pixel
Home/Articles/

Cara Memilih International School Terbaik untuk Anak

Cara Memilih International School Terbaik untuk Anak

13 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
article banner

Berbicara tentang sekolah internasional, mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sekolah-sekolah ini dikenal dengan sistem pendidikan, kurikulum, lingkungan, dan metode pengajaran yang berbeda dari sekolah nasional. Dahulu, sekolah internasional ditujukan bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Namun, kini banyak orang tua Indonesia yang memilih sekolah internasional untuk anak-anak mereka.

Apa itu Sekolah Internasional?

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sekolah internasional atau Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) adalah satuan pendidikan yang diselenggarakan atas kerjasama antara lembaga pendidikan asing dan lembaga pendidikan Indonesia. Sekolah internasional wajib mengajarkan tiga mata pelajaran lokal, yaitu pendidikan agama, bahasa Indonesia,dan kewarganegaraan, untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada siswa.

Jenis Kurikulum Sekolah Internasional

Salah satu faktor penting dalam memilih sekolah internasional adalah kurikulumnya. Kurikulum yang baik akan memudahkan proses belajar mengajar dan membantu siswa mengembangkan potensi mereka. Beberapa jenis kurikulum internasional yang populer di Indonesia antara lain:

Kurikulum Montessori

Diterapkan pada jenjang pendidikan usia dini dan sekolah dasar, kurikulum ini menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada anak, kemandirian, dan eksplorasi aktif. Anak-anak belajar melalui pengalaman langsung dan kegiatan yang sesuai dengan minat dan tahap perkembangan mereka. Montessori juga menekankan pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan motorik.

Kurikulum Cambridge International

Dikembangkan oleh Universitas Cambridge, kurikulum ini dikenal secara global dan menawarkan berbagai kualifikasi akademik yang diakui secara internasional. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas. Siswa juga didorong untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif.

Kurikulum International Baccalaureate (IB)

IB menawarkan program pendidikan yang komprehensif dan menantang untuk siswa dari usia 3 hingga 19 tahun. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan pemahaman antarbudaya, keterampilan berpikir kritis, dan tanggung jawab global. Siswa IB juga didorong untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang aktif dan peduli.

Kurikulum International Primary Curriculum (IPC)

Kurikulum ini dirancang untuk siswa usia 5-11 tahun dan berfokus pada pembelajaran tematik yang terintegrasi. IPC menekankan pada pengembangan keterampilan personal, seperti kemandirian, kolaborasi, dan komunikasi. Kurikulum ini juga mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman tentang dunia di sekitar mereka dan menjadi warga global yang bertanggung jawab.

Kurikulum Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Kurikulum ini berasal dari Singapura dan dikenal dengan pendekatan pengajaran yang terstruktur dan fokus pada pengembangan keterampilan dasar dalam matematika, sains, dan bahasa Inggris. SPC juga menekankan pada pengembangan karakter dan nilai-nilai moral siswa.

Promo Properti di Batam dan Kota Lainnya: Cek Promo Properti

Perbedaan Sekolah Internasional dan Nasional

Selain kurikulum, perbedaan lain antara sekolah internasional dan nasional terletak pada bahasa pengantar, tenaga pengajar, dan ujian. Sekolah internasional umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, sedangkan sekolah nasional menggunakan bahasa Indonesia. Ujian di sekolah internasional juga lebih beragam, termasuk ujian resmi sesuai kurikulum internasional yang diterapkan.

Cari Rumah di Batam? Ini Daftar Harganya: Cek Disini

Hal yang Harus Disiapkan untuk Sekolah Internasional

Memilih sekolah internasional yang tepat tidaklah mudah. Anda perlu mempertimbangkan tujuan pendidikan anak Anda,kurikulum yang sesuai, serta biaya pendidikan. Sekolah internasional terbaik biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun saat ini sudah ada kemudahan dalam mendapatkan pinjaman dana pendidikan.

Siap Mencari Sekolah Internasional Terbaik untuk Anak Anda?

Our Property

Kalani 1BR
Kalani 1BR

Batam, Kepulauan Riau

Property Area: 45.08m2
Apartment

Start from 
Rp 1.072.000.000
Kalani Studio
Kalani Studio

Batam, Kepulauan Riau

Property Area: 29.28m2
Apartment

Start from 
Rp 704.000.000
The Nove Terrace House Type Study Room
The Nove Terrace House Type Study Room

Batam, Kepulauan Riau

Property Area: 96.31m2
Residential

Start from 
Rp 1.931.000.000
The Nove Landed Ph 2 Type Semi D
The Nove Landed Ph 2 Type Semi D

Batam, Kepulauan Riau

Property Area: 112m2
Residential

Start from 
Rp 2.989.000.000
The Nove Kavling Premium Ph 2
The Nove Kavling Premium Ph 2

Batam, Kepulauan Riau

Land Area: 108m2
Kavling

Start from 
Rp 1.074.000.000

Mulailah mencari sekolah internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi anak Anda sekarang juga. Jangan lupa, jika Anda juga sedang mencari hunian terbaik di Batam, kunjungi eCatalog Sinarmas Land untuk melihat berbagai pilihan rumah yang tersedia.

Promotions

cara pilih sekolah internasional

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Kerjasama, Persewaan di BSD City Lebih Mudah

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022