pixel
Home/Articles/

Sertifikat Tanah sama Seperti KTP?

Sertifikat Tanah sama Seperti KTP?

08 February 2023

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Cari Tanah Kavling di Cikarang

Sertifikat Tanah sama Seperti KTP! Bakal Ada Foto Pemiliknya loh!

Keberadaan sertifikasi lahan diibaratkan sama pentingnya seperti Kartu Tanda Penduduk  (KTP). Pendapat seperti ini sebagian besar hanya ada pada masyarakat yang berada di perkotaan, sedangkan anggapan masyarakat yang ada di pedesaan kurang begitu pentingnya keberadaan sertifikat tanah tersebut, padahal keberadaan sertifikasi merupakan dokumen penting dalam pemilikan lahan yang diakui dengan sah sesuai hukum dan sekaligus menambah nilai harga lahan tersebut.

Tujuannya, agar data sertifikat tanah pemilik bisa terkoneksi dengan Kementerian ATR/BPN, lembaga kependudukan, hingga perpajakan untuk memudahkan monitoring. Langkah ini bertujuan untuk masuk ke dalam program digitalisasi, sehingga semua yang memiliki sertifikat tanah akan tersedia di sistem digital.

Tujuan lain dalam pemasangan foto pemilik di sertifikat tanah yaitu untuk menghindari berbagai permasalahan pertanahan. Informasi ini disampaikan oleh masyarakat kepada Menteri Hadi agar pengurusan dalam sertifikat tanah tidak dapat diwakilkan orang lain.

Tujuan kedua dari pemasangan foto pemilik di sertifikat tanah yaitu untuk menghindari berbagai permasalahan tanah. Seperti masalah tumpang tindih sertifikat, sertifikat hilang, hingga tindak kejahatan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh pimpinan rapat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS yang mewakili Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan di Ruang Rapat Oria Ballroom II, Hotel Oria, Jl. KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis 4/9/14.

Peserta rapat kurang lebih 50 orang yang berasal dari Kementerian PPN/BAPPENAS, Asisten I Bidang Pemerintahan, H. Aji Fathurrahman, Bappeda Provinsi Kaltim, Biro Keuangan, Fahmi, Bappeda Kabupaten se Kalimantan Timur, Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Timur dan BPN Kabupaten se Kalimantan Timur.

Paparan Bappenas

Adapun poin-poin penting yang disampaikan dalam forum antara lain :

  1. Peta dasar dan sertifikat harus disesuaikan;
  2. Pertemuan seperti ini sudah sering dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Kaltim dan berhasil kesepakatan pada tanggal 11 Juli 2013 dan sepakat rapat koordinasi pada tanggal 30 Mei 2014 padahal dengan permasalahan yang sama pada tahun 2013;
  3. Pada tahun 2015 harus mempunyai target dengan by name by address, sampai pada alamat di Kabupaten/Kota/kampung;
  4. Pihak BPN dalam membuat sertifikasi tanah bila semua administrasi sudah lengkap maka pembuatan sertifikat tersebut 4 bulan saja sudah selesai;
  5. Bappenas rencana akan melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur pada bulan Oktober 2014;
  6. Pihak BPN bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur diharapkan melakukan sosialisasi status clean and clear kepada masyarakat;
  7. Bappenas saat ini masih terus berjuang untuk program proda seluruhnya gratis, karena saat ini masih belum  gratis seluruhnya.

Kamu Sedang Cari Tanah? Cek Kavling di Cikarang Sekarang!

Buat kamu yang sedang mencari tanah untuk kebutuhan investasi atau ingin membangun rumah masa depan kamu, Sinar Mas Land punya rekomendasinya. Cikarang salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang cari tanah.

Pembangunan infrastruktur yang memadai, banyaknya lapangan pekerjaan dan harga properti yang ekonomis menjadikan Cikarang sebagai area yang disukai banyak orang terutama para pekerja. Jadi apa kamu tertarik untuk membeli tanah di Cikarang? Berikut rekomendasinya : 

Untuk informasi lebih lanjutnya, kamu bisa langsung kunjungi eCatalog Sinarmas Land, banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan. Jangan sampai ketinggalan!

 

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Tips Properti
article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

Tips Properti
article
Tips Cerdas Membeli Rumah Pertama Menggunakan KPR. Bisa Cicilan Murah!

Tips beli rumah cicilan murah - Meningkatnya animo masyarakat untuk membeli rumah di usia muda, Sina

Read More

01 November 2022

Tips Properti
article
5 Tips Membeli Rumah Impian di BSD City

Beli Rumah di BSD - Zaman sekarang harga tanah dan bangunan semakin lama semakin tinggi, hal ini ten

Read More

30 November 2022