pixel
Home/Articles/

Harga sewa rumah di surabaya, Ikuti 7 tips ini agar terhindar dari kerugian!

Harga sewa rumah di surabaya, Ikuti 7 tips ini agar terhindar dari kerugian!

20 January 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Ecatalog, tempatnya cari hunian impian dengan lokasi strategis Sinar Mas Land

 

Harga rumah di surabaya -  Punya rumah yang tidak ditempati? Ini merupakan waktu yang tepat untuk mengambil keuntungan dengan bisnis menyewakan hunian. Selain menguntungkan, bisnis sewa properti juga banyak diminati oleh banyak orang, lho. Karena dianggap lebih aman dibandingkan dengan investasi saham atau emas. Sebagai pemilik sewaan atau landlord pemula, menentukan harga sewa rumah adalah langkah pertama dan terpenting sebelum terjun ke bisnis ini. Meskipun bukan perkara mudah, ada cara jitu untuk menentukan harga sewa rumah yang tepat agar segera mendapatkan keuntungan. 

Tips Menentukan Harga Sewa Rumah 

Berikut ecatalog.sinarmasland.com bagikan 7 cara untuk menentukan harga sewa rumah bagi yang ingin mulai berbisnis sewa menyewa hunian atau properti. Simak baik baik ya!

 

  • Melihat harga pasaran sekitar

Hal pertama yang bisa dilakukan saat bingung menentukan harga sewa hunian adalah dengan  melihat harga pasaran yang berlaku di sekitar lokasi rumah. Bisa dimulai dengan menggali informasi dari tetangga terdekat hingga mencari informasi pada halaman media properti terkemuka. 

 

  • Menetapkan harga dengan Cap Rate

Perhitungan cap rate dapat juga disebut dengan tingkat kapitalisasi properti. Cara mudahnya adalah dengan membagi penghasilan operasional bersih dengan harga pembelian. Ada juga panduan singkatnya seperti di bawah ini:

  • Lahan kosong: 0,5%-2%
  • Rumah: 3%-5%
  • Ruko dan Rukan: 6%-9%
  • Kios dan toko: 5%-10%
  • Apartemen dan kondominium: 7%-12%

 

  • Menyesuaikan Fasilitas

Lihat kembali fasilitas hunian yang dimiliki untuk menentukan harga sewa. Mulai dari tempat parkir, petugas keamanan, hingga area outdoor bisa dijadikan pertimbangan khusus dalam menentukan harga. Fasilitas yang baik dan lengkap juga dapat dijadikan acuan perbedaan harga oleh penyewa.

 

  • Menghitung dari biaya perawatan rumah

Banyaknya fasilitas yang ada, tentunya akan meningkatkan biaya perawatan rumah sewa. Perubahan harga juga bisa ditambahkan apabila hunian membutuhkan pengecatan, penambahan fungsi interior, serta eksterior rumah. 

 

  • Pertimbangan Lokasi dan Lingkungan Rumah

Lokasi yang strategis bisa menjadi salah satu faktor penting saat menentukan harga sewa rumah. Kelengkapan fasilitas publik hingga keadaan lingkungan sekitar yang kondusif bisa dijadikan alasan tingginya harga sewa rumah.

 

  • Ketahui Siapa Calon Penyewa Rumah Anda

Penilaian calon penyewa rumah sangat penting untuk menghindari kerusakan rumah dan fasilitas akibat ulah penyewa yang tidak bertanggung jawab. Pertimbangan bisa dilihat dari masa sewa, status pernikahan, jumlah anggota keluarga yang dibawa hingga tipe kepribadian si penyewa. 

 

  • Sesuai dengan jenis rumah

Penting untuk mengidentifikasi apakah hunian kita termasuk memiliki ukuran yang luas atau minimalis sederhana. Dengan kategorisasi tersebut, kita akan dimudahkan dalam memutuskan penawaran harga yang akan diberikan pada calon penyewa. 

 

Tidak hanya memberikan harga yang adil bagi penyewa, perhitungan harga rumah yang benar akan menghasilkan persaingan pasar yang sehat. Harga yang tepat juga akan memudahkan kita sebagai landlord untuk segera mendapatkan keuntungan. Walau telah melakukan perhitungan yang sempurna, kita juga harus tetap bersedia untuk berdiskusi dengan penyewa untuk menentukan harga yang sesuai bagi kedua belah pihak. 

Bagaimana sekarang sudah tau kan cara menentukan harga sewa rumah? yuk kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk tahu informasi lainnya seputar properti! 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Keuangan & Investasi
article
Investasi Tanah Pilihan Investasi Jangka Panjang, untuk Persiapan Masa Depan Kamu!

Banyak orang belum menyadari bahwa bisnis investasi tanah adalah hal penting untuk masa depan, karen

Read More

09 November 2022

Keuangan & Investasi
article
4 Tips Investasi Properti Bagi Pemula. Yuk Intip!

Harga apartemen di Jakarta -Jaman sekarang, sudah banyak anak muda atau biasa dikenal dengan a

Read More

19 December 2022

Keuangan & Investasi
article
Mana yang Lebih Untung, Investasi Tanah atau Rumah?

Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat di sektor properti, membuat banyak orang tertarik untuk

Read More

20 December 2022