pixel
Home/Articles/

Mau Sewa Apartemen di 2024? Yuk Cari Tahu Dulu Faktanya!

Mau Sewa Apartemen di 2024? Yuk Cari Tahu Dulu Faktanya!

11 April 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Beli apartemen di jakarta, kekurang sewa apartment, kelebihan sewa apartment

Lebih Hemat Mana Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan? Ini Kekurangan Dan Kelebihannya!

Apartemen merupakan salah satu hunian yang banyak diminati oleh berbagai kalangan terutama kalangan masyarakat modern di kota-kota besar yang sudah padat penduduk. Tidak sedikit orang yang memilih untuk menyewa apartemen sebagai tempat tinggal. Sebelum memilih, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Apartemen memang bisa jadi pilihan yang tepat, jika dilihat dari akses kendaraan, lokasi, serta fasilitas yang disediakan. Untuk saat ini sudah banyak apartemen dengan harga yang cukup terjangkau. 

Apakah kamu berencana untuk menyewa apartemen? Atau mungkin sedang berpikir manakah yang lebih hemat, menyewa apartemen bulanan atau tahunan. Umumnya, apartemen memiliki masa sewa yang ditawarkan seperti bulanan atau tahunan. Namun masih banyak masyarakat yang bingung memilih masa sewa apartemen tersebut. Tentunya menentukan pilihan ini akan berpengaruh dengan budget yang kamu miliki. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan sewa bulanan dan tahunan dari apartemen.

Lebih Hemat Mana, Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan?

Mungkin banyak orang memilih untuk sewa apartemen tahunan, karena dinilai akan lebih praktis dan jauh lebih murah dibanding sewa bulanan. Namun dalam kondisi tertentu, masyarakat juga akan memilih sewa apartemen bulanan. Lalu, apa aja sih kelebihan dan kekurangan antara sewa apartemen bulanan dan sewa apartemen tahunan? Mana yang akan lebih menguntungkan? Daripada bingung dan pusing, yuk simak penjelasan berikut ini.

Sewa Apartemen Bulanan

Untuk sebagian orang beradaptasi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi di lingkungan tempat tinggal. Adanya alasan ini, membuat banyak masyarakat yang mempertimbangkan sewa apartemen bulanan dengan jangka waktu yang lebih pendek untuk antisipasi jika suatu saat harus segera pindah ke tempat lain. Sewa apartemen bulanan ini biasanya dipilih oleh para karyawan yang kerjanya tidak menetap dan juga mahasiswa karena dianggap sewa apartemen bulanan lebih praktis.

Cara pembayaran sewa apartemen bulanan juga cukup beragam, ada yang per bulan, per tiga bulan dan per enam bulan sesuai dengan perjanjian awal yang telah disepakati antara penyewa dan pemilik unit apartemen. Jika kamu ingin sewa apartemen bulanan tapi masih bimbang dengan keputusan yang akan diambil, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari sewa apartemen bulanan.

Kelebihan Sewa Apartemen Bulanan: 

  1. Sewa apartemen bulanan bersifat lebih fleksibel, yang dimana sewa apartemen bulanan memberikan kamu hak untuk pindah kapan saja tanpa harus membayar denda karena melanggar perjanjian.
  2. Jika saat ini kamu sedang mencari kerja atau melaksanakan tes masuk kerja, tentu sewa apartemen bulanan adalah pilihan yang tepat. Sewa jangka pendek ini akan memberikan kamu peluang untuk bisa memperoleh lowongan kerja di luar daerah.
  3. Bila kamu masih belum menemukan lingkungan yang tepat, atau mungkin memerlukan waktu untuk beradaptasi maka sewa apartemen bulanan adalah pilihan yang tepat untuk kamu sehingga tidak perlu khawatir akan membuang-buang biaya sewa.
  4. Untuk kamu yang memiliki low budget, bisa mencoba untuk sewa apartemen bulanan yang sesuai dengan budget kamu. Mungkin bila dihitung secara keseluruhan sewa apartemen tahunan lebih hemat tapi jika saat ini anggaran yang kamu miliki masih belum cukup maka kamu bisa memilih sewa apartemen bulanan.
  5. Apabila kamu merasa bahwa apartemen yang disewa sudah cocok dan nyaman untuk ditinggali, sewa bulanan ini bisa menjadi sewa tahunan. Hal ini bisa saja terjadi jika kamu melakukan negosiasi dengan pemilik apartemen yang tidak merugikan pihak manapun.

 

Kekurangan Sewa Apartemen Bulanan: 

  1. Memilih sewa apartemen bulanan maka kamu harus siap mengeluarkan dana yang lebih banyak. Kebanyakan apartemen yang disewakan bulanan menawarkan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan sewa tahunan.
  2. Pihak pemilik unit apartemen tentu sewaktu-waktu akan menaikkan harga tarif sewa bulanan dan ini bisa merugikan kamu sebagai penyewa.
  3. Jarang sekali ditemukan sewa apartemen bulanan karena pemilik unit apartemen kebanyakan menyewakannya untuk jangka waktu panjang agar mereka tidak perlu melakukan perawatan yang mengeluarkan banyak biaya.

Sewa Apartemen Tahunan

Memilih untuk sewa apartemen tahunan adalah pilihan terbaik yang banyak diminati masyarakat. Tentunya ada beberapa faktor yang mendorong mereka yakin untuk memilih sewa apartemen tahunan. Beberapa orang juga merasa bahwa sewa apartemen tahunan lebih menguntungkan dibanding sewa apartemen bulanan. Sama dengan sewa apartemen bulanan, menyewa apartemen tahunan juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan sewa apartemen tahunan yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Sewa Apartemen Tahunan:

  1. Dengan sewa apartemen tahunan, maka pengeluaran kamu akan stabil minimal untuk satu tahun kedepan. Karena kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya sewa setiap bulannya.
  2. Harga sewa yang ditawarkan untuk sewa apartemen tahunan biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan biaya sewa apartemen bulanan
  3. Kamu memiliki deposit sewa apartemen yang akan diberikan saat nanti kamu akan pindah dan jika kamu tidak melanggar peraturan yang sudah disepakati di awal.
  4. Karena sewa apartemen tahunan harganya sudah ditentukan di awal maka kamu tidak perlu khawatir harga sewa akan naik secara tiba – tiba.

Kekurangan Sewa Apartemen Tahunan:

  1. Kamu tidak bisa langsung pindah jika merasa tidak nyaman atau tidak cocok dengan lingkungannya, karena kamu sudah membayar biaya sewa di awal.
  2. Banyak peraturan yang mungkin harus kamu taati dalam jangka waktu satu tahun. Biasanya untuk sewa apartemen tahunan ada beberapa peraturan yang mengikat antara kamu dan pemilik unit apartemen.
  3. Sewa jangka panjang membuat kamu harus banyak mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan rutin apartemen.

Apakah Kamu Sudah Yakin Untuk Tinggal di Apartemen? Berikut Rekomendasi Apartemen di Jakarta.

Alt Image: Apartemen di Jakarta 

Menyewa apartemen tentu saja ada resiko yang harus dihadapi, tapi ada beberapa faktor yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan agar tidak menyesal dikemudian hari. Baik sewa apartemen bulanan atau sewa apartemen tahunan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kamu sudah yakin untuk tinggal di apartemen, kami merekomendasikan beberapa apartemen terbaik di Jakarta. Berikut rekomendasinya: 

Untuk melihat informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi website kami di eCatalog Sinarmas Land kamu bisa mendapatkan banyak penawaran.

 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Apartment
article
Upper West BSD City: Hunian Modern dengan Konsep Terkini di BSD

"Live, Play, Earn" adalah moto yang menggambarkan konsep inovatif dari apartemen Upper West BSD City

Read More

27 July 2022

Apartment
article
Apartemen Ideal di Surabaya, Cocok untuk Keluarga!

Apartemen identik dengan penghuni yang biasanya berstatus single yang pada umumya berstatus pekerja

Read More

27 July 2022

Apartment
article
The Elements Apartment: Investasi Properti Terbaik di Jakarta Selatan

Saat ini investasi properti sedang gencar dan diminati banyak orang. Mengingat harga properti yang t

Read More

27 July 2022