pixel
Home/Articles/

Rahasia Merawat Perabotan Rotan: Bebas Lapuk dan Tahan Lama

Rahasia Merawat Perabotan Rotan: Bebas Lapuk dan Tahan Lama

26 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
merawat perabotan rotan, furniture rotan, membersihkan rotan

indihome.co.id

Rahasia Merawat Perabotan Rotan: Bebas Lapuk dan Tahan Lama

Rotan, sebagai salah satu komponen utama dalam perabotan rumah tangga, seringkali dipilih karena estetika klasik, keindahan artistiknya, serta kesadaran akan lingkungan yang dihadirkannya. Selain itu, ketersediaan dan harga yang terjangkau juga menjadi faktor pendukung popularitasnya. Meski demikian, perawatan khusus diperlukan agar rotan tetap awet dan tidak mudah rusak. Berikut adalah empat langkah yang dapat dilakukan untuk merawat perabotan berbahan rotan di rumah.

1. Bersihkan Debu dan Kotoran Secara Berkala

Perabotan rotan yang dirajut memiliki banyak celah yang rentan menumpuk debu dan kotoran. Untuk menjaga kebersihannya, secara rutin disarankan menggunakan sikat halus atau kuas lembut guna menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Selain itu, penyedot debu dapat digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Selain memberikan tampilan yang lebih menarik, kebersihan yang terjaga juga dapat memperpanjang umur pemakaian perabotan rumah. Tidak perlu membersihkannya setiap hari, cukup dilakukan beberapa hari sekali, terutama ketika perabotan mulai terlihat kotor.

2. Bersihkan Noda Membandel dengan Kain Basah dan Sabun Cair

 

Sumber: 

Jika perabotan rotan mengalami noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan kain basah yang direndam dalam larutan sabun ringan atau deterjen rendah busa. Lap permukaan rotan dengan kain yang telah dibasahi, lalu peras hingga hanya sedikit lembab. Pastikan untuk menghindari penyiraman air langsung ke rotan karena hal ini dapat merusaknya. Setelah membersihkan perabotan rotan, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik untuk mencegah pertumbuhan jamur dan kerusakan. Salah satu cara efektif adalah dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Sinar matahari dapat membantu mengembalikan kekilauan alami rotan serta mencegah pertumbuhan jamur.

9 Cara Merawat Kursi Rotan Agar Prima & Selalu Cantik

Sumber: wikihow.com

3. Semprot dengan Larutan Minyak Tanah dan Kapur Barus

Hanya membersihkan rotan secara teratur dari noda dan kotoran tidaklah cukup untuk menjaga keawetannya dan mencegah kerusakan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyemprotkan campuran minyak tanah dan kapur barus pada permukaan rotan. Caranya cukup sederhana, dengan mencampurkan 200 ml minyak tanah dengan 1 sendok makan kapur barus. Kemudian, larutan ini dimasukkan ke dalam botol semprot dan dikocok. Selanjutnya, semprotkan larutan tersebut pada permukaan perabotan rotan.

Untuk menjaga keawetan perabotan rotan dengan lebih baik, kamu juga bisa melapisinya dengan pernis. Pernis merupakan jenis cat khusus yang sering digunakan untuk melindungi kayu. Kamu dapat mengaplikasikan pernis ini pada kursi atau meja berbahan rotan. Selain membuatnya lebih tahan lama, pelapisan pernis juga akan memberikan kilauan dan penampilan yang menarik pada perabotan rotan.

4. Hindari Kelembaban Tinggi dan Sinar Matahari Langsung

Pastikan perabotan berbahan rotan tidak diletakkan di tempat yang terlalu lembab atau terkena hujan. Hindari juga penempatan di lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung. Karena kelembaban tinggi dan paparan langsung sinar matahari bisa mempercepat kerusakan rotan. Lebih baik lagi jika kamu memasang penutup atau pelindung ketika perabotan tidak digunakan, terutama jika ditaruh di luar ruangan.

Itu dia cara untuk menjaga perabotan rotan biar gak mudah lapuk cukup mudah untuk dicoba, bukan? Jangan lupa dipraktekkan di rumah ya, Selamat mencoba! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022