pixel
Home/Articles/

5 Standar Tebal Dinding Rumah yang Ideal

5 Standar Tebal Dinding Rumah yang Ideal

24 July 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
standar ketebalan dinding, desain dinding rumah, ketebalan dinding yang ideal

jasaukuruji.com

Menentukan ketebalan dinding yang tepat sangat penting saat membangun rumah. Jika ketebalan dinding tidak tepat, bisa timbul berbagai masalah. Misalnya, dinding yang terlalu tipis bisa membuat fondasi tidak cukup kuat dan membuat bangunan rentan terhadap kerusakan. Selain itu, dinding yang tipis mudah terpengaruh oleh suhu luar, sehingga ruangan bisa terasa panas saat cuaca panas dan dingin saat cuaca dingin.

Sebaliknya, dinding yang terlalu tebal tidak selalu berarti bangunan menjadi lebih kokoh. Dinding yang terlalu tebal justru bisa mengurangi luas ruangan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ketebalan dinding yang sesuai. Ketebalan dinding rumah bisa bervariasi tergantung pada material yang digunakan. Jadi, berapa ketebalan dinding yang ideal untuk denah rumah?

Platform Jual Beli Properti di Jakarta, Tangerang, Surabaya, Batam, Bogor: eCatalog Sinarmas

Standar Tebal Dinding Rumah Ideal

Standar Ketebalan Tembok yang Aman | Alat Ukur Indonesia

alat-ukur-indonesia.com

Dilansir dari buku berjudul Panduan Lengkap Membangun Rumah karya Gatut Susanta, berikut ukuran ketebalan dinding rumah yang wajib diketahui. 

1. Bata Merah

Batu bata merah adalah salah satu material dinding yang paling umum digunakan, berkat berbagai keunggulan yang dimilikinya. Material ini dikenal memiliki sifat kedap air, sehingga jarang terjadi rembesan pada dinding akibat hujan. Selain itu, batu bata merah juga terkenal karena kekuatan dan ketahanannya yang lama. Secara umum, ketebalan dinding rumah yang menggunakan batu bata merah berkisar antara 7 hingga 11 cm.

Baca Juga: Dinding Roster: Kekurangan, Kelebihan dan Harganya

2. Bata Ringan

Selain bata merah, bata ringan juga semakin populer sebagai material untuk hunian saat ini. Daya tarik utama dari bata ringan adalah teksturnya yang halus dan daya rekat yang sangat baik, sehingga pemasangannya tidak memerlukan plester. Secara umum, ketebalan dinding rumah yang menggunakan bata ringan berkisar antara 8 hingga 10 cm.

3. Batako Putih

Batako putih, atau yang sering disebut batako tras, adalah material batu yang diproses melalui pencetakan. Terbuat dari campuran tras, batu kapur, dan air, batako putih dikenal karena kemudahan pemasangannya dan harganya yang terjangkau. Jika kamu berencana menggunakan batako putih, ketebalan dinding yang disarankan adalah antara 8 hingga 10 cm.

Cari rumah di BSD dengan harga terbaik? Cek disini!

Our Property

Azura Starlight Type 52
Azura Starlight Type 52

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 52m2
Residential

Start from 
Rp 2.170.232.000
Assana Starlight Type 52
Assana Starlight Type 52

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 52m2
Residential

Start from 
Rp 2.153.009.000
Assana Starlight Type 70
Assana Starlight Type 70

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 70m2
Residential

Start from 
Rp 2.278.290.000

4. Batako Semen PC

Selain batako putih, terdapat juga jenis batako lain yang dikenal sebagai batako semen PC atau batako press. Batako semen PC memiliki variasi ukuran dan model yang lebih beragam dibandingkan batako putih. Berdasarkan metode pembuatannya, batako semen PC terbagi menjadi dua jenis: batako press mesin dan batako press tangan. Ketebalan dinding rumah yang menggunakan batako semen PC, baik dari jenis press mesin maupun press tangan, umumnya berkisar antara 8 hingga 10 cm.

5. Beton Pracetak

Selain material yang telah disebutkan sebelumnya, penting juga untuk memahami ketebalan dinding rumah yang menggunakan beton pracetak. Beton pracetak sering dipakai untuk berbagai jenis bangunan, termasuk ruko, perumahan, pabrik, serta kantor dan rumah sakit. Untuk rumah yang menggunakan beton pracetak, ketebalan dinding yang disarankan adalah sekitar 15 cm.

Baca Juga: 7 Inspirasi Dinding Backsplash yang Minimalis Modern!

Demikian standar tebal dinding yang ideal untuk hunian Anda. Semoga bermanfaat ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Promotions

standar ketebalan dinding, desain dinding rumah, ketebalan dinding yang ideal

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022