pixel
Home/Articles/

Jangan Dibuang! Begini Cara Ajaib Membersihkan Panci Gosong

Jangan Dibuang! Begini Cara Ajaib Membersihkan Panci Gosong

18 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
membersihkan panci gosong, solusi panci gosong

sesa.id

Bagi banyak orang, membersihkan peralatan masak adalah tugas yang sangat menjengkelkan. Setelah memasak, peralatan dapur menumpuk dengan mungkin adanya noda yang sulit dihilangkan, terutama jika permukaannya terbakar. Proses pencucian tidak bisa dilakukan dengan hanya menggunakan sabun dan spons biasa ketika permukaan terbakar. Penting untuk mengetahui cara membersihkan panci yang terbakar secara efektif.

Panci yang terbakar harus segera dibersihkan karena sisa bakarannya dapat mengurangi kebersihan dan keamanan makanan. Selain itu, area yang terbakar juga lebih rentan terhadap keausan, yang dapat mempersingkat umur pakainya. Berikut adalah cara ampuh membersihkan noda pada panci yang gosong:

1. Rendam dengan Air Panas dan Sabun Cuci Piring

5 Cara Membersihkan Kerak Hitam Pada Wajan dan Panci

Sumber: detik.com

Salah satu cara efektif untuk membersihkan panci yang terbakar adalah dengan merendamnya dalam air panas yang ditambahkan dengan sabun cuci piring. Setelah panci direndam, biarkan air panas dan sabun tersebut meresap ke permukaan panci selama beberapa waktu. Proses perendaman ini membantu melunakkan sisa-sisa makanan yang terbakar dan memudahkan untuk dibersihkan dengan spons atau sikat cuci piring.

Selanjutnya, setelah direndam, gosoklah permukaan panci dengan menggunakan spons atau sikat yang lembut untuk menghilangkan sisa-sisa yang terbakar. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian panci secara menyeluruh, termasuk sudut-sudut yang sulit dijangkau. Setelah selesai, bilas panci dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran yang tersisa. Dengan metode ini, panci yang terbakar dapat kembali bersih dan siap digunakan untuk memasak kembali.

2. Siram dengan Cuka

 5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!

Sumber: idntimes.com

Cuka dapur atau cuka putih tidak hanya dikenal sebagai penyedap masakan, tetapi juga sebagai bahan pembersih alami yang efektif, termasuk untuk membersihkan panci yang terbakar. Proses membersihkan panci yang terbakar dengan menggunakan cuka putih relatif mudah.

Langkah awal adalah menyiapkan panci yang terbakar, lalu tuangkan cuka putih ke area yang terbakar hingga cukup terendam. Biarkan panci direndam dalam cuka selama beberapa menit, memungkinkan asam asetat dalam cuka untuk melunakan lapisan yang terbakar. Setelah lapisan terbakar mulai terkelupas, langkah selanjutnya adalah menggosoknya perlahan dengan menggunakan sabut cuci piring atau sikat. Proses pembersihan panci yang terbakar ini dapat diakhiri dengan mencuci panci seperti biasa menggunakan sabun cuci piring dan air bersih.

3. Gunakan Baking Soda

10 Cara Membersihkan Panci Gosong, Mudah dan Ampuh!

Sumber: tokopedia.com

Selain menggunakan cuka, baking soda juga merupakan bahan yang sering dipilih untuk membersihkan peralatan masak dari noda dan kerak yang sulit dihilangkan. Proses membersihkan panci yang terbakar dengan baking soda melibatkan pembuatan pasta terlebih dahulu. Baking soda dicampur dengan air dalam perbandingan 1:1 hingga terbentuk adonan pasta dengan konsistensi yang tepat.

Setelah adonan pasta terbentuk, oleskan secara merata ke area panci yang terbakar. Proses membersihkan panci yang terbakar ini memerlukan waktu yang cukup lama karena perlu didiamkan selama beberapa jam. Setelah itu, gosok secara perlahan sebelum membilas dan mencuci panci dengan menggunakan sabun cuci piring biasa. Jika tidak ada panci cadangan, sebaiknya proses pembersihan panci yang terbakar ini dilakukan pada malam hari untuk memberikan waktu yang cukup untuk pasta baking soda bekerja secara efektif.

4. Semprotkan Minyak Sayur untuk Perlindungan

Botol Minyak Sayur Semprot Kacacooking Oil Spray Bottle Glass

Sumber: tokopedia.com

Setelah berhasil mengatasi bagian panci yang terbakar, sekarang saatnya memberikan perlindungan agar kejadian serupa tidak terulang. Untuk melindungi panci, tidak perlu repot mencari bahan khusus, cukup gunakan minyak sayur. Minyak sayur dapat disemprotkan atau dioleskan ke permukaan panci, terutama pada bagian yang langsung terpapar api dari kompor. Dengan melakukan ini, panci akan terlihat lebih berkilau dan lebih tahan terhadap terbakar.

Demikian cara mudah membersihkan panci gosong. Jangan lupa untuk memperlakukan panci dengan tepat agar tidak mudah mengalami gosong lagi. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Our Property

Latinos Business District Type 91/75
Latinos Business District Type 91/75

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 91m2
Ruko

Start from 
Rp 1.962.397.254
Latinos Business District Type 91
Latinos Business District Type 91

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 91m2
Boutique SOHO

Start from 
Rp 2.040.956.000

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022