pixel
Home/Articles/

5 Cara Mudah Menjernihkan Kembali Air Kolam Ikan

5 Cara Mudah Menjernihkan Kembali Air Kolam Ikan

26 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
cara menjernihkan air kolam ikan, cara membersihkan kolam ikan, cara merawat kolam ikan

scgcbm.id

Air kolam ikan sering kali berubah menjadi hijau jika jarang dibersihkan. Salah satu metode untuk mengatasi air kolam ikan yang berwarna hijau adalah dengan mengurangi paparan sinar matahari langsung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wijayanti dan Murwantoko tentang Struktur Komunitas Plankton pada Air Kolam Ikan Lele yang Berbeda Warna, warna hijau pada air kolam ikan dapat disebabkan oleh pertumbuhan alga hijau.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau, silakan baca artikel ini hingga selesai.

Cara Menjernihkan Air Kolam Ikan Berwarna Hijau

Kolam ikan seringkali menghadapi masalah perubahan warna air menjadi hijau, yang dapat timbul karena kurangnya kebersihan kolam dan berpotensi membahayakan ikan. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi masalah ini. Berikut beberapa cara untuk menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau.

1. Menggunakan Filter Air

Menggunakan filter dan sistem sirkulasi air merupakan salah satu metode untuk menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung keseimbangan biologis air, meningkatkan distribusi oksigen, dan menjaga suhu tetap stabil. Selain itu, penggunaan filter air juga berperan penting dalam menjaga kebersihan air kolam dengan menyaring kotoran dan mikroorganisme berbahaya yang dapat membahayakan ikan.

2. Menyediakan Sumber Air Berkualitas

Metode lain untuk menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau adalah dengan memperhatikan kualitas sumber air yang digunakan. Hal ini dikarenakan kualitas air dapat mempengaruhi warna air di dalam kolam. Sebaliknya, penggunaan sumber air yang tidak terpilih dengan baik dapat meningkatkan populasi alga hijau. Oleh karena itu, untuk mengurangi pertumbuhan alga, penting untuk menggunakan sumber air yang berkualitas dan rutin menggantinya minimal sekali seminggu.

Mau Membuat Kolam Koi, Harus Mulai Dari Mana?

Sumber: dekoruma.com

3. Menghindari Cahaya Matahari

Salah satu langkah lain dalam menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau adalah mengurangi paparan langsung sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari dapat mempercepat pertumbuhan alga. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan tumbuhan air atau kanopi sebagai penghalang untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam.

4. Membersihkan secara Berkala

Langkah selanjutnya dalam menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau adalah dengan melakukan pembersihan secara teratur untuk menjaga kualitas air dan kenyamanan ikan. Selain itu, disarankan untuk membersihkan kolam setidaknya sekali sebulan. Tujuannya adalah untuk mengurangi kandungan amonia dalam air yang dapat menyebabkan perubahan warna air menjadi hijau.

5. Manajemen Makanan Ikan

Langkah terakhir dalam menjernihkan air kolam ikan yang berwarna hijau adalah mengatur manajemen pemberian makanan kepada ikan secara harian. Hal ini karena sisa makanan yang tidak terkonsumsi oleh ikan dapat menyebabkan penumpukan kotoran di permukaan kolam. Untuk itu, disarankan untuk memberikan makanan kepada ikan sebanyak 2-3 kali sehari dengan porsi yang sesuai, yaitu sekitar 3%-5% dari berat badan total ikan.

Demikian penjelasan mengenai cara menjernihkan air kolam ikan berwarna hijau yang bisa kamu lakukan. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022