pixel
Home/Articles/

Rincian Biaya Renovasi Rumah di 2024

Rincian Biaya Renovasi Rumah di 2024

24 October 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
biaya renovasi rumah 2024

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai rumah impian, salah satunya dengan melakukan perbaikan rumah. Terutama jika rumah yang saat ini Anda tinggali sudah berusia lama. Renovasi rumah diperlukan untuk memastikan masa pakai rumah yang Anda miliki bisa diperpanjang dan bahkan diwariskan ke generasi mendatang.

Namun, renovasi rumah bukanlah hal yang bisa dianggap remeh dalam hal biaya, meskipun merupakan cara untuk menghemat pengeluaran dalam upaya mewujudkan rumah impian. Diperlukan perencanaan yang cermat dan terperinci sebelum Anda memutuskan untuk merenovasi rumah.

Perencanaan ini terutama berkaitan dengan estimasi biaya atau anggaran yang dibutuhkan agar renovasi rumah dapat sesuai dengan harapan Anda. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan untuk merenovasi rumah. Berikut adalah perkiraan rincian biaya renovasi rumah

Cari Properti di BSD dengan harga terbaik? Cek disini!

Perhitungan Estimasi Biaya Renovasi Rumah

Untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai biaya yang diperlukan untuk renovasi rumah, penting untuk membuat rincian mengenai hal-hal yang memerlukan pembayaran, atau yang umum dikenal sebagai RAB (Rancangan Anggaran Biaya).

Biaya Tenaga Kerja

Ketika merencanakan renovasi rumah, penting untuk memahami beberapa metode pembayaran yang diterapkan terkait dengan pekerjaan renovasi. Metode pembayaran ini mencakup pembayaran harian, pembayaran berdasarkan proyek, dan pembayaran penuh.

Dalam pembayaran harian, tarif biasanya berkisar antara Rp125.000 hingga Rp150.000 per hari, tanpa termasuk biaya material. Sedangkan untuk pembayaran berdasarkan proyek, biaya yang dikenakan akan disesuaikan dengan luas proyek renovasi rumah. Untuk pembayaran penuh, yang mencakup biaya jasa dan material, tarifnya dapat bervariasi tergantung pada jenis material yang dipilih. Untuk renovasi rumah yang lebih besar, harga per meter persegi bisa mencapai antara Rp2.500.000 hingga Rp4.000.000, namun bisa berubah bergantung pada kualitas material yang dipilih.

Biaya Tanah dan Bangunan

Jika rencana renovasi melibatkan perluasan lahan, penting untuk menghitung biaya perolehan tanah tambahan. Sebagai contoh, jika Anda merencanakan perluasan sebesar 25 meter persegi dengan harga tanah sekitar Rp500.000/m2, maka biaya yang diperlukan akan sekitar Rp12.500.000.

Biaya Lain-lain

Penting untuk tidak mengabaikan biaya lain yang mungkin timbul selama proses renovasi. Menyiapkan dana cadangan sekitar 10% dari total estimasi biaya renovasi akan membantu mengatasi situasi yang tidak terduga.

Baca Juga: The Blizfield: Perumahan Ekslusif 10 Menit dari Aeon BSD

Pertimbangan Sebelum Renovasi

  • Perencanaan yang Matang

Penting untuk memulai proses renovasi dengan rencana yang matang. Konsultasikan dengan para ahli, termasuk arsitek dan desainer interior, untuk menggambarkan secara lebih konkret rencana renovasi rumah Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan peran material dalam menjaga keawetan rumah setelah renovasi selesai.

  • Pengetahuan tentang Luas Bangunan dan Lahan

Memahami secara mendalam tentang ukuran dan kondisi bangunan serta lahan rumah Anda dapat membantu menghindari renovasi yang berlebihan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi biaya renovasi secara keseluruhan.

  • Penyusunan Anggaran

Setelah merencanakan secara detail, langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran yang rinci untuk proyek renovasi. Melibatkan arsitek, desainer interior, atau kontraktor dapat membantu dalam menyusun anggaran yang lebih akurat.

Demikian informasi terkait dengan rincian biaya renovasi rumah. Pastinya, dalam merealisasikan proyek renovasi rumah, penting untuk memahami peran penting biaya dalam menunjang keberhasilan proyek tersebut. Maka dari itu, mempersiapkan dana yang sesuai dengan estimasi biaya adalah kunci utama untuk memulai proyek renovasi rumah dengan lancar.

Rekomendasi Rumah Mewah: The Blizfield BSD

Frontyard

Jika Anda belum memiliki rumah dan berencana membeli di developer, melalui eCatalog Sinarmas Anda bisa dapatkan berbagai pilihan rumah yang pasti berlokasi strategis. Salah satunya yaitu Cluster The Blizfield BSD yang menawarkan hunian mewah dan manfaatkan fitur “360 Tour” untuk melihat rumah mewah tersebut! Segera kunjungi ecatalog.sinarmasland.com

Our Property

The Blizfield type 177
The Blizfield type 177

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 177m2
Residential

Start from 
Rp 5.789.142.000
The Blizfield type 248
The Blizfield type 248

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 248m2
Residential

Start from 
Rp 7.560.416.000

Promotions

Contact agent banner

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Residential
article
Rumah Milenial 5 Jutaan, Fasilitas Lengkap, Lokasi Strategis di BSD

Beli rumah di BSD City menjadi pilihan hampir semua orang karena terletak di kawasan prestisius deng

Read More

25 July 2022

Residential
article
Harga Mulai 1M! Rumah Ini Cocok untuk Milenial di BSD!

Hunian rumah di BSD City dikenal dengan hunian rumah bagi kelas menengah keatas yang memiliki harga

Read More

26 July 2022

Residential
article
Rumah Baru di BSD City Mulai Rp 1.4 Miliar! Full Furnished!

Ada hunian rumah baru hadir di BSD City, yaitu Jiva at Tanakayu BSD City. Hunian rumah ini baru saja

Read More

27 July 2022