pixel
Home/Articles/

Tips Pengajuan KPR Disetujui Bank dalam Waktu Singkat

Tips Pengajuan KPR Disetujui Bank dalam Waktu Singkat

14 June 2023

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Cara KPR Rumah

Cara KPR Rumah - Kredit Pemilikan Rumah atau KPR jadi jalan singkat untuk memiliki rumah idaman tanpa harus menunggu bertahun-tahun. Yang jadi masalah, pengajuan KPR merupakan sebuah proses yang cukup rumit. Tidak jarang pihak bank akan menolak permohonan tersebut. 

KPR adalah fasilitas pinjaman untuk membeli rumah, apartemen atau jenis properti lain. Di mana properti tersebut akan dijadikan jaminan. Untuk bisa mengambil KPR, pembeli rumah harus membayar DP atau uang muka. Proses persetujuan KPR oleh beberapa sebenarnya tak memakan waktu lama, asalkan syaratnya terpenuhi. 

Tips Pengajuan KPR agar Disetujui Bank

Berikut beberapa tips agar pengajuan KPR disetujui bank dalam waktu kilat 

  • Lengkapi dokumen 

Biasanya, pihak bank akan meminta Anda melengkapi dokumen-dokumen yang akan menunjukkan kondisi keuangan, antara lain sebagai berikut:

  • Catatan rekening tabungan, sebagai bukti penghasilan kamu per bulannya. Rekening tabungan yang rutin bertambah setiap bulan, menjadi jaminan keyakinan bagi bank. 
  • Bagi karyawan, harus memiliki slip gaji bulanan dan surat keterangan dari tempat kerja. 
  • Bagi pengusaha, harus memiliki laporan keuangan selama minimal 2 tahun. 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 
  • Dokumen identitas pribadi, seperti KTP dan kartu keluarga. 
  • Perbaiki kondisi keuangan 

Pastikan sebelum mengajukan KPR, pembeli rumah terbebas dari lilitan hutang. Jangan sampai pula Anda masuk dalam daftar hitam di Bank Indonesia. Jika masih menyisakan hutang di sejumlah lembaga keuangan, ada baiknya dilakukan pelunasan terlebih dahulu. Selain itu, tunda dulu membeli barang-barang secara kredit, apalagi tak terlalu mendesak seperti kendaraan.

  • Hitung penghasilan 

Pembeli rumah harus memperhatikan kemampuan membayar cicilan dengan menilai pemasukan yang diterima secara rutin. Kalkulasikan juga pendapatan dari pasangan bagi yang sudah menikah. 

Biasanya, uang muka atau down payment ini berkisar antara 20% - 30% dari harga jual. Beberapa bank pun memberlakukan peraturan, bahwa jumlah penghasilan kamu lebih besar 3 kali lipat dari cicilan yang harus kamu bayar per bulannya.

  • Pilih waktu yang pas 

Meski tampak sepele, waktu pengajuan KPR juga seringkali sangat diperhitungkan. Waktu paling ideal untuk mengajukan KPR yakni pada minggu ketiga dan keempat. Periode waktu ini sangat pas lantaran bank tengah mengejar target penyaluran kredit. Jangan ajukan kredit di akhir tahun, mengingat pihak bank sedang sibuk mengurus tutup buku.

  • Ajukan KPR ke beberapa bank 

Untuk memperbesar kemungkinan permohonan KPR disetujui, ada baiknya kamu mengajukannya ke beberapa bank yang kamu anggap paling sesuai. Bila kelak seluruh pengajuan kamu disetujui, kamu bisa memilih bank penyedia kredit terbaik, dari sudut pandangmu. Namun, konsekuensinya, kamu harus membayarkan sejumlah uang sebagai biaya appraisal atau biaya survei.

Rekomendasi Rumah di Cikarang

Salah satu rekomendasi rumah di Cikarang yang dapat menjadi pilihan Anda yaitu Cluster De Silva.  De Silva merupakan cluster terbaru di Kota Deltamas dengan desain fasad modern kontemporer dan tata ruang yang cozy memberikan kenyamanan untuk keluarga Anda. De Silva, seluas 1,2 hektar, memadukan hunian dan Co-Living. De Silva berada dalam satu area dengan cluster Naraya Park.

Terdapat dua jenis rumah di de Silva Residence, tipe 41 dengan luas tanah 60 dan luas bangunan 41 serta tipe 63 dengan luas tanah 60 dan luas bangunan 63. Cluster de Silva memiliki dua lantai untuk type 63 yang dilengkapi dengan kamar tidur utama, dapur, living and dining room, carport, hingga sky garden.

Sementara itu, De Silva Hybrid mengusung konsep hybrid-living yang dapat difungsikan menjadi co-living sehingga dapat menghasilkan passive income bagi pemiliknya. Tersedia tipe 159 dengan luas tanah 77 dan luas bangunan 159. Cluster de Silva di Kota Deltamas Cikarang juga telah dilengkapi dengan sederet fasilitas, seperti pusat pendidikan bertaraf nasional dan internasional. 

Yuk, tunggu apalagi? Segera kunjungi ecatalog.sinarmasland.com atau klik disini untuk menemukan properti impian kalian!

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Info KPR
article
Ajuin KPR Gak Pake Ribet! Budget Terjangkau Bisa Punya Rumah Idaman!

Beli rumah di BSD - Memiliki rumah baru adalah impian semua orang, salah satu cara untuk memilikinya

Read More

07 November 2022

Info KPR
article
Ingin Beli Rumah Second di BSD? Berikut Tahapannya Dalam Mengajukan KPR

Lakukan Tahapan Ini Sebelum Beli Mengajukan KPR rumah Second Beli rumah di Bsd - Beli rumah b

Read More

22 December 2022

Info KPR
article
Ingin Beli Rumah di Bogor? Ini Tips Menentukan Bank untuk Pengajuan KPR, Yuk Simak!

Beli rumah di Bogor - Bisa membeli rumah di kota metropolitan seperti Bogor tentunya menjadi suatu k

Read More

10 January 2023