pixel
Home/Articles/

Jenis - Jenis Asuransi Yang Wajib Kamu Miliki!

Jenis - Jenis Asuransi Yang Wajib Kamu Miliki!

22 August 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Jenis - Jenis Asuransi Yang Wajib Kamu Miliki!

Istilah "Asuransi" sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Meskipun demikian, kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum memiliki Asuransi. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemahaman masyarakat Indonesia terhadap konsep Asuransi dan penggunaannya masih rendah. Hal ini tercermin dari rendahnya tingkat kepemilikan Asuransi di Indonesia. Menurut data OJK yang dikutip oleh Bisnis Indonesia pada Juli 2021, tingkat penetrasi Asuransi pada tahun 2019 mencapai 2,81%, meningkat menjadi 2,92% pada 2020, dan mencapai 3,11% pada Juni 2021.

Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman masyarakat saat membeli polis dan mengajukan klaim Asuransi. Faktor lain yang menyebabkan kebingungan adalah banyaknya jenis Asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi, sehingga orang yang baru mengenal Asuransi kesulitan memahami manfaat masing-masing produk Asuransi.

Apa itu Asuransi?

Sebelum membahas manfaat Asuransi, mari kita pahami definisinya. Menurut situs OJK, Asuransi adalah perjanjian antara penyedia layanan Asuransi (penanggung) dan masyarakat (pemegang polis). Hak dan kewajiban antara penyedia layanan Asuransi dan pemegang polis telah diatur, di mana pemegang polis berhak mendapatkan proteksi atas kerugian, kerusakan, hingga kematian dari penyedia layanan Asuransi, asalkan mereka telah membayar premi kepada perusahaan Asuransi.

Manfaat Asuransi

Dari definisi ini, dapat disimpulkan bahwa Asuransi menawarkan manfaat yang signifikan dalam mengurangi risiko ketidakpastian yang tidak terduga. Setidaknya, ada lima manfaat Asuransi yang bisa diperoleh, yaitu:

  1. Melindungi pendapatan dari risiko tak terduga.
  2. Melindungi dana yang disimpan untuk rencana masa depan.
  3. Melindungi masa depan keluarga saat terjadi kematian.
  4. Melindungi kesehatan fisik dan mental saat terjadi kecelakaan.
  5. Memberikan perlindungan masa depan melalui investasi.

Agar manfaat Asuransi sesuai dengan harapan Anda, sebelum memilih dan membayar polis, kenali terlebih dahulu jenis-jenis Asuransi berikut ini:

Jenis-jenis Asuransi 

 

Asuransi Jiwa: Memberikan manfaat finansial saat terjadi kematian, penyakit mendadak, atau cacat tetap akibat kecelakaan atau penyakit. Sebelum memilih, pahami sistem dan metode pembayaran yang ditawarkan, termasuk opsi klaim sebelum atau sesudah kematian.

1. Asuransi Kesehatan

Produk Asuransi yang populer ini menangani masalah kesehatan dan melindungi keuangan Anda dari biaya perawatan hingga sembuh. Jenis penyakit yang dapat ditanggung meliputi cacat, penyakit, hingga kematian. Polis dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial, seperti mencakup rawat inap atau rawat jalan.

2. Asuransi Pendidikan

 Mempersiapkan dana pendidikan sejak dini untuk melindungi masa depan anak. Ada dua jenis yang ditawarkan: Asuransi dwiguna yang menggabungkan proteksi jiwa dengan instrumen pasar, dan Asuransi unit link yang menggabungkan Asuransi jiwa dengan investasi.

3. Asuransi Investasi

Asuransi unit link menggabungkan proteksi dengan nilai tunai dari dana investasi. Premi yang dibayarkan dialokasikan untuk biaya proteksi dan investasi. Asuransi ini menawarkan proteksi jiwa, kesehatan, kecelakaan, hingga penyakit kritis.

4. Asuransi Kendaraan

Melindungi kendaraan dari risiko kehilangan atau kerusakan, serta memberikan rasa tenang secara finansial. Memiliki Asuransi kendaraan juga dapat meningkatkan daya saing harga jual kendaraan.

5. Asuransi Kecelakaan

Disarankan bagi mereka yang bekerja di lingkungan berisiko tinggi, meskipun banyak yang menganggap Asuransi kecelakaan tidak perlu karena sudah dilindungi oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

6. Asuransi Korporasi

Memberikan perlindungan kepada karyawan suatu perusahaan. Manfaatnya termasuk Asuransi jiwa kumpulan dan Asuransi kesehatan kumpulan, namun hanya berlaku selama karyawan masih bekerja di perusahaan tersebut.

7. Asuransi Hari Tua

Menawarkan perlindungan dan jaminan bagi pemegang polis di usia pensiun, membantu mempersiapkan dana pensiun, dan memberikan manfaat lebih dari tabungan biasa.

Dengan memahami jenis-jenis Asuransi ini, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Yuk, kunjungi website eCatalog sinarmasland untuk tau informasi lainnya seputar properti. Jangan lupa juga untuk bergabung menjadi pengguna eCatalog! 

 

Promotions

Contact agent banner

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Keuangan & Investasi
article
Investasi Tanah Pilihan Investasi Jangka Panjang, untuk Persiapan Masa Depan Kamu!

Banyak orang belum menyadari bahwa bisnis investasi tanah adalah hal penting untuk masa depan, karen

Read More

09 November 2022

Keuangan & Investasi
article
4 Tips Investasi Properti Bagi Pemula. Yuk Intip!

Harga apartemen di Jakarta -Jaman sekarang, sudah banyak anak muda atau biasa dikenal dengan a

Read More

19 December 2022

Keuangan & Investasi
article
Mana yang Lebih Untung, Investasi Tanah atau Rumah?

Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat di sektor properti, membuat banyak orang tertarik untuk

Read More

20 December 2022