pixel
Home/Articles/

Pasti bisa! 7 Tips Nabung Buat Beli Rumah di Usia Muda

Pasti bisa! 7 Tips Nabung Buat Beli Rumah di Usia Muda

23 October 2022

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
article banner

7 Tips Nabung Beli Rumah - Memiliki rumah yang nyaman untuk ditempati bersama keluarga adalah impian hampir semua orang. Harga properti terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun sehingga butuh persiapan khusus dalam menyiapkan dananya. Namun, seringkali orang menunda-nunda tabungan untuk membeli rumah, umumnya karena kebiasaan hidup konsumtif, terutama para Milenial dan Gen-Z di ibukota. Akan tetapi, selalu ada cara menabung untuk beli rumah yang bisa kamu terapkan agar bisa mempersiapkan dananya sedini mungkin.

Yuk, simak Tips nabung beli rumah ala ecatalog Sinar Mas Land melalui artikel berikut!

1. Buat Rencana dan Target Dengan Jelas

Menabung untuk membeli hunian bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, sehingga butuh tekad kuat dan komitmen tersendiri dalam melakukannya. Sebelum mulai menabung, tentukan dengan jelas, apakah kamu mau membeli tanah dan membangunnya sendiri, membeli rumah bekas tinggal, atau menyiapkan DP untuk program KPR. 

Misalnya kamu sedang menabung untuk beli rumah di BSD, langkah setelah menyiapkan DP yaitu kamu bisa riset harga rumah di pasaran sambil memperkirakan kenaikan harganya di masa mendatang karena bisa saja harga rumah baru BSD akan semakin naik karena mengikuti pertumbuhan inflasi. Barulah kamu bisa hitung berapa banyak uang yang harus kamu siapkan untuk membelinya di masa mendatang. Tentukan juga berapa lama target waktu tabunganmu.

2. Tentukan Jumlah Uang yang Harus Ditabung

Setelah perencanaan dan target waktu serta dana sudah matang, sekarang kamu bisa tentukan nominal yang harus dialokasikan tiap bulannya. Mulailah dengan membuat daftar anggaran menggunakan alokasi gaji sederhana, yaitu metode 40-30-20-10. Berikut adalah penjelasannya:

  • 40% untuk kebutuhan sehari-hari
  • 30% untuk tagihan (jika ada)
  • 20% untuk tabungan dan investasi
  • 10% untuk sedekah dan self-reward

Perlu kamu pahami bahwa alokasi gaji di atas hanyalah sebagai gambaran ideal sederhana. Kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan dan target keuanganmu.

3. Pisahkan Rekening

Salah satu cara menabung untuk beli rumah yang paling efektif adalah dengan memisahkan rekening tabungan dengan rekening kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan keduanya, uang tabungan untuk membeli rumah tidak akan terpakai untuk kebutuhan. Kalau kamu tipe orang yang tidak mau repot punya banyak rekening, taruhlah uangmu pada instrumen reksadana. Menaruh uang tabungan dalam bentuk reksa dana jauh lebih menguntungkan, karena pertumbuhan nilainya bisa mengalahkan inflasi.

4. Menyisihkan Tabungan Di Awal Bulan

Agar rencana menabung nggak cuma jadi wacana, kamu bisa memasukkannya dalam anggaran dan alokasi gaji. Setelah gajian, kamu bisa rutin menabung di awal bulan agar risiko uangnya terpakai untuk kebutuhan tidak terduga bisa diminimalisir.

5. Mengurangi Pengeluaran Tidak Perlu

Salah satu godaan paling kuat saat menerima uang gajian adalah keinginan membeli berbagai barang ataupun pergi liburan dengan dalih self-reward. Sebenarnya, sah-sah saja untuk memberikan diri kita self-reward. Namun, kalau terlalu sering dilakukan, bisa-bisa kesehatan finansial bisa terganggu dan rencana menabung hanya jadi wacana.

6. Menabung Dengan Nominal Tertentu

Cara menabung untuk beli rumah yang cukup unik, tetapi menarik dicoba adalah dengan rutin menabung sesuai nominal tertentu. Misalnya, setiap memegang uang pecahan lima puluh ribu, kamu akan memasukkannya ke dalam tabungan beli rumah.

7. Tentukan Besar Cicilan Sesuai Kemampuan

Salah satu cara yang populer orang lakukan untuk memiliki hunian adalah dengan mengikuti program KPR dari bank. Bagi kamu yang menargetkan sejumlah dana untuk DP pembelian rumah, kamu bisa sesuaikan target DP dengan cicilannya. Semakin besar DP yang dibayarkan, semakin ringan cicilan per bulannya. Selain itu, semakin panjang masa tenor cicilan, makin ringan pula cicilannya. Kamu bisa sesuaikan besar cicilan per bulan dengan penghasilan bulanan kamu. Pastikan tetap on budget agar kondisi finansialmu tetap sehat.

Gimana menarik bukan? Setelah baca artikel ini semakin optimis Milenial bisa beli rumah baru sendiri dong, jangan lupa cari rumah impian mu hanya di ecatalog.sinarmasland.com ya!

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022