pixel
Home/Articles/

Cari Tau Perbedaan Plester Dan Aci Disini!

Cari Tau Perbedaan Plester Dan Aci Disini!

01 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Perbedaan plester dan aci

Banyak orang masih keliru memahami perbedaan plester dan aci. Meski digunakan bersama dalam proses finishing dinding, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam bahan, cara aplikasi, dan fungsinya. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, simak penjelasan berikut

Apa Itu Plester?

Plester merupakan bahan campuran yang diaplikasikan pada permukaan dinding atau langit-langit untuk menghasilkan tampilan yang rata dan halus. Bahan ini umumnya dibuat dari campuran semen, pasir, air, dan bahan tambahan seperti serat atau bahan kimia untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanannya. Plester diaplikasikan dalam lapisan yang lebih tebal dibandingkan dengan aci dan biasanya memerlukan proses pengecatan setelah pengeringan untuk mencapai hasil akhir yang sempurna.

Apa Itu Aci?

Aci, atau "acian", adalah lapisan tipis bagaikan bedak pada tembok. Fungsinya untuk mempercantik dan melindungi plester atau beton dari cuaca. Aci terbuat dari campuran semen, pasir halus, dan bahan kimia khusus yang membuatnya tahan banting terhadap panas, hujan, dan angin. Tak hanya itu, aci juga bisa dicampur warna sesuai selera, lho! Jadi, tembokmu tak hanya kuat, tapi juga cantik dan menawan.

Perbedaan Plester Dan Aci 

1. Komposisi 

Perbedaan yang pertama adalah komposisinya. Untuk plesteran campuran utamanya menggunakan pasir, semen, dan air. Dan untuk bahan tambahan (opsional) yaitu kapur atau serat, tergantung kebutuhan dan jenis plesteran. Sedangkan bahan untuk aci adalah campuran utamanya semen dan air. Dan lebih banyak menggunakan air untuk meningkatkan kekuatan.

2. Ketebalan

Plesteran umumnya lebih tebal, dengan kisaran 20-25 mm, bahkan bisa lebih tergantung kebutuhan konstruksi. Acian lebih tipis, dengan kisaran 5-15 mm, yang dipengaruhi jenis acian dan permukaan dinding yang dilapisi.

Fungsi Plester dan Aci

Plester dan aci merupakan dua tahap penting dalam finishing dinding, meskipun memiliki fungsi yang berbeda.

Plester berfungsi untuk menutupi permukaan kasar dan meratakan dinding. Hasilnya, permukaan menjadi halus dan siap untuk dilapisi cat, wallpaper, atau dekorasi lainnya.

Aci merupakan lapisan akhir yang memberikan sentuhan estetis pada dinding. Aci juga berfungsi melindungi dinding dari kerusakan akibat cuaca dan faktor lingkungan lainnya.

Nah itu dia perbedaan plester dan aci. Yuk kunjungi website ecatalog.sinarmasland.com untuk tau informasi lainnya seputar properti. 

 

 






Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Berita Terkini
article
Kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

Berita Terkini
article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Kerjasama, Persewaan di BSD City Lebih Mudah

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022

Berita Terkini
article
Sinar Mas Land Raih Penghargaan FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards 2022

BSD City, 14 Desember 2022 – Berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan pelayanan yang bai

Read More

26 December 2022