pixel
Home/Articles/

5 Rekomendasi Taman Kota Terbaik di Jakarta

5 Rekomendasi Taman Kota Terbaik di Jakarta

02 July 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
taman kota jakarta, rekomendasi taman di jakarta

travel.tempo.co

Pemandangan jalan raya yang penuh sesak dan permukiman padat penduduk masih sering kita lihat di Jakarta. Rasanya sulit menemukan ruang terbuka yang sejuk, rimbun, dan asri di kota metropolitan ini. Namun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, terdapat 2.151 taman kota yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Dari ribuan taman kota tersebut, banyak yang menjadi favorit pengunjung karena nuansa alaminya yang asri dan fasilitas lengkap tanpa biaya sepeser pun. Yuk, simak 5 rekomendasi taman kota terbaik di Jakarta berikut ini!

1. Tebet Eco Park

7 Rekomendasi Taman Kota Terbaik di Jakarta yang Nyaman dan Gratis

Sumber: smartcity.jakarta.go.id

Diresmikan pada tahun 2022, Tebet Eco Park langsung menarik perhatian dengan keindahannya. Taman yang ramah anak ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan mampu menampung hingga 5.000 pengunjung pada akhir pekan dan 4.000 pengunjung pada hari kerja. 

Taman ini memiliki 8 zona untuk berbagai aktivitas, seperti area pertemuan dan tempat makan di Plaza Area, area jogging dan jalan santai di Infinity Link Bridge, tempat hangout dan piknik di Community Lawn, area bermain khusus anak di Children Playground, jembatan di atas air di Wetland Boardwalk, taman tematik untuk healing di Thematic Garden, menikmati alam di Forest Buffer, dan area olahraga treadmill di Outdoor Fitness.

Tidak mengherankan jika Tebet Eco Park dinobatkan sebagai Design of The Year 2023 oleh penghargaan bergengsi President's Design Award Singapore. Dengan luas 7,3 hektar, taman ini juga menarik perhatian para pengendara di malam hari dengan lampu terang yang mengelilingi Infinity Link Bridge. Berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, taman ini bisa dinikmati secara gratis dengan registrasi dan penjadwalan melalui aplikasi JAKI.

  • Lokasi: Jl. Tebet Barat Raya, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Sesi 1 (06.00 - 11.00 WIB), Sesi 2 (13.00 - 18.00 WIB)

2. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu | Jakarta Tourism

Sumber: jakarta-tourism.go.id

Dulu terlihat suram, taman yang terletak di kawasan Blok M ini telah mengalami perubahan besar. Setelah dibuka kembali pada September 2022 setelah revitalisasi, taman ini diberi nama Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, atau lebih dikenal sebagai Taman Literasi Blok M. Sekarang, Taman Literasi Blok M selalu ramai pengunjung.

Berbagai kalangan, mulai dari muda-mudi, dewasa, hingga keluarga, sering mengunjungi taman ini. Selain untuk berfoto dan bersantai, taman ini juga menjadi tempat berbagai kegiatan seperti workshop, lomba, diskusi publik, dan bazaar. Taman ini dilengkapi dengan perpustakaan, ruang baca dan diskusi, taman untuk healing, area amfiteater, toko buku, dan kedai kopi.

Taman Literasi Blok M juga ramah anak dengan adanya area bermain khusus untuk anak-anak. Fasilitas pendukung seperti musholla dan toilet membuat pengunjung nyaman menghabiskan waktu di taman ini. Lokasinya yang strategis di samping kawasan M Bloc dan dekat dengan Terminal Blok M membuatnya mudah dijangkau menggunakan transportasi publik seperti bus TransJakarta, MRT, dan KRL. Taman ini memiliki suasana yang tenang, bahkan terlihat indah dari pinggir jalan. Dengan fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah, Taman Literasi Blok M bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati waktu libur Anda.

  • Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Melawai, Jakarta Selatan. 
  • Jam operasional: 07.00 - 22.00 WIB

Cari Apartemen di Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya dengan harga terbaik? Cek disini!

3. Taman Suropati

7 Rekomendasi Taman Kota Terbaik di Jakarta yang Nyaman dan Gratis

Sumber: smartcity.jakarta.go.id

Sejuk dan asri adalah dua kata yang paling tepat untuk menggambarkan Taman Suropati. Dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan kolam air mancur yang indah, taman ini adalah tempat yang sempurna untuk mencari udara segar di tengah teriknya matahari dan polusi Jakarta.  Anda juga bisa merasakan suasana liburan di luar negeri dengan memberi makan burung merpati yang bersarang di sekitar taman. Taman Suropati juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track, WiFi spot, halte bus TransJakarta, musala, dan berbagai jajanan yang dijual di sekitar taman.

  • Lokasi: Jl. Taman Suropati, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam operasional: 06.00 - 17.00 WIB

4. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK: Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas - Travel Tempo.co

Sumber: travel.tempo.co

Ingin menikmati pemandangan luas dengan gedung-gedung tinggi di sekitarnya? Hutan Kota GBK bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bersantai. Terletak di kawasan Gelora Bung Karno, Hutan Kota GBK memiliki luas 4,5 hektar dan terbagi menjadi dua bagian: 1,3 hektar dikelola oleh Pusat Pengelolaan Kompleks GBK dan 3,2 hektar sisanya dikelola oleh Plataran Indonesia.

Akses ke Hutan Kota GBK yang terletak di kawasan GBK Arena sangat mudah dijangkau dengan MRT dan Bus Transjakarta, menjadikannya tempat yang ramai terutama saat jogging pagi, jogging sore, dan akhir pekan. Banyak orang juga datang hanya untuk duduk-duduk santai atau piknik kecil.

  • Lokasi: Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat 
  • Jam operasional: 06.00 - 18.00 WIB

5. Tribecca Park

TRIBECA PARK | CENTRAL PARK MALL JAKARTA

Sumber: centralparkjakarta.com

Tribeca Park menawarkan suasana taman yang unik dan berbeda. Dikelilingi oleh bangunan Mall Central Park, Tribeca Park tampil megah dengan arsitektur pusat perbelanjaan mewah, dilengkapi tempat duduk luas, kolam ikan yang berisi ratusan koi berwarna-warni, dan lampu-lampu yang menawan. Dikenal sebagai taman yang ramah hewan, Tribeca Park sering menjadi spot favorit untuk berfoto, tempat pertemuan, serta duduk santai bersama keluarga, pasangan, atau teman. Taman ini juga memiliki fasilitas ramah disabilitas seperti jalur khusus untuk kursi roda.

Dikelilingi oleh berbagai restoran dan kafe, sebagian besar pengunjung Mall Central Park yang melintas tidak bisa menolak untuk melihat keindahan taman ini, terutama menjelang malam saat lampu-lampu taman dan seluruh kawasan mal mulai menyala. Tidak heran, Tribeca Park selalu menjadi daya tarik utama.

  • Lokasi: Mall Central Park, Letjen S. Parman, Jakarta Barat
  • Jam operasional: 10.00 - 22.00 WIB

Baca Juga:

Ruang terbuka hijau memberikan manfaat besar, tidak hanya bagi warga Jakarta tetapi juga untuk kelestarian alam. Sekarang, Anda tidak perlu bingung mencari tempat untuk berolahraga, bermain dengan keluarga, atau sekadar bersantai di lingkungan yang sejuk dan asri. Itulah daftar taman kota terbaik di Jakarta yang dapat Anda kunjungi. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Our Property

Altuera Studio - Unit A/B/C/D/E/F/G
Altuera Studio - Unit A/B/C/D/E/F/G

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Property Area: 30m2
Apartment

Start from 
Rp 1.271.591.300
Altuera Studio - Unit J/K/L/M/N/O/P/Q/R/S/T/U/V/W
Altuera Studio - Unit J/K/L/M/N/O/P/Q/R/S/T/U/V/W

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Property Area: 31m2
Apartment

Start from 
Rp 1.262.694.300
Altuera Studio Loft - Unit A/B/C/H/I/J/K/L/M/N
Altuera Studio Loft - Unit A/B/C/H/I/J/K/L/M/N

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Property Area: 44m2
Apartment

Start from 
Rp 1.659.240.000
Altuera 1BR - Unit X
Altuera 1BR - Unit X

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Property Area: 44m2
Apartment

Start from 
Rp 1.728.727.000
Altuera 1BR - Unit I
Altuera 1BR - Unit I

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Property Area: 53m2
Apartment

Start from 
Rp 2.152.378.800

Promotions

taman kota jakarta, rekomendasi taman di jakarta

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022