pixel
Home/Articles/

5 Model Desain Ventilasi Rumah, Bisa Ditiru!

5 Model Desain Ventilasi Rumah, Bisa Ditiru!

25 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
5 Model Desain Ventilasi Rumah, Bisa Ditiru!

Udara bersih sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita. Kualitas udara di dalam rumah sama pentingnya dengan kualitas udara di luar. Ventilasi yang baik dapat memastikan udara segar bersirkulasi di dalam rumah, yang bermanfaat bagi kesehatan penghuni dan juga dapat menjaga kualitas bangunan rumah. Sayangnya, tidak semua rumah memiliki ventilasi yang memadai.

Manfaat Ventilasi

Ventilasi yang tepat sangat penting bagi kesehatan penghuni dan rumah itu sendiri. Udara bersih dan segar di dalam rumah berkat ventilasi yang baik, akan menjaga kesehatan sistem pernapasan, mencegah asma, dan mengurangi risiko kanker paru-paru. Selain itu, ventilasi yang baik juga menjaga kualitas udara dengan menurunkan kadar zat berbahaya dan alergen.

Ventilasi juga berperan penting dalam menjaga kondisi rumah. Suhu yang stabil dan kelembapan yang terkontrol berkat ventilasi yang baik akan memperpanjang umur bangunan. Ventilasi juga membantu menghemat energi dan meningkatkan kenyamanan di setiap ruangan.

Dengan begitu banyak manfaat, memiliki ventilasi rumah yang baik adalah investasi kesehatan dan kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah.

Tertarik untuk meningkatkan kualitas ventilasi rumah Anda? Ada banyak pilihan model ventilasi yang tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki desain yang menarik.

Desain Ventilasi Rumah

 

​​Model Ventilasi Loster

8 Model Ventilasi Rumah Yang Baik, Kualitas Udara Jadi Lebih Segar

Roster, atau yang dikenal juga sebagai ventilation block, adalah jenis ventilasi yang terbuat dari tanah liat atau beton. Fungsinya untuk memecah angin dan sering disebut "ventilasi batu angin".

Ventilasi roster hadir dalam beragam motif menarik yang tidak hanya mempercantik tampilan rumah, tetapi juga berfungsi sebagai jalur masuknya cahaya matahari.

Penggunaan roster lebih fleksibel dibandingkan dengan model ventilasi boven. Roster cocok untuk rumah bergaya minimalis dan dapat dipasang di berbagai bagian dinding rumah, bahkan bisa disusun menjadi pagar.

Model Ventilasi Supply Ventilation

Promo Supply Air Grill Ventilasi Uk. 20x75 Cm (bisa Ukuran) Diskon 23% Di  Seller Pt. Wakasa Pratama - Kalibata, Kota Jakarta Selatan | Blibli

Masih membahas tentang sistem ventilasi mekanis, model selanjutnya adalah ventilasi supply. Ventilasi ini beroperasi dengan kipas dan saluran udara, mirip ventilasi pembuangan, tetapi cara kerjanya berlawanan. Kipas pada ventilasi supply menarik udara segar dari luar ke dalam ruangan, mendorong udara panas yang ada di dalam ruangan keluar.

Baca juga : 5 Desain Ruang TV Tanpa Sofa

Model Ventilasi Kaca Nako

5 Jenis Kaca Nako untuk Ventilasi Rumah yang Segar & Anti Sumpek!

Ventilasi rumah model jalusi atau nako, yang sering digunakan pada rumah modern, merupakan pengembangan dari model ventilasi sebelumnya. Ventilasi jenis ini biasanya terbuat dari kaca dengan celah-celah horizontal. Kelebihan dari ventilasi jalusi kaca adalah mekanisme buka-tutup yang memungkinkan pengaturan jumlah udara yang masuk ke dalam rumah. Berbeda dengan ventilasi jalusi kayu yang tidak memiliki mekanisme buka-tutup, sehingga celah udara selalu terbuka.

Model Ventilasi Boven

10 Inspirasi Model Ventilasi Rumah yang Modern dan Kekinian

Ventilasi boven umumnya memiliki bukaan yang lebih kecil, menyerupai jendela atau ventilasi ukir. Fungsinya sebagai jalur sirkulasi udara tambahan pada pintu atau jendela rumah. Penempatannya bisa di atas pintu atau jendela, bahkan pada dinding polos. Beberapa orang juga memasangnya di ruangan tanpa jendela, seperti kamar mandi. Ventilasi boven ukir, khususnya, memiliki motif lubang kecil untuk menjaga privasi penghuni rumah. Bahan yang umum digunakan adalah kayu, namun ada juga yang terbuat dari kaca buram atau kaca bermotif.

Cari properti di Jakarta dengan harga terbaik? Cek disini! 

Model Ventilasi Jalusi

Jalusi : Pengertian, Tipe, Kelebihan, Kekurangan & Pemasangan | Archify  Indonesia

Jalusi atau nako merupakan jenis ventilasi yang terbuat dari kaca, besi, atau kayu dengan susunan vertikal atau horizontal. Ventilasi ini memiliki celah-celah yang berjarak dan umumnya dipasang pada pintu atau bagian atas jendela.

Desain jalusi kayu sering ditemukan pada rumah tradisional, sementara nako kaca lebih populer untuk rumah modern.

Nah itu dia 5 desain model ventilasi. Yuk, kunjungi website ecatalog sinarmasland untuk tau informasi lainnya seputar properti. Jangan lupa juga untuk bergabung menjadi pengguna ecatalog!




Promotions

Contact agent banner

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Desain
article
7 Tips Menata Interior Apartemen Tipe Studio

Apartemen kini kian diminati sebagai hunian yang ideal bagi para kaum urban dengan mobilitasnya yang

Read More

16 December 2022

Desain
article
Cari rumah di Bogor dengan Desain Kamar Minimalis & Cozy!

Cari rumah di Bogor - Punya rumah baru dengan ruang keluarga dan tamu berkonsep cozy minimalist meru

Read More

08 February 2023

Desain
article
5 Ide Desain Dapur Minimalis Bikin Rumah Makin Kece!

Desain Dapur - Memiliki hunian yang nyaman merupakan impian banyak orang, termasuk kamu juga, bukan?

Read More

20 February 2023