru. Jika saluran air atap tersumbat, segera bersihkan agar air hujan dapat mengalir dengan lancar.

Untuk memeriksa kondisi atap dari atas, sebaiknya gunakan helm dan sepatu keselamatan. Pastikan juga untuk memeriksa kondisi atap secara hati-hati agar tidak terjatuh.

Cek disini: Apartemen Mewah 3 Langkah Ke Negara Tetangga Singapura!

Bersihkan talang air

Talang air merupakan salah satu komponen penting dari atap rumah. Talang air berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari atap ke tanah. Jika talang air kotor atau tersumbat, maka air hujan tidak dapat mengalir dengan lancar dan dapat merembes ke dalam rumah. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan talang air secara berkala, terutama saat musim hujan tiba. Talang air dapat dibersihkan dengan menggunakan air dan sabun. Jika talang air kotor atau tersumbat, dapat digunakan alat khusus untuk membersihkan talang air.

Untuk membersihkan talang air, sebaiknya gunakan tangga yang kokoh. Pastikan juga untuk membersihkan talang air secara hati-hati agar tidak terjatuh.

Lapisi area yang rawan bocor

Area-area yang rawan bocor pada atap rumah, antara lain adalah:

  • Sambungan antar genteng
  • Sambungan antara atap dengan dinding
  • Area di sekitar talang air

Untuk melindungi area-area tersebut dari kebocoran, dapat dilakukan dengan melapisi area tersebut dengan bahan kedap air, seperti semen waterproof atau silikon.

Pangkas pohon di dekat rumah

Pohon yang berukuran besar dan berumur tua lebih berisiko untuk tumbang saat hujan lebat. Jika pohon tumbang dan menimpa rumah, maka dapat menyebabkan kebocoran.

Gunakan material atap yang berkualitas

Material atap yang berkualitas akan lebih tahan terhadap cuaca dan tidak mudah bocor. Saat memilih material atap, sebaiknya pilih material atap yang memiliki kualitas yang baik. Pastikan juga untuk memilih material atap yang sesuai dengan kondisi iklim di daerah Anda.

Dengan melakukan tips-tips di atas, maka dapat membantu Anda untuk menghindari kebocoran atap rumah saat musim hujan. Dengan demikian, Anda dapat menikmati musim hujan dengan nyaman tanpa khawatir atap rumah bocor. Cek disini untuk melihat properti impian hanya di eCatalog Sinar Mas Land.

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022