pixel
Home/Articles/

Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

01 November 2022

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
article banner

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sinar Mas Land kembali menghadirkan kawasan residensial terbaru yang menjadi incaran masyarakat yang ingin membeli rumah di BSD, diantara lain dengan dibangunnya cluster Tanakayu, Freja dan Vanya Park di BSD City. Walau yang seperti kita ketahui saat ini harga properti semakin naik namun tenang saja, hal ini bisa terwujud dengan menggunakan program cicilan murah atau KPR. Untuk kamu yang sedang cari rumah di BSD tapi kok rasanya sulit bisa terkumpul dalam waktu dekat. Nggak perlu muter otak untuk mencari jalan untuk dapat uang agar bisa beli rumah. Kamu lupa bahwa ada fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Jika kamu tertarik menggunakan metode pembayaran KPR, simak tips cerdas membeli rumah menggunakan KPR ini.

1. Persiapkan Investasi Dana Untuk Uang Muka Rumah

Sebagai langkah awal, penting untuk pasangan muda terlebih dahulu berkomitmen membuat program membeli rumah ini. Mulailah membuka rekening khusus untuk program membeli rumah. Jangan campurkan rekening ini dengan rekening untuk sehari-hari. Jumlah setoran awal pun tidak usah terlalu banyak, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan rumah tangga pasangan. Jika target pembelian rumah dalam satu hingga tiga tahun ke depan, maka simpanlah dana tabungan pembelian rumah di instrumen investasi rendah untuk meminimalisir risiko.

2. Pahami Terlebih Dahulu Kondisi Finansial

Sebelum melakukan pengajuan KPR, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan pihak bank. Hitunglah dengan seksama berapa besaran DP (down payment) dan cicilan per bulan yang harus kamu bayar. Jika di atas 50 persen, tandanya, nilai utang telah melebihi nilai aset. Hal ini jelas menunjukkan ketidaksehatan finansial. Perbaikilah terlebih dulu rasio ini sebelum untuk Kamu pasangan muda sebelum mengajukan KPR.

3. Pertimbangkan Besaran Uang Muka

Saat ini Bank Indonesia atau BI  telah memberi kewenangan kepada pihak bank dalam ketentuan besar uang muka. Jika memiliki dana lebih, memaksimalkan uang muka dapat memperkecil jumlah angsuran setiap bulannya. Lalu jangan lupakan soal panjang tenor atau jangka waktu pelunasan kredit, karena ini juga akan mempengaruhi jumlah angsuran.

4. Hindari Jebakan Bunga Rendah

Pahami terlebih dahulu bunga KPR. Terdapat  dua jenis suku bunga KPR yakni tetap atau fix dan mengambang atau floating. Perbedaan antara keduanya, yaitu bunga fix merupakan suku bunga yang nilainya dipatok tetap pada tingkat tertentu selama berjalannya masa kredit. Sedangkan bunga floating adalah bunga yang kemungkinan akan semakin meningkat atau berubah-ubah sesuai aturan suku bunga acuan Bank Indonesia. Maka dari itu, diperlukannya kehati-hatian dengan maraknya penawaran KPR murah berbunga rendah.

5. Ajukan KPR Bersubsidi

Jika tidak memungkinkan untuk mengumpulkan uang muka untuk membeli rumah melalui KPR, karena penghasilan yang rendah atau di bawah 4 juta rupiah, bisa juga mengajukan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah Subsidi. Fasilitas ini memang sengaja diadakan oleh pemerintah guna membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR untuk mendapatkan rumah.

Yuk, wujudkan rumah impianmu sekarang juga. Jika tidak diniatkan dari sekarang, mau nunggu sampai kapan? Temukan rumah impianmu hanya di eCatalog.sinarmasland.com.

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022