pixel
Home/Articles/

6 Penyebab Api Kompor Gas Kecil dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Api Kompor Gas Kecil dan Cara Mengatasinya

19 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Kompor gas apinya kecil, api kompor kecil, kompor gas susah menyala, cara memperbaiki api kompor yang kecil

Sumber: Kompas

Memasak menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh hampir setiap penghuni rumah. Ketika memasak, Anda mungin harus berhadapan dengan berbagai masalah seperti kompor gas dengan api yang kecil ketika dinyalakan. Meskipun sudah di setting ke pengaturan api terbesar, seringkali api yang keluar dari kompor gas tetap kecil. Hal ini tentunya cukup menjengkelkan mengingat waktu memasak akan semakin lama. Lantas, apa yang menyebabkan kompor gas apinya kecil saat dinyalakan? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

1. Selang Gas Tersumbat

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab api kompor gas kecil adalah selang gas yang tersumbat. Selang gas yang kotor bisa menyebabkan aliran gas tersumbat, sehingga api yang keluar menjadi kecil. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan dan mengecek kondisi selang regulator secara berkala.

Baca Juga:

2. Pemantik Api Rusak atau Bermasalah

Meskipun jarang ditemukan kerusakan, bukan berarti pemantik api pada kompor gas tidak bisa rusak. Salah satu alasan mengapa api kompog gas kecil yakni bisa jadi dikarenakan ada kerusakan pada pemantik api kompor. Pastikan Anda selalu membersihkan pemantik api agar tidak kotor setelah memasak guna membuatnya terus bekerja dengan baik.

3. Masalah pada Katup Gas

Selain pemantik api, api kecil pada kompor bisa disebabkan oleh masalah pada katup gas. Katup gas adalah komponen yang penting pada kompor yang menghubungkan antara tabung gas dengan kompor. Jika api kecil pada kompor disebabkan oleh katup gas yang bermasalah, sebaiknya Anda segera panggil jasa profesional dikarenakan jika kesalahan pada bagian ini, akibatnya bisa terjadi kebakaran.

4. Kotoran Pada Corong Api

Dari sekian banyak penyebab api kecil saat kompor dinyalakan, kotoran pada corong api adalah penyebab yang paling sering terjadi. Dengan keberadaan kotoran pada corong api, api tidak bisa menyala secara maksimal lantaran tersumbat oleh kotoran tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membersihkan corong api dengan larutan baking soda dan lemon dan menggosokannya pada corong api agar kembali bersih.

Our Property

Virginia Arcade Type 108 Koridor
Virginia Arcade Type 108 Koridor

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 108m2
Ruko

Start from 
Rp 2.429.860.000
Virginia Arcade Type 108
Virginia Arcade Type 108

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 108m2
Ruko

Start from 
Rp 2.870.681.000
Virginia Arcade Type Plaza 84 Hook
Virginia Arcade Type Plaza 84 Hook

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 84m2
Ruko

Start from 
Rp 2.411.096.590

5. Tungku Kompor Tertutup Kerak

Tungku merupakan daerah yang sangat penting pada kompor. Tungku kompor harus dijaga kebersihannya dikarenakan menjadi tempat meletakkan makanan untuk dimasak. Jika tungku kompor jarang dibersihkan, hal ini juga bisa menyebabkan api kompor kecil saat dinyalakan dikarenakan tertutup oleh kerak di tungku kompor.

Baca Juga:

6. Regulator Bermasalah

Hal lainnya yang mungkin bisa menjadi penyebab api kompor kecil saat dinyalakan adalah regulator gas yang bermasalah. Regulator gas adalah komponen yang berfungsi dalam mengatur tekanan gas yang keluar dari tabung. Jika regulator bermasalah, maka tekanan gas yang keluar bisa menjadi kecil, sehingga api yang keluar juga menjadi kecil. Cara mengatasinya yakni cukup mudah, Anda bisa memeriksa regulator dan cek apabila terjadi kebocoran. Jika regulator dirasa rusak, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Nah, itulah dia 6 penyebab api kompor kecil saat dinyalakan dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Ayo kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk informasi menarik lainnya seputar properti, lifestyle dan investasi. 

Jangan lupa untuk bergabung sebagai pengguna eCatalog Sinar Mas Land dan dapatkan informasi terkini mengenai hunian impian Anda!

Baca Juga:

 

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022