pixel
Home/Articles/

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Keset Kamar Mandi

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Keset Kamar Mandi

28 May 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
keset kamar mandi, rekomendasi bahan keset

tokopedia.com

Keset memiliki peran penting di kamar mandi. Keset kamar mandi umumnya digunakan untuk mengeringkan kaki yang basah setelah keluar dari kamar mandi. Hal ini membantu mencegah lantai menjadi licin, yang bisa berbahaya. Namun, sebelum memilih keset kamar mandi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Ini penting untuk menghindari kesalahan dalam memilih jenis keset yang sesuai untuk desain kamar mandi kering atau basah. Berikut penjelasannya.

1. Pilih Material yang Cocok untuk Keset Kamar Mandi

Saat memilih keset kamar mandi, fungsionalitas merupakan aspek penting Berikut ini beberapa material keset kamar mandi yang bisa dipilih berdasarkan fungsinya.

- Bahan Katun

Jika tujuan utama penggunaan keset kamar mandi adalah untuk mencegah tergelincir atau terpeleset, maka keset berbahan katun dapat menjadi pilihan terbaik. Bahan katun memiliki keunggulan dalam menyerap kelembapan dengan baik, mudah dibersihkan, dan memberikan rasa lembut saat diinjak. Namun, bahan ini cenderung mudah bergeser jika ditempatkan di atas lantai keramik.

- Bahan Nilon

Namun, jika fungsi utama dari keset kamar mandi adalah untuk mengeringkan maka keset berbahan nilon adalah opsi terbaik. Selain cepat kering, bahan nilon juga tahan lama.

- Bahan Plastik

Selain itu, terdapat juga keset berbahan plastik yang umumnya digunakan di area pancuran dan bak mandi. Jenis keset ini memiliki daya serap yang tinggi dan didesain khusus untuk mencegah kelicinan serta bersifat anti-selip.

- Bahan Serabut Kelapa

Terdapat juga keset kamar mandi yang terbuat dari bahan alami seperti kelapa, ilalang, dan bambu. Jenis keset ini mampu menyerap air dengan baik dan memberikan tampilan yang mewah, unik, serta estetis. Namun, perawatan dan pembersihannya bisa sedikit lebih rumit dibandingkan dengan bahan lainnya.

2. Letak Keset Kamar mandi

Penempatan atau tata letak keset kamar mandi harus disesuaikan dengan ukuran dan desain ruangan. Keset berukuran besar idealnya ditempatkan di depan bak mandi, sementara keset yang lebih kecil cocok diletakkan di sekitar wastafel. Anda juga dapat menggunakan lebih dari satu keset jika diperlukan. Pastikan ukuran keset sesuai dengan ruangan, agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Warna Karpet Kamar Mandi

Pilihlah warna keset kamar mandi yang cocok dan harmonis dengan suasana ruangan. Misalnya, jika Anda ingin menciptakan suasana kamar mandi yang menyerupai spa, pilihlah warna-warna alami yang menenangkan seperti cokelat, beige, dan hijau pucat. Biru juga bisa digunakan untuk menggambarkan warna lautan. Selain itu, sesuaikan warna keset dengan elemen lain seperti gorden, handuk, atau perabotan lainnya agar tercipta keselarasan.

4. Perawatan Keset Kamar Mandi

Perawatan keset sangat mempengaruhi masa pakainya secara keseluruhan. Penting untuk membersihkan keset secara rutin dan berkala agar tidak berjamur dan bebas dari bakteri berbahaya. Selain mencuci, Anda juga bisa menjemur atau menggantungnya di ruangan terbuka dua hingga tiga kali seminggu.

5. Perhatikan Keamanan di Area Kamar Mandi

Faktor keamanan lingkungan juga penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih keset kamar mandi. Terutama jika Anda memiliki anggota keluarga yang masih kecil atau lansia di rumah, pastikan untuk menggunakan keset yang dapat mengurangi risiko lantai menjadi licin.

Demikian 5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih keset untuk kamar mandi. Semoga bermanfaat! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki hunian impian Anda dengan bergabung menjadi pengguna eCatalog!

Our Property

Grand Freja Type 118
Grand Freja Type 118

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 118m2
Residential

Start from 
Rp 4.343.200.937

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Inspirasi Hunian
article
Pemilihan Warna Dinding Rumah Dapat Mempengaruhi Mood, Lho!

Warna cat rumah dianggap dapat menunjukkan karakter dan kepribadian pemiliknya. Namun, sangat jarang

Read More

20 December 2022

Inspirasi Hunian
article
Makeover Ruangan untuk Ciptakan Suasana Baru!

Makeover ruangan - Tinggal di rumah kecil atau apartemen perkotaan seringkali memerlukan perjuangan

Read More

17 February 2023

Inspirasi Hunian
article
Menata Cermin di Apartemen Menurut Feng Shui

Menata Cermin di Apartemen Menurut Feng Shui Ketika akan menata sebuah rumah atau bangunan, ilmu fe

Read More

23 February 2023