pixel
Home/Articles/

Apa Itu Wall Panel? Kenali Jenis dan Kegunaannya!

Apa Itu Wall Panel? Kenali Jenis dan Kegunaannya!

18 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
wall panel, apa itu wall panel, jenis wall panel

charlesandivy.co.uk

Apakah Anda bosan dengan penampilan dinding rumah yang terlihat kurang menarik, tetapi enggan untuk melakukan pengecatan ulang setiap tahun? Jika ya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan wall panel sebagai solusi alternatif. Pemasangan wall panel juga dapat berfungsi sebagai cara untuk menyembunyikan kerusakan yang mungkin ada pada dinding, seperti cat yang memudar, lapisan semen yang mengelupas, atau bahkan lubang-lubang pada dinding.

Apa Itu Wall Panel?

Secara sederhana, wall panel merupakan lembaran papan yang memiliki motif dan struktur tertentu. Umumnya, wall panel memiliki dimensi tiga dimensi (3D), yang memberikan kesan volume tambahan pada dinding. Ketebalan dari setiap lembar wall panel dapat bervariasi, mulai dari 8 mm hingga 15 mm. Bahkan, jika Anda memesan secara khusus, Anda dapat memperoleh wall panel dengan ketebalan 18 mm. Pemasangan wall panel cocok untuk berbagai gaya desain hunian, termasuk desain yang sederhana, minimalis, modern, maupun desain Japandi (Japanese Scandinavian).

Baca Juga: 3 Rekomendasi Wall Panel WPC untuk Kamar Tidur

Jenis Wall Panel

Kini, mencari wall panel yang sesuai dengan keinginan Anda tidaklah sulit. Berbagai corak dan motif tersedia karena sebagian besar motif wall panel diproduksi secara komputerisasi. Anda hanya perlu mempertimbangkan pilihan bahan dasarnya. Berikut adalah beberapa jenis wall panel dari segi material dasarnya yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Simak sampai habis, ya!

Tile Board

Toned White Tile Board | White wall paneling, White tiles, Wall paneling

Sumber: pinterest.com

Meskipun umumnya dikenal dengan istilah tile board, wall panel sebenarnya terbuat dari papan MDF (Medium Density Fiberboard) yang dilapisi dengan melamin. Dengan demikian, penggunaan wall panel akan memberikan kesan seperti penggunaan ubin keramik pada dinding rumah Anda.

Wall panel jenis ini sangat cocok untuk diterapkan pada interior dapur, kamar mandi, atau bahkan di kafe. Selain berfungsi sebagai penutup dinding, wall panel ini juga mampu menahan air, menjadikannya multifungsi. Penggunaan tile board akan memberikan sentuhan mewah dan elegan pada interior ruangan, meskipun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis wall panel lainnya.

GRC

wall panel GRC

Sumber: wallpapergordyn.com

Ini adalah tipe wall panel yang terdiri dari campuran beton dan serat kaca, dikenal sebagai GRC (Glass Reinforced Concrete). Salah satu keunggulan penggunaan material GRC pada dinding adalah ketahanannya yang tak tertandingi. Selain itu, GRC juga merupakan pilihan yang lebih aman karena tidak mudah terbakar atau meledak ketika terpapar panas. Hal yang tak kalah penting, wall panel GRC memiliki kemampuan untuk meredam panas dan suara, sehingga sangat cocok untuk menjaga privasi di dalam hunian.

Fiber Plant

3D Wall Panels Plant Fiber Wave Tiles Brick Wallpaper For Wall Decoration  Board Pack of 6 Tiles 32 Sq.Ft - AliExpress 15

Sumber: id.aliexpress.com

Apakah memasang wall panel di rumah akan menghabiskan banyak biaya? Tidak perlu khawatir, terutama jika Anda memilih wall panel yang terbuat dari bahan fiber plant. Jenis wall panel ini termasuk pilihan yang ekonomis. Selain itu, wall panel berbahan fiber plant juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dengan mudah. Cobalah untuk mengaplikasikan wall panel ini pada interior rumah dengan gaya Japandi, pasti akan cocok dengan sempurna!

Gypsum

Gypsum Wall Home Panel at best price in Panvel by Etehad Gypsum | ID:  10648776512

Sumber: indiamart.com

Wall panel jenis ini terbuat dari kombinasi kertas yang dihancurkan menjadi pasta, kemudian direkompakkan menggunakan campuran bahan lainnya. Salah satu keunggulan dari wall panel gypsum adalah beratnya yang ringan, sehingga memudahkan dalam pemasangannya. Bahan ini juga mudah dibersihkan dengan cara membilasnya menggunakan kain lap yang telah dibasahi separuh atau dengan menggunakan penyedot debu.

Tidak hanya itu, wall panel gypsum juga efektif dalam meredam suara, membuatnya sangat cocok untuk ruangan studio atau home theater. Namun, perlu diingat bahwa material gypsum tidak tahan terhadap air dan mudah rapuh, sehingga sebaiknya tidak dipasang di kamar mandi atau dapur.

Beton Konkret

Interior Decorative Panel DUO MUR Design Wall-mounted Wood, 43% OFF

Sumber: tclnigerialtd.com

Jenis wall panel yang terakhir terbuat dari beton konkret. Jelas ini merupakan bahan yang kuat, tahan perubahan cuaca, dan juga tidak mudah rusak. Karena berbagai keunggulan tersebut, jenis wall panel ini bisa dipakai di area outdoor, seperti teras rumah. Meskipun kuat dan tahan lama, nyatanya biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membeli jenis wall panel ini lebih murah dibandingkan wall panel sejenis dari bahan lain.

Tertarik memasang wall panel di rumah? Jangan lupa sesuaikan jenisnya dengan kondisi ruangan atau areanya, ya. Pastikan pula kamu memilih motif yang cocok dengan desain interior ruanganmu! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Our Property

The Loop BSD Type Standard 40
The Loop BSD Type Standard 40

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 102m2
Ruko

Start from 
Rp 2.469.826.000
The Loop BSD Type Balcony 41
The Loop BSD Type Balcony 41

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 127m2
Ruko

Start from 
Rp 2.895.668.000
The Loop BSD Type Hoek 40
The Loop BSD Type Hoek 40

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 102m2
Ruko

Start from 
Rp 2.469.826.000

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022