pixel
Home/Articles/

Terapin 10 Konsep Frugal Living Ini Agar Cepat Beli Rumah

Terapin 10 Konsep Frugal Living Ini Agar Cepat Beli Rumah

24 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
penerapan frugal living, perbedaan frugal living dan minimalis

Memiliki rumah idaman merupakan salah satu tujuan hidup utama bagi banyak orang. Namun, di tengah gempuran gaya hidup konsumtif, mencapai tujuan ini bisa terasa seperti mimpi yang sulit diwujudkan. Di sinilah konsep frugal living atau hidup hemat cerdas hadir sebagai solusi jitu.

Baca Juga: Kisaran Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai & Cara Hitungnya

Apa itu Frugal Living?

Konsep Green Living Residence di BSD City | Sinar Mas Land

Frugal living bukan berarti hidup dalam kekurangan atau menolak kenyamanan, melainkan tentang membuat keputusan bijak dalam mengelola keuangan dan sumber daya. Gaya hidup ini mendorong kita untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan, serta mencari cara untuk menghemat uang tanpa mengorbankan kebahagiaan.

Perbedaan Frugal Living vs Minimalist

Lahan Sikam on LinkedIn: #frugalliving #minimalis #finansial #tipsfinansial  #bik2023 #lahansikam…

Bagaimana Frugal Living Membantu Anda Memiliki Rumah?

Menerapkan frugal living dapat menjadi langkah strategis untuk mempersiapkan diri membeli rumah. Berikut 10 tips yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Anggaran yang Jelas

Langkah awal adalah membuat anggaran keuangan yang terinci. Catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda, kemudian identifikasi area yang bisa dihemat. Gunakan aplikasi pencatat keuangan sepertiMoney Manager, Finansialku, Mint, Sribuu, dan DompetKu.

2. Tabung Sebagian Penghasilan

Alokasikan sebagian dari penghasilan bulanan Anda untuk tabungan khusus pembelian rumah. Semakin besar persentase yang Anda sisihkan, semakin cepat tujuan tercapai.

Tantangan Hemat 30 Hari: #FrugalLivingChallenge

Yuk mulai coba 30 hari Frugal Living Challenge untuk tidak melakukan pembelanjaan konsumtif yang bukan kebutuhan mendesak, gunakan transportasi umum bila memungkinkan, dan mulai berkreasi seperti membuat kopi sendiri di rumah, banyak melakukan DIY.

3. Hindari Utang Berlebihan

Hindari utang konsumtif yang tidak mendukung tujuan keuangan Anda. Prioritaskan utang penting seperti cicilan rumah atau kredit mobil.  Jika memiliki banyak kartu kredit, pertimbangkan untuk melakukan konsolidasi utang ke bunga yang lebih rendah.

Jangan lupa juga untuk nonaktifkan berbagai aplikasi kredit hingga pinjaman online untuk menghindari adanya utang berlebih agar skor kredit KPR Anda tetap baik!

Baca Juga: 8 Pilihan Tandon Air yang Bagus Terbaru

4. Hemat dalam Keseharian

Praktikkan kebiasaan hemat dalam aktivitas sehari-hari, seperti:

  • Memasak di rumah: Manfaatkan bahan makanan lokal dan musim yang lebih terjangkau.
  • Membawa bekal makan siang: Hindari makan siang di luar yang cenderung lebih mahal.
  • Cari hiburan gratis atau murah: Nikmati keindahan alam, kunjungi perpustakaan, atau manfaatkan acara budaya gratis.
  • Minimalisir pembelian barang mewah: Pikirkan masak-masak sebelum membeli sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan.
  • Cari diskon atau promo: Gunakan aplikasi kupon digital atau berburu diskon saat akhir musim.

5. Investasikan Uang dengan Bijak

Pertimbangkan untuk berinvestasi secara cerdas agar uang Anda dapat tumbuh lebih cepat.  Pelajari tentang reksa dana, obligasi, atau saham dengan melihat situs web OJK (Otoritas Jasa Keuangan)(https://www.ojk.go.id/) untuk mendapatkan informasi yang terpercaya. Konsultasikan dengan perencana keuangan untuk mendapatkan arahan yang tepat sesuai profil risiko Anda.

6. Cari Rumah Sesuai Anggaran

Ketika dana Anda sudah cukup, carilah rumah yang sesuai dengan anggaran yang telah Anda tetapkan. Jangan tergoda membeli rumah di luar kemampuan Anda.  Hitung perkiraan biaya cicilan KPR dan biaya lain-lain sebelum memutuskan membeli.

Coba cari rumah sesuai budget dan lokasi yang Anda inginkan di eCatalog (ecaralog.sinarmasland.com) dan gunakan promo agar lebih hemat!

[carousel_listing]

7. Manfaatkan KPR

Jika Anda membutuhkan bantuan kredit pemilikan rumah (KPR), pelajari dengan seksama syarat dan bunga yang berlaku. Pilih program KPR yang sesuai dengan kemampuan Anda, seperti KPR Subsidi pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ada pun simulasi KPR yang bisa Anda coba untuk mempertimbangkan biaya bulanan atau tahunan yang dikeluarkan: KPR Calculator

8. Pertimbangkan Lokasi Terjangkau

Terkadang, memilih lokasi yang lebih terjangkau dapat membantu Anda menghemat biaya.  Pertimbangkan aksesibilitas dan infrastruktur di sekitar lokasi tersebut.  Misalnya, pilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau sekolah anak untuk mengurangi biaya transportasi.

Jika Anda bekerja di Jabodetabekm pastikan memiliki rumah seperti di Cluster Vanya at Tanakayu yang berlokasi di BSD dan dekat dengan pusat perkantoran, sehingga pengeluaran untuk transportasi akan lebih miinim!

9. Konsultasi dengan Profesional

Jika Anda masih ragu atau membutuhkan panduan lebih lanjut, konsultasikan dengan ahli keuangan atau perencana keuangan. Mereka dapat membantu Anda membuat perencanaan keuangan yang komprehensif untuk mencapai tujuan membeli rumah.

10. Sabar dan Konsisten

Membeli rumah membutuhkan waktu dan disiplin. Terapkan frugal living dengan konsisten dan Anda pasti akan mencapai tujuan.  Rayakan pencapaian kecil dalam perjalanan Anda menabung untuk

Baca Juga: Ketahui Biaya & Cara Balik Nama KPR 2024

 

Frugal living bukan hanya tentang hidup hemat, tetapi tentang membuat keputusan bijak dalam mengelola keuangan dan sumber daya untuk mencapai tujuan. Dengan menerapkan 10 tips di atas, Anda dapat menghemat pengeluaran, menabung lebih banyak, dan mempersiapkan diri untuk membeli rumah idaman.

Temukan informasi inspiratif dan panduan lengkap seputar frugal living, keuangan, kehidupan di rumah, dan tips & trick properti di eCatalog: ecaralog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022