pixel
Home/Articles/

Noda Kuning pada Kasur dan Bantal: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Noda Kuning pada Kasur dan Bantal: Penyebab dan Cara Mengatasinya

17 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
noda kuning kasur, noda kuning bantal

laundrymalang.com

Secara umum, adanya noda kuning pada kasur dan bantal tidak selalu menjadi masalah yang mengkhawatirkan, namun terdapat beberapa pengecualian yang memerlukan perhatian khusus, sehingga penting untuk memahami perbedaannya. Berikut adalah beberapa faktor penyebab umum yang dapat menyebabkan kasur dan bantal menguning:

1. Keringat dan sebum

Penyebab yang paling sering terjadi dari timbulnya noda kuning pada kasur dan bantal adalah akibat keringat dan sebum. Rata-rata, orang dewasa menghasilkan sekitar 500 hingga 700 ml keringat dalam semalam, dan jika tidur sangat nyenyak, jumlah tersebut bisa lebih tinggi. Minyak alami tubuh (sebum) juga menyerap ke dalam kasur Anda, menyebabkan munculnya noda. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mencuci seprai dan bahkan mempertimbangkan penggunaan pelapis kasur untuk membantu melindungi permukaan kasur.

2. Air liur

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi saat tidur, Anda mungkin mengalami ngiler. Air liur bisa menjadi penyebab utama munculnya noda kuning pada bantal. Kehadiran air liur membantu menciptakan lingkungan yang lembab, yang pada akhirnya mempromosikan pertumbuhan bakteri di bantal. Bakteri ini kemudian memecah dan menyebabkan bantal berubah warna menjadi kuning.

3.Urine

Kita semua menyadari bahwa kecelakaan bisa terjadi, dan mengetahui cara menghilangkan noda dari kasur, termasuk noda urin, adalah hal yang sangat penting. Terutama jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan yang berbagi tempat tidur dengan Anda. Urin adalah salah satu penyebab utama dari noda kuning pada kasur. Urin mengandung pigmen yang disebut urochrome, yang memberikan warna kekuningan. Jika kontak dengan kain, ini bisa dengan mudah menyebabkan noda, sehingga noda urin seringkali terlihat dengan jelas. Selain itu, urine juga mengandung protein dan garam yang dapat mengeras dan menempel kuat pada kain, seperti pelapis kasur, sehingga membuat noda sulit untuk dihilangkan.

4. Tumpahan makanan dan minuman

Serpihan atau remah-remah dapat menarik hama seperti tungau debu. Kemungkinan terjadinya tumpahan atau tetesan minuman juga tak terelakkan, dan jika cairan tersebut menyerap melalui sprei ke kasur atau bantal, seiring waktu cairan tersebut akan mengalami perubahan warna menjadi kuning, bahkan coklat jika tidak segera dibersihkan.

5. Kosmetik

Banyak produk riasan dan kosmetik, seperti krim wajah atau serum, mengandung minyak, lilin, dan pigmen. Komponen-komponen ini dapat berpindah dari wajah ke bantal saat Anda tidur, dan ketika terpapar oksigen, akan menyebabkan munculnya noda kuning.

6. Jamur

Meskipun sebagian besar noda kuning tidak membawa ancaman serius, terkadang situasinya bisa menjadi lebih berbahaya. Jika Anda menemukan noda kuning di kasur atau bantal yang disertai dengan aroma apek, ini merupakan tanda peringatan. Lingkungan yang lembab dan basah seperti bantal dan kasur merupakan kondisi ideal bagi pertumbuhan jamur. Jika Anda mencurigai adanya jamur pada kasur atau bantal, saatnya untuk mempertimbangkan menggunakan jasa profesional pembersihan atau menggantinya dengan yang baru.

Apakah aman menggunakan bantal dan kasur yang menguning?

Kenapa Bantal Menguning? Ini Penyebab dan Cara Membersihkannya Halaman all  - Kompas.com

Sumber: kompas.com

Jawabannya bergantung pada penyebab noda tersebut. Jika warnanya hanya menguning secara ringan karena oksidasi alami dari bahan kasur, hal ini umumnya dianggap tidak berbahaya. Namun, jika bantal dan kasur menguning karena keringat dan sebum, maka ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Bakteri ini dapat menghasilkan bau tidak sedap yang tidak diinginkan oleh siapa pun di malam hari. Meskipun bakteri dari keringat dan sebum mungkin tidak menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan bagi kebanyakan orang, mereka dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Bakteri ini juga dapat memperburuk kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis. Noda kuning yang disebabkan oleh keringat juga dapat menarik tungau debu yang dapat menyebabkan gejala alergi dan memperburuk gejala eksim dan asma yang mungkin Anda alami. Sebagai tambahan, jamur di kasur bisa muncul dalam berbagai bentuk. Jika Anda melihat noda kuning mulai berbau apek, terasa lembap, atau mengalami masalah pernapasan, kemungkinan besar itu adalah jamur. Jamur juga bisa muncul dalam bentuk bintik-bintik putih pucat, merah muda, atau berbulu halus. Jika Anda melihat jamur berwarna ungu, coklat, atau hijau, ini biasanya berarti pertumbuhan jamur sudah berlangsung dan mungkin sudah waktunya untuk membeli kasur baru.

Baca Juga: Gampang! Ini Cara Basmi Tungau di Kasur

Sementara noda kuning pada bantal sering kali hanya tanda penuaan. Namun jika bantal sudah tua dan berwarna kuning, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman. Namun jika Anda melihat tanda-tanda bau atau kelembaban pada bantal, itu menunjukkan adanya jamur dan sebaiknya bantal segera diganti. Tidur di atas bantal yang berjamur dapat menimbulkan beberapa dampak kesehatan serius yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, alergi, dan infeksi. Sangat penting untuk bertindak cepat jika menurut Anda itu bukan hanya bantal kotor tetapi ternyata berjamur. Noda kuning pada bantal juga bisa berarti penumpukan bakteri yang disebabkan oleh keringat, minyak tubuh, dan kulit mati yang menumpuk dari malam ke malam. Bakteri ini dapat menyebabkan kulit berjerawat dan juga mengiritasi kulit. 

Our Property

Capital Cove Business Loft Type Premium A 583.67
Capital Cove Business Loft Type Premium A 583.67

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 583.67m2
Business Loft

Start from 
Rp 20.182.001.000
Capital Cove Business Loft Type Premium Corner AS 585.03
Capital Cove Business Loft Type Premium Corner AS 585.03

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 585.03m2
Business Loft

Start from 
Rp 20.202.244.000
Capital Cove Business Loft Type Premium Balkon AB 582.15
Capital Cove Business Loft Type Premium Balkon AB 582.15

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 582.15m2
Business Loft

Start from 
Rp 20.095.872.000
Capital Cove Business Loft Type Premium C1 580.51
Capital Cove Business Loft Type Premium C1 580.51

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 580.51m2
Business Loft

Start from 
Rp 16.624.526.000
Capital Cove Business Loft Type Premium C2 555.71
Capital Cove Business Loft Type Premium C2 555.71

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 555.71m2
Business Loft

Start from 
Rp 15.710.681.000

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Bantal dan Kasur

Kecepatan adalah kunci. Mengatasi noda kuning yang masih segar atau baru pada kasur dan bantal jauh lebih mudah dibandingkan dengan menghadapi noda yang telah lama menetap. Selain itu, noda yang diakibatkan oleh urine, muntahan, dan tumpahan cairan cenderung lebih mudah untuk dihilangkan daripada noda yang berasal dari keringat dan minyak tubuh. Noda kuning yang muncul pada kasur dan bantal karena proses alami penuaan juga sangat sulit untuk dihapus. Oleh karena itu, jika kasur telah digunakan lebih dari delapan tahun dan bantal sudah mencapai usia lebih dari dua tahun dengan banyaknya noda, mungkin lebih bijaksana untuk menggantinya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan noda kuning pada kasur dan bantal:

  • Lakukan pengujian terhadap larutan pembersih di bagian bawah kasur atau bantal. Tepuk-tepuk area yang bernoda dengan kain kering dan bersih untuk menyerap cairan sebanyak mungkin. Jangan menggosok noda karena Anda akan mendorongnya lebih dalam ke dalam kain.
  • Siapkan larutan pembersih. Namun, periksa pedoman perawatan produsen terlebih dahulu. Cuka putih (digunakan secukupnya dan dicampur dengan air) efektif menghilangkan noda kuning segar. Seka kembali kain secara perlahan, lalu ulangi hingga noda hilang. Jika noda masih ada, oleskan larutan cuka, lalu tepuk-tepuk, lalu taburkan soda kue.
  • Biarkan soda kue meresap setidaknya selama beberapa jam, sebaiknya semalaman. Jika noda masih membandel, ulangi langkah ini lagi. Mungkin perlu beberapa kali gerakan untuk menghilangkan noda kuning yang membandel.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi kasur maupun bantal yang menguning. Semoga membantu, ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022