pixel
Home/Articles/

Kamar Mandi Lantai 2 Rembes? Begini Cara Mengatasinya

Kamar Mandi Lantai 2 Rembes? Begini Cara Mengatasinya

03 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
kamar mandi lantai 2 rembes, cara mengatasi kamar mandi lantai atas bocor, kamar mandi lantai 2 bocor

Sumber: Gravel

Salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh pemilik rumah bertingkat 2 adalah kamar mandi lantai 2 yang rembes ke lantai bawah. Selain mengganggu estetika, rembesan air dari kamar mandi lantai atas bisa menimbulkan masalah besar di kemudian hari seperti tembok maupun plafon yang lembab dan berjamur. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamar mandi lantai 2 rembes?

Penyebab Kamar Mandi Lantai 2 Rembes

Air Merembes ke Tembok? Ini Cara Mengatasinya - Tribunjogja.com

Sumber: Tribun News

Penyebab kebocoran bisa beragam mulai dari kebocoran pipa hingga kesalahan dalam pengaplikasian pelapis anti bocor. Pada umumnya sebelum pemasangan keramik, tukang bagunan akan menyiram lantai dengan air semen, melakukan tes kebocoran, dan memberi pelapis anti bocor untuk mengetahui apakah air akan rembes dari kamar mandi lantai 2 dan mencegahnya sebelum terjadi. Sayangnya, tidak semua pembangunan kamar mandi lantai 2 melalui proses ini.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Kamar Mandi Lantai 2 Rembes

Jika sudah terlanjur, ada beberapa cara untuk mengatasi kamar mandi lantai 2 yang rembes agar rumah Anda aman dari kebocoran.

Membongkar Ulang Keramik

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membongkar lantai keramik kamar mandi. Pastikan Anda tidak merusak keramik jika Anda ingin menggunakannya kembali.

Membersihkan Lantai 

Jika Anda sudah membongkar keramik, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yakni dengan membersihkan lantai hingga steril. Langkah ini sangat diperlukan agar lapisan anti bocor bisa merekat dengan lebih baik.

Memasang Pelapis Anti Bocor

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memasang pelapis anti bocor untuk waterproofing. Lapisan anti bocor biasanya berupa cairan yang digunakan agar nat keramik tahan air sehingga tidak rembes ke bawah. 

Perbaiki Nat Keramik yang Rusak

Nat keramik adalah semen yang diaplikasikan di antara keramik lantai. Salah satu penyebab kamar mandi lantai 2 rembes ke bawah adalah nat keramik yang mengalami kerusakan sehingga memungkinkan air masuk melalui celah antar keramik sehingga menyebabkan kebocoran.

Cek Kerusakan Pada Beton

Tidak hanya pada lapisan anti bocor maupun nat keramik, kerusakan pada beton juga bisa menyebabkan kamar mandi lantai 2 rembes ke bawah. Jika ada beton yang retak, maka sebaiknya Anda segera melakukan penambalan grounding agar struktur lantai kembali membaik.

Memperbaiki Instalasi Listrik

Kebocoran air dari lantai 2 seringkali menimbulkan masalah pada kelistrikan rumah yang tentunya dapat membahayakan penghuni rumah jika tidak segera diperbaiki. Untuk itu, selain kebocoran, memperbaiki instalasi listrik rumah juga tidak kalah penting.

Our Property

Upper West, SOHO-J
Upper West, SOHO-J

Tangerang, Banten

Property Area: 134.09m2
Apartment

Start from 
Rp 4.590.788.000
Upper West, SOHO-G
Upper West, SOHO-G

Tangerang, Banten

Property Area: 76.33m2
Apartment

Start from 
Rp 2.613.282.000

Nah, itulah dia cara mengatasi air kamar mandi lantai 2 yang rembes ke bawah. Dengan mengikuti berbagai solusi di atas, Anda bisa segera memperbaikinya dan mencegah kerusakan pada tembok maupun plafon rumah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga:

Ayo kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk informasi menarik lainnya seputar properti, lifestyle dan investasi. 

Jangan lupa untuk bergabung sebagai pengguna eCatalog Sinar Mas Land dan dapatkan informasi terkini mengenai hunian impian Anda!

Baca Juga:

 

Promotions

KPR Calculator Banner

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022