pixel
Home/Articles/

Keuntungan dan Kerugian Membeli Properti Komersial

Keuntungan dan Kerugian Membeli Properti Komersial

23 August 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Keuntungan dan Kerugian Membeli Properti Komersial

Investasi dalam properti komersial telah menjadi pilihan menarik bagi banyak individu dan perusahaan. Properti komersial mencakup berbagai jenis, termasuk shophouse atau ruko, gudang (warehouse), business loft dan fasilitas industri lainnya. Sebelum Anda terjun ke dalam dunia investasi properti komersial, penting untuk memahami baik keuntungan maupun kerugian yang terkait. 

Melalui artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan dan kerugian utama dari membeli properti komersial, disertai dengan penjelasan lebih lanjut.

Keuntungan Membeli Properti Komersial

1. Pendapatan yang Stabil

Salah satu keuntungan utama dari memiliki properti komersial adalah potensi pendapatan yang stabil. Jika Anda memiliki penyewa yang andal, pendapatan sewa bulanan dapat memberikan aliran kas yang konsisten. Dalam beberapa kasus, kontrak sewa jangka panjang dapat memberikan stabilitas jangka panjang pada investasi Anda.

2. Potensi Pengembangan Nilai yang Tinggi

Properti komersial memiliki potensi pengembangan nilai yang tinggi. Dengan melakukan perbaikan atau meningkatkan fasilitas, Anda dapat meningkatkan nilai properti Anda. Selain itu, jika lokasi properti berkembang menjadi area yang lebih ramai dan diminati, nilai properti juga dapat naik secara signifikan.

3. Diversifikasi Portofolio Investasi

Investasi dalam properti komersial dapat membantu Anda mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Diversifikasi adalah strategi penting untuk mengurangi risiko, karena kinerja properti komersial tidak selalu berkorelasi dengan pasar saham atau investasi lainnya.

Kerugian Membeli Properti Komersial

1. Modal Awal yang Besar

Salah satu kerugian utama dari membeli properti komersial adalah memerlukan modal awal yang besar. Harga properti komersial biasanya lebih tinggi daripada properti residensial, dan Anda juga perlu mempertimbangkan biaya perbaikan, renovasi, dan pemeliharaan.

2. Resiko Kehilangan Penyewa

Ketergantungan pada penyewa dapat menjadi risiko besar. Jika penyewa meninggalkan properti Anda atau gagal membayar sewa, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam menjaga aliran kas yang stabil dan harus mencari penyewa baru, yang memerlukan waktu dan usaha.

3. Pengelolaan yang Intensif

Mengelola properti komersial memerlukan waktu dan usaha yang signifikan. Anda perlu mengurus sewa, perbaikan, pemeliharaan, dan interaksi dengan penyewa. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam pengelolaan properti, Anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan jasa manajemen properti, yang juga memerlukan biaya tambahan.

 

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam properti komersial, penting untuk melakukan riset menyeluruh tentang pasar properti komersial di wilayah pilihan Anda. Termasuk melakukan proyeksi pendapatan dan biaya yang dikeluarkan. Dengan memahami dengan baik keuntungan dan kerugian, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan bijaksana.

Kemudahan Membeli Properti di eCatalog Sinarmas

Membeli properti tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih jika Anda mencari properti komersial secara online. Namun, eCatalog Sinarmas dapat menjadi platform yang tepat untuk Anda melakukan pembelian properti komersial.

Melalui eCatalog Sinarmas, Anda dapat dengan mudah mencari properti di wilayah kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, BSD, Batam, Balikpapan, Cikarang, Surabaya.

Dapatkan penawaran dan harga terbaik melalui tautan berikut: ecatalog.sinarmasland.com

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
True multi-tenant business loft, konsep loft yang tepat buat buka usaha lebih dari satu

Capital Cove at BSD City, merupakan properti business loft yang dikembangkan oleh Sinar Mas La

Read More

27 July 2022

article
Capital Cove Business Loft BSD, Cocok untuk Buka Usaha Start up!

Seiring dengan kebutuhan ruang perkantoran yang tinggi di BSD City, terlihat dengan terjual habisnya

Read More

07 November 2022

article
Business Loft BSD Berkonsep Moderen dijual mulai 15 Miliar!

Business Loft BSD - Semakin berkembangnya jaman, semakin naik pula harga permintaan pasar. Pas

Read More

23 November 2022