pixel
Home/Articles/

Tips Dan Model Rumah Tahan Banjir di Musim Penghujan

Tips Dan Model Rumah Tahan Banjir di Musim Penghujan

10 January 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Tips rumah tahan banjir

Banjir merupakan bencana alam yang perlu diwaspadai, terutama bagi yang tinggal di kota besar dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Salah satu wilayah yang sering terkena banjir adalah Jakarta. Bagi yang rumahnya rawan banjir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya, salah satunya adalah membuat hunian yang anti banjir. Berikut adalah beberapa tips membuat rumah anti banjir 

Tips Agar Rumah Anti Banjir

Bagi Anda yang berencana membangun rumah baru di kawasan banjir, penting untuk memikirkan desain rumah yang tepat. Namun, bagi Anda yang sudah tinggal di kawasan rawan banjir, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk meminimalkan risiko banjir.

1. membangun pondasi rumah yang lebih tinggi

Hal ini dikarenakan salah satu penyebab banjir di Indonesia adalah banyaknya daerah yang dibangun di dataran rendah. Dataran rendah yang tidak memiliki saluran air yang memadai akan menjadi penampung air saat hujan turun. Untuk memastikan rumah bebas banjir, halaman rumah juga harus lebih tinggi dari permukaan jalan. Ketinggian minimal tanah halaman rumah adalah 50 cm.

2. Pastikan bahwa halaman rumah lebih tinggi 

Untuk membangun rumah anti banjir, Anda perlu menguruk tanah di sekitar rumah dengan ketinggian minimal 50 cm di atas permukaan jalan. Dengan begitu, halaman rumah dan carport akan berada di atas permukaan jalan dan terhindar dari banjir. 

3. Gunakan sistem drainase one way

Tips rumah anti banjir selanjutnya adalah dengan memperhatikan sistem pembuangan air di rumah. Pastikan Anda menggunakan katup one way untuk mencegah air limbah masuk ke rumah. Selain itu, pastikan saluran pembuangan, septic tank, dan instalasi listrik berada di tempat yang tidak akan terendam banjir.

Model Rumah Anti Banjir 

Untuk Anda yang berencana membangun rumah di kawasan rawan banjir, berikut ini adalah beberapa desain rumah yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Model Rumah Ala Eropa 

Rumah Eropa dikenal tahan banjir dan gempa karena terbuat dari bahan-bahan yang kuat, seperti bata dan beton.Selain itu, desainnya yang sederhana juga membantu menjaga stabilitas rumah saat terjadi gempa. Berdasarkan sumber yang tidak disebutkan, material yang digunakan dalam konstruksi rumah Eropa dapat membantu melindungi rumah dari kerusakan akibat banjir dan menjaganya tetap berdiri saat terjadi gempa.

2. Model Rumah dengan 2 Lantai 

Rumah tahan banjir adalah solusi bagi mereka yang ingin melindungi rumah mereka dari kerusakan akibat banjir. Rumah ini memiliki dua lantai, dengan lantai dasar yang sengaja dirancang untuk menahan air banjir. Lantai dasar tidak digunakan untuk menyimpan perabotan, sehingga hanya berfungsi sebagai ruang penyimpanan air atau lumpur saat banjir.

3. Desain rumah teras tinggi

Desain rumah tinggi anti bajir memanfaatkan lahan miring untuk membangun rumah di tempat yang lebih tinggi. Bangunan ini diperkuat dengan lapisan beton untuk menahan air. Di sekitar rumah, dapat dibuat lahan biopori untuk menyerap air hujan dan menggemburkan tanah, meningkatkan efektivitas dalam mengatasi banjir.

 

Berikut adalah tips dan referensi model yang bisa anda terapkan di rumah anda agar terhindar dari banjir.Temukan properti terbaik dengan lokasi strategis di Surabaya dengan mengunjungi platform eCatalog untuk promo menarik lainnya, klik tautan berikut ini: ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022