pixel
Home/Articles/

Perbedaan Tanah Kavling Dan Cluster

Perbedaan Tanah Kavling Dan Cluster

17 March 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Cari Tanah di Balikpapan

Beli Tanah di Balikpapan, Ini Perbedaan Tanah Kavling Dan Cluster Yang Wajib Diketahui

Apakah kamu ingin membeli tanah di Balikpapan? Pastinya sebelum membeli tanah, kamu akan melakukan proses pencarian dahulu baik di google ataupun platform lainnya. Dalam pencarian sering kali kita menemukan dua kata berikut, yaitu 'cluster' dan 'kavling'. Apakah kamu sudah tahu apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Memang, keduanya berada di suatu kawasan perumahan. Ternyata, terdapat beberapa hal yang dapat membedakan keduanya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak perbedaan berikut ini!

Apa Itu Tanah Kavling ?

Kavling adalah sebidang tanah yang sudah dibagi dalam bentuk petak dengan ukuran yang telah ditentukan, yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal. Biasanya dibangun dalam kawasan komplek perumahan dan terdiri dari berbagai macam bentuk-bentuk tanah kavling yang disesuaikan menurut letak dan posisinya dalam perumahan tersebut.

Kelebihan dari tanah kavling adalah pembangunannya lebih tertata. Pembangunan biasanya dilakukan oleh para developer atau pengembang sebelum rumah tersebut terjual. Namun, ada juga yang membeli tanah kosong yang sudah dikavling, kemudian baru dilakukan pembangunan.

Tanah kavling banyak diminati oleh masyarakat karena lingkungan yang telah terbentuk. Developer atau pengembang biasanya telah memperhitungkan lokasi dan fasilitas umum di sekitarnya, sebelum mengembangkan suatu perumahan kavling. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi calon pembeli, karena tidak perlu memikirkan hal-hal yang menjadi syarat hunian yang baik tersebut. 

Jenis-jenis Tanah Kavling

Meskipun terlihat serupa, kavling memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan jenisnya. Berikut beberapa jenis tanah kavling yang wajib kamu ketahui:

  • Kavling Cul de Sac Lot

Kata Kavling menurut bahasa Perancis berarti tanah kosong di jalan buntu. Kavling berjenis ini memiliki bagian depan yang cenderung sempit, namun sisi belakang yang melebar. Kondisi seperti ini justru memiliki keuntungan tersendiri yaitu membuat rumah menjadi lebih tenang dan sunyi karena letaknya di belakang dan jauh dari kebisingan.

Kelemahannya, karena lahan depan yang terbatas membuat area parkir menjadi terbatas. Pemilik kavling akan kesulitan memarkir mobilnya apalagi jika jumlahnya lebih dari satu.

  • Kavling Interior Lot

Berbeda dengan Cul de Sac Lot kavling berjenis Interior Lot berada di tengah deretan kavling pada posisi satu blok. Akses pintu masuk gerbang hanya terdiri dari satu bagian sehingga dapat dijaga dengan baik.

Kelebihan tanah kavling berjenis ini adalah mempunyai privasi yang sangat baik, namun kelemahannya adalah pemandangan yang disajikan biasanya hanya satu arah sehingga dan sirkulasi udara yang terbentuk juga kurang baik.

  • Kavling T-Intersection Lot 

T-Intersection Lot atau disebut juga sebagai kavling tusuk sate. Namun, alih-alih untuk dijadikan rumah tinggal model kavling seperti ini lebih cocok digunakan sebagai tempat usaha. Hal tersebut dikarenakan lokasi nya yang terlihat jelas dari kejauhan sehingga akan lebih menguntungkan jika dijadikan tempat usaha.

Rekomendasi Tanah Kavling di Balikpapan yang Bisa Kamu Pilih

Ada banyak pilihan jika kamu mau membeli tanah di Balikpapan. Apa kamu ingin membeli tanah kavling atau cluster? Sebagai pengembang properti terbaik di Asia, Sinarmas Land juga menjual tanah kavling di Balikpapan. Berikut rekomendasi-rekomendasinya:

Jika kamu tertarik untuk membeli tanah di Balikpapan, kamu bisa kunjungi langsung website kami di eCatalog Sinarmas Land untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022