pixel
Home/Articles/

Desain Interior Modern Tropis, Solusi Tepat Rumah Nyaman dan Sejuk!

Desain Interior Modern Tropis, Solusi Tepat Rumah Nyaman dan Sejuk!

26 March 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
desain modern tropis, desain rumah sejuk

beddodesignconcept.co.id

Desain modern tropis menggabungkan elemen-elemen interior modern yang sederhana dan bersudut tumpul dengan sentuhan tropis yang hangat dan alami. Perpaduan ini menghasilkan konsep interior yang baru, cocok dengan iklim tropis, tetapi tetap terasa modern dan sesuai dengan perkembangan zaman dan tren.

Interior ini terkenal dapat menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang desain interior yang menarik ini!

Apa itu Desain Modern Tropis?

Desain tropis modern merupakan paduan dari elemen tropis yang segar dan alami dengan prinsip modern yang elegan. Ketika Anda bingung dalam menentukan jenis desain interior yang cocok untuk rumah impian, memilih berdasarkan iklim lokal dapat menjadi pilihan yang bijaksana. Di Indonesia, yang memiliki iklim tropis, rumah akan terasa nyaman dan ideal dengan menggunakan desain interior modern tropis. Hal ini karena desain interior tersebut telah disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kebutuhan manusia.

Secara rinci, gaya interior tropis menunjukkan kekuatan dalam menghadapi iklim tropis, yang sering kali dikenal dengan cuaca yang panas dan lembab. Di sisi lain, gaya desain modern mencerminkan interior yang up-to-date, teratur, bersih, dan minim dekorasi.

Ciri-ciri Desain Modern Tropis

Sumber: rumah123.com

Open Space

Desain yang menggabungkan elemen modern dan tropis ini menekankan pada konsep ruang terbuka, tidak peduli seberapa besar bangunannya. Ini membuat ruangan terasa lebih luas dan nyaman. Sirkulasi udara juga menjadi lebih lancar, sehingga aktivitas penghuni dapat berlangsung dengan lebih bebas.

Konsep ruang terbuka ini sangat penting, mengingat kecenderungan keluarga Indonesia yang gemar beraktivitas bersama-sama. Jika ada kebutuhan untuk meningkatkan privasi, biasanya partisi multifungsi atau yang sifatnya sementara akan digunakan.

Material Alam dan Lokal

Untuk bertahan dalam iklim tropis yang ekstrem, pemanfaatan material alami dari dalam negeri sangatlah penting. Ini karena negara ini adalah habitatnya. Dengan demikian, interior rumah akan lebih tahan lama dan memberikan nuansa tropis yang kuat.

Beberapa material yang umumnya digunakan termasuk kayu jati, bambu, rotan, batu bata, batu kali, dan batu candi. Material-material ini dapat diterapkan baik sebagai material bangunan maupun perabotan.

Furnitur dan Dekorasi Etnik

Furnitur dan dekorasi untuk desain interior tropis modern banyak didominasi oleh nuansa etnik. Contohnya adalah kursi anyaman rotan, lemari kayu jati, meja kayu dengan bentuk alami, keranjang rotan, bangku dari bambu, dekorasi pahatan, dan lainnya.

Jendela dan Ventilasi Udara Sangat Penting

Di negara tropis, sinar matahari biasanya sangat terik dan berlangsung sepanjang hari. Oleh karena itu, keberadaan jendela sangatlah penting karena memberikan akses cahaya matahari ke dalam ruangan. Ini juga membantu menghemat listrik.

Penting untuk berhati-hati dalam menggunakan skylight, karena posisi dan ukurannya dapat mempengaruhi suhu ruangan. Ventilasi udara, seperti jendela, lubang udara, atau kipas exhaust, juga sangat penting untuk menjaga kecerahan dan mencegah kelembapan yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bau yang tidak sedap.

Warna Hangat dan Ceria

Dibandingkan dengan desain interior lainnya, desain tropis modern ini cenderung ceria dalam hal warna. Namun, warnanya tetap hangat seperti terkena sinar matahari pagi.

Warna-warna khas tropis seperti hijau daun, biru laut, kuning, dan oranye sering digunakan. Biasanya dikombinasikan dengan putih atau cokelat untuk kesan yang lebih modern dan netral.

Permainan Motif yang Fun, Tapi Minimalis

Desain interior ini suka bermain dengan motif untuk menambah kesan menyenangkan. Beberapa motif yang populer termasuk daun tropis dan burung eksotis. Motif tersebut bisa diterapkan dalam warna-warni ceria atau sekadar siluet. Namun, harus berhati-hati agar tidak berlebihan sehingga kesan minimalis tetap terjaga.

Tanaman Indoor Khas Negara Tropis

Interior modern tropis seringkali didekorasi dengan tanaman indoor. Tanaman tersebut biasanya berasal dari negara tropis dan ditanam dalam pot minimalis yang modis.

Tanaman indoor tersebut umumnya memiliki daun hijau yang lebar atau panjang dan membutuhkan sinar matahari yang cukup. Contohnya adalah monstera, bromelia, palem hias, dan lidah mertua.

Baca Juga: Jiva at Tanakayu: Salah Satu Hunian Modern Tropis di BSD City

Tips Mewujudkan Nuansa Modern Tropis

Untuk menciptakan suasana modern dan tropis secara bersamaan, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan. Pertama, penting untuk memasang jendela dan sistem ventilasi udara agar rumah tetap sejuk dan terang pada siang hari. Pertimbangkanlah untuk menambahkan kawat penyaring serangga di jendela dan ventilasi udara untuk mencegah serangga masuk ke dalam rumah. Penempatan jendela juga perlu diperhatikan agar jumlah cahaya matahari yang masuk tidak terlalu berlebihan.

Selalu pilihlah material berkualitas tinggi, karena material tersebut harus mampu melawan serangan hama, kelembapan, dan perubahan cuaca yang ekstrem. Konsep ruang terbuka juga dapat diterapkan untuk menghubungkan area dalam rumah dengan halaman belakang, sehingga memudahkan untuk terhubung dengan alam. Sebagai contoh, penggunaan pintu kaca dapat menjadi penghubung antara ruang dalam dan halaman belakang.

Apakah Anda tertarik untuk menciptakan suasana Modern Tropis di rumah Anda? Wujudkan hunian impian Anda dengan mengunjungi ecatalog.sinarmasland.com 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Desain
article
7 Tips Menata Interior Apartemen Tipe Studio

Apartemen kini kian diminati sebagai hunian yang ideal bagi para kaum urban dengan mobilitasnya yang

Read More

16 December 2022

Desain
article
Cari rumah di Bogor dengan Desain Kamar Minimalis & Cozy!

Cari rumah di Bogor - Punya rumah baru dengan ruang keluarga dan tamu berkonsep cozy minimalist meru

Read More

08 February 2023

Desain
article
5 Ide Desain Dapur Minimalis Bikin Rumah Makin Kece!

Desain Dapur - Memiliki hunian yang nyaman merupakan impian banyak orang, termasuk kamu juga, bukan?

Read More

20 February 2023