pixel
Home/Articles/

5 Langkah Membersihkan Oven Listrik

5 Langkah Membersihkan Oven Listrik

24 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
cara membersihkan oven listrik, oven listrik, merawat oven listrik

food.detik.com

Oven listrik memiliki beragam fungsi yang memungkinkan pengolahan berbagai jenis masakan, termasuk memanggang roti, daging, dan hidangan lainnya. Penggunaan oven untuk keperluan memasak juga terbilang praktis, karena Anda dapat dengan mudah mengatur suhu dan waktu sesuai dengan jenis bahan makanan yang akan dipanggang. Namun, oven juga dapat mengalami penurunan umur pakai jika tidak dibersihkan secara rutin. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat oven listrik agar tetap awet dan berumur panjang. Tidak memerlukan proses yang rumit, Anda dapat langsung menerapkannya di rumah.

Indikasi bahwa oven Anda membutuhkan pembersihan termasuk adanya aroma tidak sedap, jumlah asap yang berlebihan, dan adanya lapisan kerak yang tebal di bagian bawah ruang oven. Ada berbagai pilihan produk pembersih yang bisa Anda gunakan, namun campuran soda kue buatan sendiri merupakan solusi terbaik untuk membersihkan oven yang berminyak. Metode ini lebih aman, alami, dan efektif untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk secara menyeluruh. Berikut adalah persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum membersihkan oven Anda:

  • Baking soda
  • White vinegar
  • Air
  • Sarung tangan karet
  • Kuas: Kuas yang kaku, kuas halus ukuran sedang (jika diperlukan)
  • Botol semprot
  • Lap pembersih: Kain microfiber atau kain non-abrasif
  • Koran bekas atau tisu

Langkah 1: Lapisi Rongga Oven

Buatlah pasta pembersih dengan mencampur setengah cangkir baking soda dengan setengah cangkir air. Baking soda akan berperan sebagai agen abrasif sementara air akan membantu melunakkan kotoran yang mengeras. Ambil rak, termometer oven, dan panci keluar dari oven. Tempatkan koran atau tisu di lantai untuk menampung serpihan yang jatuh. Gunakan sarung tangan atau kuas, oleskan campuran tersebut secara merata ke seluruh bagian dalam oven, hindari bagian pintu kaca, elemen pemanas, ventilasi gas, dan bola lampu. Diamkan selama 12 jam atau semalam.

Langkah 2: Rendam Nampan dan Rak Oven

Rendam rak dan baki dalam bak cuci, mangkuk besar, atau bak mandi yang berisi air panas selama dua jam. Setelah itu, sikat dengan kuas yang kaku. Minyak yang terbakar seharusnya telah melunak, sehingga akan lebih mudah untuk menghilangkannya. Jika air menjadi keruh dengan serpihan yang terapung di sekitarnya, itu adalah tanda yang baik. Bilas rak dan baki, lalu keringkan.

Langkah 3: Gosok Bagian Dalam Oven

Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

Sumber: kompas.com

Sekarang baking soda telah menyelesaikan pekerjaannya, saatnya untuk membersihkan sisa-sisa. Persiapkan lagi koran atau tisu untuk menangkap sisa-sisa. Gunakan kain microfiber yang sedikit basah atau bantalan non-abrasif untuk membersihkan dengan tekad pasta baking soda yang telah mengeras. Merasa puas saat noda dan sisa-sisa hilang. Untuk membersihkan sisa-sisa lainnya, semprotkan seluruh bagian dalam oven dengan cuka untuk mengatasi bagian yang lebih sulit. Lanjutkan dengan kain yang telah dibasahi dan keringkan.

Langkah 4: Bersihkan Bagian Dalam Pintu Kaca Oven

Buatlah pasta baking soda dan air kembali, lalu oleskan ke seluruh bagian dalam pintu oven dan biarkan selama 30 menit. Karena kaca, lebih baik menggunakan bahan yang lebih lembut untuk menghindari risiko goresan. Setelah itu, bersihkan dengan kain microfiber yang sedikit basah. Untuk hasil yang lebih bersinar, gunakan pembersih kaca atau cuka yang sudah dicampur air. Minyak dan sisa-sisa makanan juga mungkin terdapat di antara panel kaca pintu oven Anda. Penting untuk merujuk ke manual Anda untuk mengetahui cara mengaksesnya, karena mungkin Anda perlu melepas beberapa bagian. Setelah terbuka, vakumlah debu dan sisa-sisa yang ada. Gunakan spons atau kain yang lembap yang diikat pada gagang panjang, dan bersihkan dengan hati-hati. Sekarang, Anda akan dapat melihat melalui pintu oven Anda lagi.

Langkah 5: Jangan Lupakan Bagian Luar Pintu Oven

Gabungkan cuka dan air dalam proporsi yang sama. Semprotkan campuran ini ke kain microfiber, dan gunakan untuk membersihkan bagian luar pintu oven, pegangan, tombol, dan bagian panel lainnya. Pastikan untuk tidak menyemprotkan campuran langsung ke kontrol, karena ini dapat menyebabkan korsleting.

Itu dia langkah-langkah membersihkan oven listrik yang benar. Jangan sampai oven yang kotor menghalangi Anda menikmati makanan yang berkualitas. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022