pixel
Home/Articles/

Cara Atasi Udara Panas dalam Rumah dengan Mudah - Sinarmas Land

Cara Atasi Udara Panas dalam Rumah dengan Mudah - Sinarmas Land

25 October 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
cara mengatasi udara panas dalam rumah, cara membuat rumah adem, cara membuat rumah sejuk, solusi rumah panas

Cuaca di daerah Jabodetabek belakangan ini memang benar-benar tidak main-main. Suhu panas yang ekstrem telah membuat siapa pun merasa tak nyaman, terutama saat berada di dalam rumah. Udara panas yang terperangkap di dalam rumah bisa menjadi pemicu ketidaknyamanan yang cukup mengganggu. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menangani masalah udara panas di dalam rumah Anda. Berikut cara mengatasi udara panas di rumah.

Cuaca Panas Ekstrem di Jabodetabek dan Dampaknya

Sejak beberapa bulan terakhir, Jabodetabek dilanda oleh suhu panas yang ekstrem. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca panas ini merupakan salah satu dampak dari musim kemarau yang lebih awal. Suhu udara yang melonjak tinggi, terutama di siang hari, membuat kegiatan di luar ruangan menjadi kurang nyaman. Namun, tantangan sesungguhnya terletak pada bagaimana cara menghadapi udara panas yang dapat meresap ke dalam rumah

Peningkatan suhu di dalam rumah dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kenyamanan dan kesehatan penghuninya. Beberapa dampak yang sering terjadi akibat udara panas di dalam rumah antara lain adalah dehidrasi, kelelahan, dan penurunan konsentrasi. Selain itu, udara panas yang terperangkap juga dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan pernapasan.

Our Property

Welton by Hiera (Welton Type 7x14)
Welton by Hiera (Welton Type 7x14)

Tangerang, Banten

Property Area: 116m2
Residential

Start from 
Rp 3.468.128.000
Welton by Hiera (Welton Type 8x16)
Welton by Hiera (Welton Type 8x16)

Tangerang, Banten

Property Area: 166m2
Residential

Start from 
Rp 4.189.257.000

5 Cara Efektif Mengatasi Udara Panas di dalam Rumah

Berikut adalah 5 cara efektif untuk mengatasi udara panas di dalam rumah yang bisa Anda mulai lakukan dan buat rumah Anda lebih sejuk:

1. Instalasi Penyekat Panas

Pemasangan penyekat panas pada jendela dan pintu dapat membantu mengurangi masuknya panas ke dalam rumah. Bahan-bahan penyekat panas yang efektif antara lain adalah kaca reflektif, tirai tebal, dan penutup jendela yang terbuat dari bahan isolasi termal.

2. Penyiraman Tanaman

Menanam tanaman hijau di sekitar rumah dapat membantu menyejukkan udara di sekitar rumah. Penyiraman secara teratur dapat menghasilkan efek pendinginan alami dan memberikan udara yang lebih segar di sekitar lingkungan rumah. 

3. Penggunaan Kipas Angin atau AC

Penggunaan kipas angin atau AC dapat membantu menyejukkan udara di dalam rumah. Pastikan untuk membersihkan filter secara teratur agar udara yang dihasilkan tetap segar dan bersih.

4. Pemilihan Material Bangunan yang Tepat

Dalam membangun atau merenovasi rumah, pilihlah material bangunan yang memiliki kemampuan isolasi panas yang baik. Bahan seperti beton ringan, genteng keramik, atau bahan bangunan dengan lapisan reflektif dapat membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap stabil.

Baca Juga:

5. Penyekatan Sinar Matahari

Pemasangan atap berwarna cerah atau penutup atap yang dapat menyekat sinar matahari secara efektif dapat membantu menurunkan suhu di dalam rumah. Penggunaan taman atap atau permainan warna pada atap juga dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah.

Nah, itulah dia cara mengatasi udara panas di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Ayo kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk informasi menarik lainnya seputar properti, lifestyle dan investasi. 

Jangan lupa untuk bergabung sebagai pengguna eCatalog Sinar Mas Land dan dapatkan informasi terkini mengenai hunian impian Anda!

Baca Juga:

 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Residential
article
Rumah Milenial 5 Jutaan, Fasilitas Lengkap, Lokasi Strategis di BSD

Beli rumah di BSD City menjadi pilihan hampir semua orang karena terletak di kawasan prestisius deng

Read More

25 July 2022

Residential
article
Harga Mulai 1M! Rumah Ini Cocok untuk Milenial di BSD!

Hunian rumah di BSD City dikenal dengan hunian rumah bagi kelas menengah keatas yang memiliki harga

Read More

26 July 2022

Residential
article
Rumah Baru di BSD City Mulai Rp 1.4 Miliar! Full Furnished!

Ada hunian rumah baru hadir di BSD City, yaitu Jiva at Tanakayu BSD City. Hunian rumah ini baru saja

Read More

27 July 2022