pixel
Home/Articles/

Manfaatkan Setiap Sudut! Tips Cerdas Menata Ruang Tamu Pintu Tengah

Manfaatkan Setiap Sudut! Tips Cerdas Menata Ruang Tamu Pintu Tengah

19 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
ruang tamu pintu tengah, ruang tamu

bramblefurniture.com

Ruang tamu memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, dianggap sebagai tempat yang sakral karena mencerminkan kepribadian penghuninya dan berfungsi sebagai tempat utama untuk menyambut tamu di rumah. Oleh karena itu, desain ruang tamu, khususnya yang menggunakan pintu tengah, memiliki peran yang sangat signifikan. Penggunaan pintu tengah tidak hanya untuk memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan, tetapi juga sebagai salah satu aspek penting dalam merancang hunian di lahan yang terbatas.

Pintu tengah berperan sebagai elemen utama untuk akses masuk dan keluar bagi penghuni, serta sebagai sirkulasi udara yang penting untuk kenyamanan di dalam ruangan. Namun, bagaimana sebaiknya cara menata ruang tamu dengan pintu tengah? Berikut ini adalah 7 tips sederhana yang bisa diikuti:

1. Perhatikan Model Pintu 

Model Pintu Rumah Berdasarkan Klasifikasinya - InteriorDesign.id

Sumber: interiordesign.id

Menata ruang tamu pintu tengah bisa dilakukan dengan penentuan desain model pintu masa kini yang tepat. Model pintu yang berada di tengah ruang, usahakan menjadi pusat perhatian. Bila ruang dalam hunian cukup kecil, kamu bisa menggunakan model pintu kaca seperti di atas. Kaca digunakan penghuni pada pintu untuk membuat cahaya dari luar masuk ke dalam ruang. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan udara panas yang masuk, beberapa model kaca modern sudah dilengkapi dengan lapisan anti UV yang baik. Dari luar seperti tidak ada sekat dan membuat ruang tamu semakin menarik dan cerah. Selain itu, Anda bisa menggunakan model pintu dorong atau menggunakan rel pada bagian depan untuk menghemat tempat. Cara tersebut cukup efektif diaplikasikan pada hunian di lahan terbatas.

2. Gunakan Ukuran Furnitur yang Proporsional

Intip Rahasia Mendekorasi Ruang Tamu agar Lebih Luas dan Nyaman - Serpong  Natura City - Serpong Natura City

Sumber: serpongnaturacity.co.id

Nah, menata ruang tamu pintu tengah selanjutnya bisa dilakukan dengan proporsional dengan pemilihan furnitur yang tepat nih! Hindari penggunaan furnitur berbentuk bulat dan usahakan jauhkan dari pintu masuk. Meja bundar misalnya, justru membuat ruang semakin sempit. Selain itu, perhatikan pula jarak pintu tengah dengan perabot yang ada di dalam. Usahakan ada jarak dan tidak menempel.

Anda bisa menggunakan model sofa two seater, sofa ruang keluarga maupun leter L yang ditempatkan pada bagian sudut ruang. Hal tersebut akan menghemat tempat dan tentunya tampilan ruang akan semakin terlihat. Namun, bila ruang tamu milik kamu dalam keadaan besar, kamu bisa menambahkan partisi pada bagian tengah ruang agar orang luar tidak bisa melihat ke dalam atau bisa dikatakan meningkatkan privasi penghuni.

3. Rapatkan Furnitur ke Dinding

Usahakan furnitur yang kamu miliki sesuai dengan bentuk ruang dengan begitu kamu dapat merapatkannya ke dinding. Hal ini diterapkan agar kamu memiliki ruang gerak yang luas dan tidak menghalangi jalan masuk dan akses menuju ruangan dalam rumah. Anda bisa menggunakan sofa L, meja berbentuk persegi, dan lain sebagainya. Penampilan ruangan juga akan semakin rapi serta kamu dapat lebih maksimal dalam mengolah ruangan.

4. Gunakan Nuansa Warna Cerah Pada Ruang Tamu

9 Furniture Ruang Tamu yang Cocok untuk Semua Gaya Rumah

Sumber: rumah123.com

Penggunaan warna cerah baik dalam interior maupun eksterior rumah memang menampilkan keleluasaan. Ruang akan terlihat lebih lega dan tentunya tidak terlihat sesak. Anda bisa menggunakan warna-warna lembut dan cerah sebagai alternatif. Hal ini akan membuat kesalahan penempatan pintu tengah menjadi hal yang tidak terlihat. 

Bila tamu sudah terpana dengan keadaan di dalam ruang, hal tersebut tidak akan menjadi salah satu kendala. Cobalah untuk menyelaraskan bagian perabot dan dinding ruang agar semakin indah. Selain itu jangan lupa pula untuk memperhatikan warna pintu tengah yang sejajar dengan dinding. Anda bisa membuat warna kontras maupun warna yang seakan-akan sama menjadi satu. 

5. Tetapkan Alur Jalan Masuk dari Pintu Utama

Selanjutnya adalah menentukan alur jalan masuk. Hal ini mungkin terkadang sering dilupakan. Penghuni ingin membuat tampilan rumah estetik dengan banyaknya perabot di dalamnya tanpa memikirkan bagaimana penghuni berlalu lalang. Usahakan buatlah jalur untuk jalan dari pintu tengah hingga bagian dalam rumah, sehingga tidak ada perabot yang pecah ataupun rusak karena sering bergesekan.

Anda bisa menyediakan space ruang kosong pada bagian setelah pintu masuk, ataupun membuat layaknya jalan setapak yang bisa dibaca oleh orang sekalipun ia baru pertama kali masuk. Hal ini akan menambah pula kenyaman penghuni dalam beraktivitas di dalamnya. Anda tentu tidak nyaman bukan, bila kesana kemari selalu terkena perabot. Inilah mengapa perabot di dalam rumah usahakan untuk ditempatkan sesuai fungsinya, jangan justru membuat tampilan rumah semakin penuh.

6. Pemilihan Tirai Jendela yang Tepat

15 Tipe Gorden Jendela Untuk Mempercantik Rumah, 40% OFF

Sumber: vista-consults.com

Terakhir adalah pemilihan desain tirai jendela saat menata ruang tamu pintu tengah agar proporsional. Penggunaan tirai panjang yang cenderung membuat hunian semakin sempit, usahakan dihindari. Anda bisa menggunakan jenis tirai sederhana dengan model gorden ruang tamu berbentuk kupu-kupu ataupun model kayu rolling yang minimalis dan tidak banyak memakan tempat. Desain tirai kayu yang modern pun kini sudah mulai banyak di pasaran, Anda hanya perlu memilih model yang Anda sukai dan selaraskan pula dengan tema ruang tamu.

Baca Juga: 10 Model Gorden Minimalis Cocok untuk Ruang Tamu

7. Manfaatkan Dekorasi Kaca

Jika ruang tamu Anda cenderung sempit, Anda dapat menggunakan hiasan kaca untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Penggunaan kaca ini tidak hanya memberikan kesan modern dan modis, tetapi juga membantu memperluas tampilan ruangan. Dengan sedikit sentuhan kaca, Anda bisa menciptakan efek yang menarik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menata ruang tamu dengan pintu tengah agar tetap proporsional dan nyaman bagi penghuni, serta dapat dilakukan dengan anggaran yang terbatas. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022