pixel
Home/Articles/

6 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Ditanam di Rumah

6 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Ditanam di Rumah

09 May 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
tanaman pengusir nyamuk

Sumber: Tirto.id

Nyamuk seringkali mengganggu kenyamanan di rumah dan menjadi sumber penyakit berbahaya seperti DBD dan malaria. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara untuk mengusir nyamuk dari rumah. 

Salah satu cara alami yang efektif dan aman adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk. Selain berfungsi menghias rumah agar semakin cantik dan asri, ternyata ada beberapa tanaman yang bisa Anda gunakan sebagai pengusir nyamuk. Lantas, apa saja tanaman pengusir nyamuk paling ampuh?



Apa Saja Tanaman Pengusir Nyamuk?

Berikut beberapa rekomendasi tanaman pengusir nyamuk paling ampuh:

1. Serai Wangi (Citronella)

Hindari Bahan Kimia, Ternyata Tanaman ini Bisa Mengusir Nyamuk

Sumber: Radar Utara

Serai wangi terkenal dengan aromanya yang segar dan citronellal, senyawa yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini mudah ditanam dan dapat ditanam di pot atau langsung di tanah. Cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk cukup mudah. Anda bisa membakarnya di dalam ruangan atau merebusnya dan menjadikan air rebusan daun serai sebagai cairan pengepel lantai.

2. Lavender

7 Manfaat Bunga Lavender, Hilangkan Stres hingga Cegah Kanker

Sumber: Suara.com

Selain terlihat menawan, lavender memiliki aroma bunga yang menenangkan dan senyawa linalool yang ampuh mengusir nyamuk. Tidak heran, Anda bisa dengan mudah menemukan lavender pada berbagai macam produk pengusir nyamuk. Tanaman ini juga mudah ditanam dan dapat ditambahkan ke dalam potpourri atau diffuser untuk menyebarkan aromanya ke seluruh ruangan.

3. Kemangi (Basil)

Ini 4 Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

Sumber: Halodoc

Kemangi memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Kemangi memiliki kandungan asam nitrat serta flavoid yang dapat mengganggu sistem pernafasan nyamuk. Daun kemangi juga dapat diolah menjadi masakan atau teh. Tanaman ini mudah ditanam dan dapat tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan kemangi untuk mengusir nyamuk dengan membakar atau menebarnya di sekitar rumah.

4. Rosemary

Ragam Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Rosemary Halaman all - Kompas.com

Sumber: Kompas.com

Rosemary memiliki aroma kayu yang kuat dan senyawa carnosic acid yang efektif mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat ditanam di pot atau langsung di tanah dan daunnya dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Selain memiliki banyak manfaat, rosemary juga termasuk tanaman yang tahan dengan segala jenis cuaca sehingga mudah dibudidayakan.

5. Catnip

Tanaman Catnip: Manfaatnya Bagi Manusia Serta Cara Merawatnya

Sumber: Haibunda

Catnip atau kucingan merupakan tanaman yang disukai kucing, tetapi dibenci nyamuk. Tanaman ini mengandung senyawa nepetalactone yang memiliki efek toksik bagi nyamuk. Catnip mudah ditanam dan dapat ditambahkan ke dalam potpourri atau diffuser untuk mengusir nyamuk. Catnip dapat dengan mudah tumbuh di seluruh Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan perawatannya.

6. Mint

11 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan - Alodokter

Sumber: Alodokter

Mint memiliki aroma menyegarkan dan senyawa menthol yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini mudah ditanam dan dapat ditambahkan ke dalam teh, mojito, atau salad. Mint juga dapat ditanam di pot gantung untuk menghias teras rumah.

 

Selain mengganggu kenyamanan, nyamuk juga merupakan serangga yang dapat menjadi sumber penyakit berbahaya. Menanam tanaman pengusir nyamuk di rumah menjadi solusi yang efektif dan aman untuk menciptakan rumah bebas nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk tidak hanya memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini dapat membantu membersihkan udara, menenangkan pikiran, menyegarkan ruangan, dan menambah aroma alami pada rumah.

Menanam tanaman pengusir nyamuk di rumah adalah cara mudah dan murah untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman. Dengan memilih tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di rumah Anda, Anda dapat dengan mudah menanam dan merawat berbagai tanaman pengusir nyamuk ini. 

Jangan lupa untuk mengunjungi webiste ecatalog.sinarmasland.com untuk informasi menarik lainnya.

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Gaya Hidup & Hobi
article
Bingung Mau Kemana, in dia 7 Spot Menarik di BSD City!

Awalnya BSD memang sebuah kawasan perumahan dan tak lebih. Kini BSD City sudah menjelma sebagai kawa

Read More

13 December 2022

Gaya Hidup & Hobi
article
Membandingkan Biaya Hidup di Apartemen dan Rumah Tinggal di Tangerang

Tangerang merupakan kota yang sedang berkembang pesat di wilayah Jabodetabek. Kota ini menjadi pilih

Read More

26 January 2023

Gaya Hidup & Hobi
article
BSD City, Kota Modern dengan Fasilitas Lengkap

BSD City adalah kota baru yang berlokasi di dekat Jakarta, Indonesia. Kota ini memiliki luas sekitar

Read More

06 February 2023