pixel
Home/Articles/

Saham Nyangkut? Jangan Takut! Ini Cara Mengatasinya

Saham Nyangkut? Jangan Takut! Ini Cara Mengatasinya

07 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
saham nyangkkut, solusi saham nyangkut, cara mengatasi saham nyangkut, emiten, cutloss

Sumber: Harapan Rakyat

Sejatinya, setiap investasi memiliki kerugian dan keuntungan masing-masing. Investasi adalah kegiatan menempatkan dana pada aset atau beberapa aset tertentu dengan harapan akan mendapatkan keuntungan. Namun perlu diingat bahwa setiap investasi memiliki resiko yang harus ditanggung oleh pemilik dana. Salah satu investasi dengan resiko tinggi adalah saham atau emiten. 

Saham bisa mendatangkan banyak keuntungan maupun kerugian pada pembelinya. Untuk itu, sangat penting memahami saham dengan fudamental yang baik untuk menghindari potensi kerugian. Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur dan menyebabkan saham nyangkut? Simak selengkapnya!

Apa itu Saham Nyangkut?

Anti Ribet! Begini Cara Beli Saham Luar Negeri Lengkap, 46% OFF

‘Saham nyangkut’ adalah istilah bagi para investor yang ‘terjebak’ di dalam suatu saham. Saham nyangkut terjadi dikarenakan investor enggan cutloss atau menjual saham dalam keadaan rugi dikarenakan harga saham saat mereka beli lebih tinggi daripada keadaan sekarang. Selain merugikan secara finansial, saham nyangkut menghambat investor untuk menginvestasikan uangka pada saham lain.

Penyebab Saham Nyangkut

Saham nyangkut bisa terjadi jika investor tidak melakukan analisa lebih dalam terhadap emiten sebelum melakukan pembelian dan melakukan perencanaan yang baik. Contohnya, investor membeli dengan harga paling tinggi karena FOMO atau tergiur dengan harga saham yang murah karena bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Baca Juga: 

Cara Mengatasi Saham Nyangkut

Sebenarnya, semua keputusan ada di tangan investor. Investor bisa cutloss saham yang merugi kemudian kembali menanamkan modal pada saham yang potensial atau menunggu saham kembali ke harga semula agar bisa dijual. Namun, ada beberapa strategi sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai investor jika saham Anda nyangkut. Berikut beberapa solusi yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

1. Menjual Saham Secara Bertahap

Melakukan cutloss atau menjual saham secara bertahap bisa menjadi solusi yang efektif jika saham yang Anda beli nyangkut terutama jika potensi kerugian yang akan ditanggung di masa depan cukup besar.

Baca Juga: 

2. Menggunakan Strategi Average Down

Average down adalah strategi yang bisa Anda lakukan ketika saham nyangkut dengan catatan Anda harus memiliki ‘uang dingin’ atau uang yang tidak terpakai cukup banyak. Strategi average down bisa Anda lakukan dengan membeli saham yang sama secara bertahap ketika harganya sedang turun dengan harapan ketika saham kembali naik , maka imbal hasil yang didapatkan oleh investor akan lebih besar.

3. Membiarkan Saham Kembali ke Harga Semula

Hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai investor jika saham nyangkut adalah membiarkanya kembali ke harga di mana Anda membelinya. Ini bisa menjadi strategi terakhir ketika Anda tidak memiliki cukup dana untuk melakukan average down atau cutloss saham. Pastikan Anda selalu memantau berita perihal saham untuk melihat peforma perusahaan dimana saham Anda nyangkut. 

Our Property

Akasa, Kalyana Studio
Akasa, Kalyana Studio

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 22.86m2
Apartment

Start from 
Rp 410.324.000

Nah, itulah beberapa solusi dan strategi yang bisa Anda lakukan jika saham nyangkut. Sebelum membeli saham, pastikan fundamental perusahaan baik, mulai dari reputasi jajaran direksi, laba serta hutang yang wajar. Hindari membeli saham karena ikut-ikutan dan lakukan analisa yang mendalam.

Ayo kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk informasi menarik lainnya seputar properti, lifestyle dan investasi. 

Jangan lupa untuk bergabung sebagai pengguna eCatalog Sinar Mas Land dan dapatkan informasi terkini mengenai hunian impian Anda!

Baca Juga:

 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022