pixel
Home/Articles/

Mengenal Tanaman Hias Ivy dan Cara Merawatnya

Mengenal Tanaman Hias Ivy dan Cara Merawatnya

10 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
tanaman hias, tanaman ivy

cnbcindonesia.com

Tanaman ivy, juga dikenal sebagai daun ivy, adalah tumbuhan yang tumbuh secara merambat dan memiliki karakteristik daun yang unik, sehingga populer sebagai tanaman hias yang digantung. Dikenal secara ilmiah sebagai Hedera helix, tanaman ini dapat ditempatkan baik di lanskap luar maupun di dalam ruangan. 

Berdasarkan hasil penelitian NASA tentang pemurnian udara, tanaman ivy dapat membantu menyaring berbagai racun yang ada di udara dan juga mengurangi pertumbuhan jamur. Pertumbuhannya yang relatif cepat dan agresif memungkinkannya untuk menutupi permukaan tanah jika tidak ada rumput yang tumbuh di pekarangan.

Terlebih lagi, tanaman ivy mudah merambat ke tanaman atau benda di sekitarnya. Merawatnya juga tidak terlalu sulit, selama perhatian diberikan pada paparan sinar matahari, pasokan air, dan kondisi tanah. Berikut cara merawat tanaman ivy:

1. Menyukai tempat terang tapi teduh

Tanaman ivy cenderung menyukai lokasi yang terang namun tidak terpapar langsung oleh sinar matahari, mengikuti saran dari The Spruce. Untuk mempertahankan kecerahan dan pertumbuhan daun yang optimal, disarankan untuk menanam ivy di dekat jendela atau di bawah naungan pohon. Sebaliknya, paparan langsung terhadap sinar matahari dapat menyebabkan daun terbakar dan mengakibatkan layu dengan cepat. Karena sifatnya yang tumbuh dengan agresif dan menjalar dengan subur, tanaman hias ivy dapat dimanfaatkan sebagai penghalau gulma di sekitar taman Anda.

2. Tanah liat cocok untuk tanaman ivy

Tanaman hias yang tumbuh merambat dengan warna hijau yang cerah ini lebih baik ditanam dalam tanah liat, karena lapisan mulsa yang tebal dapat membantu menjaga kelembapan tanah terutama dalam iklim yang kering. Saat ditanam di dalam ruangan, tanah harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum ditempatkan di pot yang agak lebar dengan diameter sekitar 20-30 cm. Selain itu, disarankan untuk memilih pot yang dilengkapi dengan lubang drainase agar dapat mencegah pembusukan akar.

3. Jangan terlalu banyak disiram

Ketika melakukan penyiraman, sebaiknya hindari memberikan terlalu banyak air pada tanaman ivy. Hal ini disebabkan karena tanaman ini lebih menyukai tanah yang lembap namun tidak terlalu basah atau tergenang. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa Ivy memiliki sistem drainase yang baik untuk menjaga keseimbangan kelembapannya dan mencegah kemungkinan serangan jamur. Jika kelembapan tanah dijaga dengan baik sesuai kebutuhan, tanaman ivy akan menghasilkan daun yang cerah dan menawan.

Our Property

Pineville Type 61 L10-25A
Pineville Type 61 L10-25A

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 61m2
Residential

Start from 
Rp 2.095.274.000
Pineville Type 61
Pineville Type 61

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 61m2
Residential

Start from 
Rp 1.811.186.000

4. Perhatikan suhu ruangan

Tanaman ivy senang pada suhu udara yang cukup sejuk, berkisar antara 15 hingga 21 derajat Celsius. Warna hijau pada daunnya akan tetap terjaga asalkan suhu tetap stabil dengan kelembapan udara yang sedang hingga tinggi.

5. Beri pupuk dua minggu sekali

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman hias ivy, penting untuk memberikan pupuk minimal dua kali dalam sebulan. Pemilihan pupuk yang tepat dengan kandungan kalium, nitrogen, dan fosfor yang cukup akan membantu menjaga pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Dengan memberikan pupuk secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman, ivy dapat tumbuh dengan lebih subur dan menghasilkan daun yang lebih hijau dan indah. Kemudian, hindari memberi pupuk jika tanaman sedang mengalami stres. Maksudnya, ketika tanah terasa sangat panas atau sangat kering serta produksi daun yang terhenti.

Itulah cara merawat tanaman hias ivy. Meski bentuk tanamannya unik dengan daun cerah, namun tanaman ini bisa beracun bagi hewan peliharaan. Jauhkan tanaman ini dari kucing atau anjing agar tidak menggigit maupun menelan daunnya. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022