pixel
Home/Articles/

8 Cara Membersihkan Sofa Kain Dengan Mudah dan Cepat

8 Cara Membersihkan Sofa Kain Dengan Mudah dan Cepat

15 May 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
cara membersihkan sofa kain

Sumber: Kompas

Sofa kain merupakan salah satu elemen penting dalam ruangan, yang memberikan kenyamanan dan estetika. Namun, sofa kain juga mudah kotor dan berdebu, sehingga perlu dibersihkan secara rutin. Membersihkan sofa kain mungkin bisa membuat Anda kebingungan. Tidak seperti sprei dan bantal yang bisa dicuci serta dijemur dengan mudah, membersihkan sofa kain menjadi tantangan tersendiri dikarenakan berat serta ukurannya yang jauh lebih besar. Lantas, bagaimana cara membersihkan sofa kain dengan muudah dan cepat? Simak 8 cara berikut untuk membersihkan sofa kain Anda dengan mudah dan cepat.

Cara Membersihkan Sofa Kain dengan Mudah dan Cepat

Cara Membersihkan Sofa Kulit Berwarna Putih agar Terlihat Seperti Baru

Sumber: Kompas.com

1. Vakum Debu dan Kotoran

Langkah pertama adalah membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan sofa kain menggunakan vacuum cleaner. Gunakan sikat khusus untuk sofa agar kain tidak rusak. Lakukan pembersihan secara menyeluruh, termasuk di sela-sela sofa dan di bawah bantalan. Selain vakum khusus debu, kini vakum basah dan kering telah banyak beredar di pasaran. Jika Anda memiliki buget berlebih, Anda bisa membeli vakum basah dan kering untuk membersihkan sofa maupun kasur Anda. Vakum basah dan kering dibanderol mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

2. Bersihkan Noda Segera

Jika tidak sengaja menumpahkan sesuatu hingga menjadi noda pada sofa Anda sebaiknya Anda segera bersihkan noda yang menempel di sofa kain agar tidak meresap dan semakin sulit dibersihkan. Gunakan kain atau sikat gigi bersih yang sedikit lembap untuk mengangkat noda. Hindari menggosok noda karena dapat merusak kain.

Baca Juga: Cara Membersihkan Lantai Vinyl agar Tidak Licin

3. Gunakan Sabun dan Air

Untuk membersihkan noda yang membandel, Anda dapat menggunakan larutan sabun dan air. Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat, lalu celupkan kain bersih ke dalam larutan dan usapkan pada noda. Bilas kain dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

4. Gunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bau dan noda pada sofa kain. Taburkan baking soda di atas sofa, diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

Baca Juga: 5 Langkah Membersihkan Oven Listrik

5. Gunakan Cuka Putih

Cuka putih dapat membantu menghilangkan noda dan bau pada sofa kain. Campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1, lalu semprotkan pada noda dan biarkan selama beberapa menit. Seka noda dengan kain bersih dan bilas dengan air.

6. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi putih dapat membantu menghilangkan noda tinta dan spidol pada sofa kain. Oleskan pasta gigi pada noda, diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain bersih dan bilas dengan air.

Baca Juga: Gak Perlu Ribet, Ini Cara Basmi Rayap di Rumah

7. Bersihkan Secara Profesional

Jika sofa kain Anda sangat kotor dan sulit dibersihkan sendiri, Anda dapat menggunakan jasa pembersih sofa profesional. Jasa profesional memiliki peralatan dan bahan-bahan khusus untuk membersihkan sofa kain secara menyeluruh. Jasa pembersih sofa bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 150 ribu.

8. Rawat Sofa Kain dengan Baik

Untuk menjaga sofa kain tetap bersih dan awet, lakukan perawatan secara rutin. Hindari menumpahkan makanan dan minuman di sofa, dan segera bersihkan jika terjadi. Berikan ventilasi yang cukup di ruangan agar sofa tidak lembap dan berjamur.

Baca Juga: Assana Starlight: Hunian Modern Tangerang dekat Stasiun KRL di BSD

Tips Membersihkan Sofa

Tips Cerdas Membersihkan Sofa Bersama Cuci Sofa Depok - Deniza Blog

Sumber: denizarastirma

  • Selalu uji coba bahan pembersih di area kecil dan tersembunyi terlebih dahulu sebelum digunakan di seluruh permukaan sofa.
  • Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak kain sofa seperti klorin, amonia dan pemutih klorin.
  • Keringkan sofa kain secara menyeluruh setelah dibersihkan untuk mencegah jamur dan bau apek.

Nah, itulah beberapa tips untuk membersihkan sofa kain agar tetap bersih dan nyaman. Dengan engan mengikuti 8 cara mudah dan cepat di atas, Anda dapat menjaga sofa kain Anda tetap bersih dan awet selama bertahun-tahun. Jangan lupa untuk mengunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk informasi bermanfaat lainnya.

Baca Juga:

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Inspirasi Hunian
article
Pemilihan Warna Dinding Rumah Dapat Mempengaruhi Mood, Lho!

Warna cat rumah dianggap dapat menunjukkan karakter dan kepribadian pemiliknya. Namun, sangat jarang

Read More

20 December 2022

Inspirasi Hunian
article
Makeover Ruangan untuk Ciptakan Suasana Baru!

Makeover ruangan - Tinggal di rumah kecil atau apartemen perkotaan seringkali memerlukan perjuangan

Read More

17 February 2023

Inspirasi Hunian
article
Menata Cermin di Apartemen Menurut Feng Shui

Menata Cermin di Apartemen Menurut Feng Shui Ketika akan menata sebuah rumah atau bangunan, ilmu fe

Read More

23 February 2023