pixel
Home/Articles/

Tips Hemat Listrik Walau Menggunakan AC, Simak Disini!

Tips Hemat Listrik Walau Menggunakan AC, Simak Disini!

01 February 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
tips hemat ac, hemat listrik ac

AC (air conditioner) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. AC bekerja dengan cara menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan membuangnya ke udara luar. Dengan adanya AC, ruangan menjadi nyaman dan sejuk serta mengurangi kelembaban. AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling banyak menggunakan listrik di rumah. Hal ini tentu saja dapat membuat tagihan listrik lebih besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik walau menggunakan AC.

Berikut adalah beberapa tips hemat listrik walau menggunakan AC:

  • Pilih AC yang sesuai dengan kebutuhan

Sebelum membeli AC, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengukur luas ruangan yang akan Anda pasang AC. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda memilih AC dengan kapasitas yang sesuai. AC dengan kapasitas yang terlalu besar akan lebih boros listrik.

  • Bersihkan AC secara rutin

AC yang kotor akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Hal ini tentu saja akan membuat AC menjadi lebih boros listrik. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan AC secara rutin, setidaknya setiap dua minggu sekali.

  • Gunakan AC dengan bijak

Jangan menyalakan AC jika ruangan sudah cukup dingin. Anda dapat menggunakan kipas angin untuk menghemat energi AC. Selain itu, matikan AC saat Anda meninggalkan ruangan.

  • Setel suhu AC yang tepat

Suhu AC yang terlalu rendah akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya setel suhu AC pada 24-26 derajat Celcius.

  • Gunakan fitur timer

Fitur timer dapat membantu Anda menghemat listrik AC. Anda dapat mengatur timer AC agar mati secara otomatis saat Anda tertidur atau saat Anda meninggalkan ruangan.

  • Gunakan mode Eco

Mode Eco dapat membantu Anda menghemat listrik AC. Mode ini akan menyesuaikan suhu AC secara otomatis agar tetap nyaman.

  • Gunakan AC inverter

AC inverter memiliki teknologi yang lebih hemat listrik dibandingkan AC konvensional. AC inverter dapat menyesuaikan kecepatan kompresornya sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat menghemat listrik.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghemat listrik AC:

  • Tutup pintu dan jendela saat menggunakan AC. Hal ini akan membantu AC untuk mendinginkan ruangan dengan lebih cepat dan efisien.
  • Letakkan AC di tempat yang teduh. Hal ini akan membantu AC untuk bekerja lebih ringan dan hemat listrik.
  • Bersihkan filter AC secara rutin. Filter AC yang kotor dapat mengurangi efisiensi AC dan membuat AC menjadi lebih boros listrik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghemat listrik walau menggunakan AC, lho! Intip beberapa properti impian hanya di e-Catalog Sinar Mas Land.



Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Kerjasama, Persewaan di BSD City Lebih Mudah

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022