pixel
Home/Articles/

5 Cara Usir Kucing Liar Agar Tidak Buang Air di Pekarangan Rumah

5 Cara Usir Kucing Liar Agar Tidak Buang Air di Pekarangan Rumah

16 May 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
cara usir kucing berak sembarangan, usir kucing di halaman rumah

Sumber: Kompas

Kucing liar memang menggemaskan, tapi kehadirannya di pekarangan rumah bisa menjadi masalah. Terkadangm kucing liar memiliki kebiasaan buang air sembarangan untuk menandai wilayah kekuasaanya. Hal ini tentunya dapat mengganggu kenyamanan dan kebersihan rumah Anda bahkan menimbulkan bau yang tak sedap.

Anda kelabakan dengan kelakukan kucing liar yang suka buang air sembarangan? Tenang, ada beberapa cara jitu yang bisa Anda coba untuk mengusir kucing liar agar tidak lagi buang air di pekarangan rumah

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan

9 Tanaman yang Bisa Mengusir Kucing dari Halaman Rumah Halaman all -  Kompas.com

Sumber: Kompas

1. Hilangkan Sumber Makanan dan Tempat Berteduh

Kucing liar datang ke pekarangan rumah Anda karena menemukan makanan atau tempat berteduh yang nyaman. Coba periksa apakah ada sisa makanan hewan peliharaan, tumpukan sampah, atau barang-barang yang bisa dijadikan tempat berteduh bagi kucing. Buang atau pindahkan benda-benda tersebut agar tidak menarik perhatian kucing liar.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Usir Tikus di Plafon, Anti Ribet!

2. Manfaatkan Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Kucing memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Anda bisa memanfaatkan aroma yang tidak disukai kucing untuk mengusir mereka. Beberapa aroma yang bisa dicoba antara lain:

  • Citrus: Ternyata kucing tidak menyukai bau citrus. Jeruk mengandung senyawa tirkaboksilat organik atau asam sitrat yang tidak disukai oleh kucing. Letakkan potongan jeruk, lemon, atau jeruk nipis di sekitar area yang sering didatangi kucing. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial citrus yang diencerkan dengan air dan disemprotkan di area tersebut.
  • Bubuk Kopi: Tidak hanya jeruk, kucing juga tidak menyukai bau kopi. Anda bisataburkan bubuk kopi bekas di sekitar pekarangan rumah. Aroma kopi yang kuat akan membuat kucing tidak nyaman dan pergi.
  • Merica: Merica atau lada dapat mengusir kucing dengan mudah. Sebaiknya Anda menggunakan merica karena lada dapat mengiritasi mata dan menyakiti kucing. Taburkan bubuk merica atau cabai rawit di sekitar area yang ingin dilindungi. Sensasi pedas dan panas pada hidung dan kaki kucing akan membuat mereka enggan kembali.
  • Peppermint: Tanaman peppermint atau minyak esensial peppermint juga bisa digunakan untuk mengusir kucing. Aroma mint yang segar memang disukai manusia, tapi tidak dengan kucing. Pepermint memiliki aroma yang kuat sehingga dihindari oleh kucing.

3. Gunakan Alat Pengusir Kucing

Di pasaran, terdapat berbagai alat pengusir kucing yang bisa Anda beli. Alat ini biasanya mengeluarkan suara ultrasonik yang tidak terdengar oleh manusia, tapi mengganggu pendengaran kucing dan membuat mereka pergi.

Baca Juga: Gak Perlu Ribet, Ini Cara Basmi Rayap di Rumah

4. Bersihkan Bau Kucing

Kucing akan kembali buang kotoran di tempat yang sama jika bau kotorannya masih tercium. Kucing mengira tempat tersebut adalah tempat yang biasa digunakan untuk buang air atau menjadi wilayah kekuasaanya.

Our Property

Svani Type 70
Svani Type 70

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 70m2
Residential

Start from 
Rp 1.830.519.164

5. Buat Pagar atau Penghalang

Jika Anda ingin solusi permanen, Anda bisa memasang pagar atau penghalang di sekitar pekarangan rumah. Pastikan pagar cukup tinggi dan kokoh agar tidak bisa dilewati oleh kucing dan jangan lupa untuk memberikan benda dengan bau yang tidak disukai kucing agar mereka tidak membuang kotoran di tempat tersebut. 

Dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda bisa mengusir kucing liar agar tidak lagi buang air di pekarangan rumah. Ingatlah untuk selalu menggunakan cara yang manusiawi dan tidak menyakiti kucing. Dengan kesabaran dan ketelatenan dalam menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat terbebas dari masalah kucing liar yang buang air sembarangan di pekarangan rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Eonna Aerra: Hunian Mewah dengan Sentuhan Korea di Tengah BSD City

Jangan lupa kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai properti.

Baca Juga:

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Gaya Hidup & Hobi
article
Bingung Mau Kemana, in dia 7 Spot Menarik di BSD City!

Awalnya BSD memang sebuah kawasan perumahan dan tak lebih. Kini BSD City sudah menjelma sebagai kawa

Read More

13 December 2022

Gaya Hidup & Hobi
article
Membandingkan Biaya Hidup di Apartemen dan Rumah Tinggal di Tangerang

Tangerang merupakan kota yang sedang berkembang pesat di wilayah Jabodetabek. Kota ini menjadi pilih

Read More

26 January 2023

Gaya Hidup & Hobi
article
BSD City, Kota Modern dengan Fasilitas Lengkap

BSD City adalah kota baru yang berlokasi di dekat Jakarta, Indonesia. Kota ini memiliki luas sekitar

Read More

06 February 2023