pixel

Notifikasi

Tidak Ada Notifikasi
Home/Articles/

Tips Memilih Ruko Yang Tepat

Tips Memilih Ruko Yang Tepat

20 January 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Memilih Ruko yang Tepat

Cari Ruko untuk Buka Bisnis Coffee Shop? Ini Tips Memilih Ruko yang Tepat Agar Bisnis Laris Manis

 

Coffee Shop adalah bisnis yang menyediakan berbagai minuman kopi dan tidak jarang juga menyediakan makanan/kue sebagai pelengkap kopi, biasanya coffee shop dijadikan tempat untuk bersantai.

Bisnis coffee shop sekarang ini sangat  diminati dan potensi bisnis di indonesia juga sangat menguntungkan. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak, dan untuk penghasilan harian yang menguntungkan. Menu yang dibuat juga tidak sulit jadi memudahkan kamu untuk melakukan training ke pegawai. tetapi tidak sedikit dari bisnis ini tutup, atau mengalami kegagalan.

Salah satu penyebab terbesar kegagalan bisnis Coffee Shop adalah tingginya jumlah bisnis yang dibuka tanpa adanya rencana bisnis yang dijalankan dengan baik. Rencana untuk buka bisnis coffee shop dimulai dengan menentukan ruko yang tepat untuk coffee shop mu agar bisnis laris manis.

 

1. Tentukan Apakah Membutuhkan Bagian Depan Ruko

Menyewa atau sewa akan selalu menjadi salah satu pengeluaran tertinggi yang dimiliki pada bisnis coffee shop kita. Banyak bisnis sukses dimulai dari rumah, ruang cadangan, atau garasi, bahkan berjualan di pasar. Bisnis ini bahkan tidak pernah membutuhkan etalase toko. 

Dengan pertumbuhan yang sangat besar pasar online, kemampuan untuk menguji produk atau penawaran kita secara digital melalui situs web dan media sosial menjadi lebih populer dan bermanfaat dari sebelumnya. Kehadiran media sosial tidak membebani kita (kecuali jika kita beriklan) dan dikombinasikan dengan bekerja sama dengan marketplace, ini akan memberikan kita fleksibilitas untuk mengendalikan biaya di masa-masa awal.

Jika kita telah melakukan digital dan kita siap untuk tahap berikutnya, atau kita bekerja di industri dimana digital bukanlah pilihan, maka sekarang saatnya fase perencanaan dan penelitian mulai berjalan. Kita perlu meneliti,  jika lupa, teliti kembali secara berulang. 

2. Cari Tahu Lokasi Yang Strategis dan Terbaik

Sejumlah faktor harus memikirkan pilihan lokasi ruko untuk bisnis coffee shop yang terbaik. Pertimbangan utama adalah apakah bisnis coffee shop kita perlu berada di lokasi utama. Lokasi prima berarti biaya sewa yang tinggi, yang dapat menguras keuangan bisnis apa pun. 

Disisi lain, jika target pasar kita tidak memerlukan lokasi pusat kota atau memiliki konsep asri yang bukan di tengah kota, kita dapat berada di luar area utama. Ini akan mengurangi biaya bisnis kita dan akan terlihat bagus untuk keuntungan bisnis kita. 

3. Pertimbangan Fitur Lokasi Apa Saja yang Penting Bagi Bisnis Kita

Ada beberapa faktor lokasi tambahan yang perlu dipertimbangkan agar bisnis coffee shop mu laris manis.

Tanyakan pada diri kita pertanyaan-pertanyaan ini.

  • Apakah kita  perlu lokasi yang berada di dekat transportasi umum?
  • Apakah kita perlu memiliki tempat parkir bagi karyawan dan pelanggan?
  • Jika kita membuka tempat makan atau cafe, apa yang ada disekitar kita yang dapat mempengaruhi bisnis kita?
  • Apakah lokasi bisnis kita ada bisnis lain, seperti kantor atau rumah sakit, yang meningkatkan perdagangan?

Sebaiknya luangkan waktu untuk mengamati area tersebut sebelum kita membuat keputusan. Pantaulah setiap hari dalam seminggu selama tujuh hari dan awasi jalanan. Jam berapa sibuk dan jam berapa sepi? Bicaralah dengan bisnis lain di area tersebut dan tanyakan seperti apa perdagangan selama liburan sekolah dan libur Nasional karena hal ini dapat menyebabkan masalah.

4. Hitung Berapa Banyak Ruang yang Dibutuhkan Pada Bisnis Kita

Hal penting lainnya untuk dipikirkan adalah berapa banyak ruang yang kita perlukan. Lebih besar tidak selalu lebih baik. Setiap bisnis memiliki kebutuhan ruang yang berbeda.

Jika kita beli ruko di Kota Wisata, dan memilih ruko yang lebih besar, itu bisa jadi kita kurang bisa menjalankannya sendiri. Kita mungkin perlu mempekerjakan staf untuk menangani pelanggan di ruang yang lebih besar, dan ini akan membebani kita lebih banyak uang sebagai upah.

Ruang yang lebih besar juga dapat menimbulkan kebutuhan untuk membeli lebih banyak barang dagangan di ruang lingkup penjualan, atau lebih banyak kursi dan meja di kedai kopi atau restoran. Ruang besar juga memiliki pengeluaran utilitas yang lebih besar. Pemanasan atau pendinginan area yang luas sangat mahal.

Jika kita perlu mereparasi ruko pada tahap tertentu, hal ini juga dapat mempengaruhi biaya. Memasang kembali ruang yang besar akan jauh lebih mahal daripada memasang kembali yang kecil.

Apakah kita menginginkan ruko dua tingkat? Ini bisa menarik secara estetik, tetapi ini terkenal sulit dijalankan dan memiliki segala macam masalah akses kesehatan dan keselamatan kerja.

5. Putuskan Antara Strip shopping atau Pusat Perbelanjaan

Beberapa tahun yang lalu sangat menyarankan agar usaha kecil menjauh dari pusat perbelanjaan besar setidaknya selama lima tahun pertama perdagangan, karena pengekangan dan tuntutan banyak pusat tempat usaha besar.

Namun kini pusat perbelanjaan telah memposisikan diri menjadi jauh lebih lokal dan terlibat dalam komunitas. Department store besar telah mengembalikan ruang dan pusat perbelanjaan mencari penawaran unik dan titik perbedaan yang dibawa oleh bisnis kecil.

 

Kalian Ingin cari Ruko yang Tepat? Cek Sinarmas Land Aja

 

Setelah kita beli ruko di Kota Wisata, kita juga akan bersemangat untuk melengkapinya. Meskipun kita semua memiliki impian dan visi kita sendiri tentang seperti apa ruko atau fasilitas yang seharusnya. Pada awalnya tetap sederhana dan untuk menjaga biaya tetap terkendali. Kita selalu dapat meningkatkan seiring pertumbuhan bisnis!

Jika kamu minat mencari apartemen kamu bisa beli ruko di Kota Wisata, kami merekomendasikan kamu untuk membelinya di sinarmas land, Berikut rekomendasi kami : 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
True multi-tenant business loft, konsep loft yang tepat buat buka usaha lebih dari satu

Capital Cove at BSD City, merupakan properti business loft yang dikembangkan oleh Sinar Mas La

Read More

27 July 2022

article
Capital Cove Business Loft BSD, Cocok untuk Buka Usaha Start up!

Seiring dengan kebutuhan ruang perkantoran yang tinggi di BSD City, terlihat dengan terjual habisnya

Read More

07 November 2022

article
Business Loft BSD Berkonsep Moderen dijual mulai 15 Miliar!

Business Loft BSD - Semakin berkembangnya jaman, semakin naik pula harga permintaan pasar. Pas

Read More

23 November 2022