pixel
Home/Articles/

5 Cara Aman Menerangi Rumah Saat Listrik Padam

5 Cara Aman Menerangi Rumah Saat Listrik Padam

30 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
rumah mati listrik, listrik padam, cara menerangi rumah yang padam listrik

radarbanten.co.id

Gangguan listrik atau pemadaman listrik dapat menyebabkan banyak kesulitan, terutama jika terjadi di malam hari. Kondisi rumah yang gelap karena listrik padam dapat membuat situasi menjadi tidak nyaman, terutama bagi keluarga dengan anak-anak kecil. Oleh karena itu, penting bagi Kawan Puan untuk selalu siap menghadapi situasi tersebut dengan menyediakan sumber penerangan alternatif di rumah. Berikut beberapa cara yang aman untuk menerangi rumah saat terjadi pemadaman listrik.

1. Menyalakan Lilin

Meskipun cahaya lilin tidak begitu terang, namun kehadirannya setidaknya mampu mencerahkan rumah di saat keadaan gelap gulita akibat pemadaman listrik. Menyimpan lilin secara rutin di rumah dapat menjadi solusi praktis, terutama jika tinggal di daerah yang sering mengalami mati lampu atau pemadaman listrik bergilir.

2. Gunakan Cermin

Untuk meningkatkan kecerahan cahaya lilin, manfaatkan cermin sebagai pemantul cahaya. Letakkan cermin sejajar dengan arah lilin untuk membantu menyebarkan cahaya di dalam ruangan yang gelap.

3. Gunakan Lampu Baterai

Lampu darurat berbaterai merupakan solusi efektif untuk memberikan pencahayaan saat terjadi pemadaman listrik. Pastikan selalu mengisi daya penuh lampu baterai agar siap digunakan ketika dibutuhkan.

4. Gunakan Senter

Meskipun senter mungkin tidak mampu menerangi seluruh ruangan, namun kamu dapat memperluas penyebaran cahayanya dengan cara tertentu. Letakkan toples transparan atau kantong plastik bening yang diisi dengan air di depan cahaya senter. Pastikan toples atau kantong air diletakkan di permukaan yang datar agar tidak mudah terjatuh atau pecah.

5. Cobalah Lampu Minyak

Lampu minyak juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi pemadaman listrik di malam hari. Kamu dapat membuatnya sendiri dengan langkah-langkah berikut tanpa perlu membeli:

  • Persiapkan perlengkapan yang diperlukan, seperti sebuah toples, sepotong gabus, beberapa helai benang, sebuah paku kecil dan tipis, serta sedikit minyak zaitun.
  • Buatlah lubang pada gabus menggunakan paku, kemudian masukkan benang ke dalamnya sebagai sumbu.
  • Isi toples dengan minyak zaitun hingga setengah penuh, lalu letakkan gabus yang berisi benang di atas permukaan minyak.
  • Biarkan selama sekitar 30 menit agar gabus menyerap minyak, kemudian nyalakan benang sumbu dengan korek api.

Itulah tadi cara aman menerangi rumah saat listrik padam. Selamat mencoba! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022