pixel
Home/Articles/

5 Inspirasi Desain Rumah Scandinavian, Minimalis dan Aesthetic!

5 Inspirasi Desain Rumah Scandinavian, Minimalis dan Aesthetic!

15 July 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
desain rumah scandinavian, desain rumah minimalis, desain scandinavian adalah

scgcbm.id

Desain rumah Scandinavian semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tampilannya yang estetik dan kemampuannya untuk memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Tak heran jika banyak developer kini mengembangkan perumahan baru dengan konsep desain ini, baik untuk rumah Scandinavian 1 lantai maupun 2 lantai. Jika Anda tertarik untuk menerapkan desain ini, penting untuk memahami lebih lanjut tentang rumah Scandinavian. Artikel ini akan membahas apa itu desain Scandinavian dan beberapa inspirasi desain yang bisa Anda terapkan.

Apa Itu Desain Scandinavian?

Desain Scandinavian adalah desain yang pendekatannya berasal dari negara-negara Skandinavia, seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia. Gaya ini dikenal dengan kecenderungan garis bersih dan sederhana, minimalis, dan menciptakan ruangan yang terkesan terang dan lapang. Karakteristik utama dari desain ini adalah penggunaan warna netral, seperti putih, abu-abu, dan beige, yang memberikan kesan bersih dan rapi. Selain itu, desain ini sering menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu, yang menambahkan kehangatan pada ruangan.

Platform Jual Beli Properti di Jakarta, Tangerang, Surabaya, Batam, Bogor: eCatalog Sinarmas

Saat ini, gaya Scandinavian begitu populer karena desainnya minim clutter (berantakan) dan banyak menggunakan warna netral. Pendekatan ini tidak hanya estetis, tetapi juga fungsional, menciptakan suasana tenang dan rileks di dalam rumah. Dengan tata letak yang efisien dan penggunaan perabotan yang multifungsi, desain Scandinavian mampu memaksimalkan setiap ruang yang ada. Hasilnya adalah sebuah lingkungan yang nyaman dan harmonis, ideal bagi mereka yang menginginkan kedamaian dan ketenangan di tengah kesibukan sehari-hari.

Inspirasi Desain Rumah Scandinavian

Karakteristiknya yang minimalis, penggunaan warna netral, dan penekanan pada fungsionalitas dan kenyamanan membuat desain ini sangat cocok untuk menciptakan suasana tenang dan rileks di dalam rumah. Jika Anda tertarik untuk mengadopsi desain rumah Scandinavian, simak 5 inspirasi desainnya di bawah ini:

1. Desain Rumah Scandinavian 1 Lantai

12 Desain Rumah Mewah 1 Lantai Gaya Eropa, Elegan dan Mempesona

mitra10.com

Rumah Scandinavian 1 lantai bisa menjadi opsi untuk hunian super nyaman yang terlihat simpel. Bentuk bangunan berupa persegi panjang dapat terlihat memukau bila dilengkapi dengan atap miring serta sentuhan material kaca, yang tidak hanya menambah estetika tetapi juga memaksimalkan pencahayaan alami. Tak lupa, aplikasikan bahan kayu pada bangunan yang memang menjadi ciri khas dari rumah Scandinavian, menambah kesan hangat dan alami. Meskipun hanya terdiri dari satu lantai, pastikan penataan interiornya dibuat senyaman mungkin serta minim sekat supaya menghindari kesan sempit. Dengan pendekatan ini, Anda dapat menciptakan ruang yang lapang dan fungsional, ideal untuk gaya hidup yang tenang dan rileks.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Meja Dapur Letter L yang Estetik!

2. Dominan Material Kayu

Mengenal Info Tentang Rumah Scandinavian, Rumah Masa Kini

scgcbm.id

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, rumah Scandinavian juga kerap menggunakan material alami sebagai bagian dari bangunan. Biasanya, penggunaan material kayu yang dominan bisa kita temukan pada konsep rumah yang satu ini. Penggunaan bahan baku kayu menambah kesan alami dan hangat pada hunian, menciptakan atmosfer yang nyaman dan mengundang. Tak hanya itu, menggunakan kayu juga dapat menambah kesan rumah menjadi lebih nyaman dan harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Selain kayu, gaya Scandinavian juga banyak menggunakan material kaca. Penggunaan jendela besar, bahkan nyaris menyatu dengan dinding rumah, menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Adanya jendela-jendela besar juga turut memudahkan pencahayaan alami untuk masuk ke seluruh area rumah, menciptakan ruang yang terang dan lapang sepanjang hari.

Cari Rumah di Balikpapan dengan harga terbaik? Cek disini!

Our Property

Hayfield Type 47 (Tahap 3)
Hayfield Type 47 (Tahap 3)

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 47m2
Residential

Start from 
Rp 989.984.000
Hayfield Type 88
Hayfield Type 88

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 88m2
Residential

Start from 
Rp 1.802.193.000
Cheville Type 86 (LT 247)
Cheville Type 86 (LT 247)

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 86m2
Residential

Start from 
Rp 3.299.667.000
Cheville Type 69
Cheville Type 69

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 69m2
Residential

Start from 
Rp 3.053.424.000
Cheville Tipe 86
Cheville Tipe 86

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 86m2
Residential

Start from 
Rp 3.167.134.000
Nordville Tipe 88
Nordville Tipe 88

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 88m2
Residential

Start from 
Rp 2.997.199.000
Nordville Tipe 117
Nordville Tipe 117

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 117m2
Residential

Start from 
Rp 2.288.305.000
Nordville Tipe 172
Nordville Tipe 172

Balikpapan, Kalimantan Timur

Property Area: 172m2
Residential

Start from 
Rp 3.188.409.000

3. Desain Rumah Warna Netral

5 Prinsip Desain Skandinavia yang Harus Kamu Ikuti!

dekoruma.com

Berbeda dengan rumah minimalis modern yang cenderung berkutik pada skema ragam warna cat minimalis, rumah Scandinavian lebih menggunakan warna netral yang tenang. Warna hitam, putih, dan cokelat khas kayu adalah warna-warna yang cukup banyak digunakan dalam desain ini. Bukan tanpa sebab, penggunaan warna netral dinilai dapat mempertahankan kesederhanaan dan menyatu dengan alam. Warna-warna tersebut menciptakan suasana yang tenang dan rileks, membuat penghuni merasa nyaman. Penggunaan warna yang cenderung netral juga mampu membuat tampilan rumah menjadi lebih modern dan elegan. Tampilan interior rumah dengan warna-warna netral seperti putih dan abu-abu membuat perumahan ini terlihat lebih bersih, terang, dan lapang, memberikan kesan ruang yang lebih besar dan tertata rapi.

Baca Juga: 5 Desain Rumah Modern Tropis Terbaru

4. Desain Interior Scandinavian Fungsional

Cantiknya Desain Dapur Scandinavian Untuk Rumah Mewah 2021 - ARSITAG

arsitag.com

Tak hanya bagian eksterior yang mengusung prinsip sederhana, bagian interior rumah Scandinavian juga erat dengan kesan serupa. Meski tampilannya cenderung simpel, konsep Scandinavian ini mengedepankan fungsionalitas dari setiap ruangan. Setiap elemen dalam rumah dirancang untuk memaksimalkan penggunaan ruang dengan efisien. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan setiap sudut rumah untuk menjadi area fungsional, seperti ruang baca atau kebutuhan lainnya. Penggunaan smart furniture juga biasa ditemukan pada konsep ini, di mana perabotan tidak hanya memiliki desain yang estetis tetapi juga fungsional. Misalnya, meja lipat yang dapat berubah menjadi rak buku atau tempat penyimpanan yang tersembunyi di bawah tempat tidur, semua dirancang untuk menciptakan ruang yang praktis dan multifungsi.

Baca Juga: 5 Desain Rumah Biofilik, Sejuk Walau Tanpa AC

5. Desain Interior dengan Lantai Terang

7 Ciri Khas Scandinavian Interior yang Sedang Ngehits!

dekoruma.com

Pemilihan lantai dalam desain rumah Scandinavian memainkan peran penting untuk menciptakan kesan cerah dan luas. Penggunaan material kayu keras, marmer, dan lantai vinyl dengan warna cerah atau dicat putih menjadi pilihan utama untuk mencapai efek ini. Lantai yang terang membantu memantulkan cahaya alami, membuat ruangan terasa lebih terbuka dan lapang. Selain itu, lantai berwarna cerah juga memperkuat estetika minimalis dan modern dari desain Skandinavia. Agar tampilannya terlihat bersih dan harmonis, sebaiknya lantai dan dinding memiliki warna yang senada. Kombinasi ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang rapi tetapi juga menyatu dengan elemen desain lainnya, seperti furnitur dan dekorasi, untuk menghasilkan suasana yang tenang dan nyaman di seluruh rumah.

Demikian inspirasi desain rumah scandinavian yang bisa jadi inspirasi untuk hunian Anda. Semoga bermanfaat ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Promotions

desain rumah scandinavian, desain rumah minimalis, desain scandinavian adalah

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit dari Sinar Mas Land Tahun 2024 | Investasi Properti

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Kerjasama, Persewaan di BSD City Lebih Mudah

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022