pixel
Home/Articles/

Cari Tau Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi

Cari Tau Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi

26 April 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi

Memiliki kamar mandi yang nyaman dan estetik adalah dambaan banyak orang. Renovasi menjadi solusi untuk mewujudkannya. Tapi, tahukah kamu bahwa biaya renovasi kamar mandi bisa membengkak jika tidak diperhitungkan dengan matang?

Tenang, panduan ini hadir untuk membantumu! Berikut beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan:

Estimasi Biaya Renovasi Kamar mandi 

Faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam renovasi kamar mandi adalah biaya bahan bangunan. Beragam material akan dibutuhkan selama prosesnya, seperti yang akan dijelaskan berikut.

 

  • Keramik Dinding Kamar Mandi 

Beragam jenis dan desain keramik dinding kamar mandi tersedia, memungkinkan Anda untuk memilih sesuai selera. Luas ruangan menentukan jumlah dus keramik yang dibutuhkan. Pertimbangkan pula ukuran dan merk keramik yang berpengaruh pada harga. Sebagai contoh, keramik 25 x 50 cm dengan 8 pcs per dus dibanderol Rp70.000-Rp80.000. Hitung kebutuhan keramik berdasarkan luas ruangan. Keramik umumnya dipasang menyeluruh pada dinding kamar mandi karena sifatnya yang tahan air dan awet. Anda dapat memilih keramik bermotif unik atau berwarna cerah untuk estetika. Namun, jika ingin menghemat, gunakan keramik hanya pada setengah bagian dinding, padukan dengan cat tembok senada.

 

  • Keramik Lantai Kamar Mandi 

Lantai kamar mandi tak kalah pentingnya dengan dinding. Demi keamanan, pilihlah keramik lantai yang kasar atau anti-slip. Desainnya pun beragam, dari motif kotak hingga hexagonal, dan tersedia dalam berbagai warna. Sesuaikan desain keramik lantai dengan tema interior kamar mandi Anda.

Beberapa merk keramik lantai yang bisa dipertimbangkan antara lain Platinum, Asia Tile, Milan, Kita, dan Mustika Keramik. Harga keramik lantai 60 x 60 bervariasi, mulai dari Rp75.000 hingga Rp250.000 untuk keramik granit.

 

  • Semen dan Pasir 

Bahan bangunan seperti semen dan juga pasir sangat diperlukan dengan tujuna untuk pemasangan keremik pada dimnding dan juga lantai. Harga semen dan pasir juga sangat bervariatif . biasanya diperlukan sebanyak 7 sak semen untuk memulai renovasi kamar mandi. Untuk harga 1 sak semen diperkirakan sebesar Rp. 58.000. jadi total rinciannya sebagai berikut:

Bahan

Ukuran

Harga

Semen

7 sak (50 kg)

7 x Rp58.000 = Rp406.000

Pasir

2 Kubik

Rp890.000

 

  • Cat Kamar Mandi 

Seperti disinggung sebelumnya, untuk menekan budget Anda bisa menggunakan setengah dinding dengan cat. Anda bisa bebas berkreasi warna cat saat merenovasi kamar mandi sesuai dengan selera. Agar cat dinding kamar mandi lebih tahan lama, gunakanlah cat yang tahan air dan cipratan. Harga cat tembok dinding interior kamar mandi rumah yang anti air cukup beragam, mulai dari Rp165.000 tanpa brand dengan isi 5 liter. Harga akan bergantung pada merek yang digunakan dan luas kamar mandi Anda. 

 

  • Jasa tukang 

Jika Anda memerlukan bantuan untuk renovasi rumah, Anda dapat menggunakan jasa tukang. Biaya jasa tukang akan bergantung pada daerah atau luas kamar mandi Anda. Ada tukang yang dibayar per hari atau rombongan yang mana mereka akan membeli semua peralatan dan bahan bangunan yang dibutuhkan. Jasa tukang renovasi kamar mandi cukup beragam, mulai dari Rp100.000 sampai Rp200.000 per harinya. Lalu untuk borongan biasanya berkisar pada Rp2.550.000 hingga Rp5.500.000 tergantung jenis pekerjaan dan kesulitannya.

 

  • Biaya Furniture 

Jangan melupakan furniture atau perabotan jika Anda ingin merenovasi kamar mandi. Biayanya akan bergantung pada budget yang Anda miliki. Untuk membandingkan harga perabotan, Anda bisa melihatnya di marketplace. 

 

Nah itu dia estimasi biaya yang harus dikeluarkan jika anda ingin merenovasi kamar mandi. Yuk, kunjungi webiste ecatalog sinarmasland untuk tau informasi lainnya. 

 

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
article
Nikmati kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

article
Promo Double Benefit&Double Rewards dari Sinar Mas Land, waktu yang tepat Beli Properti untuk Investasi!

Properti kini semakin diburu oleh banyak orang. Bukan hanya orang orang tua, melainkan anak muda pun

Read More

27 July 2022

article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Berkolaborasi Permudah Sewa Menyewa di BSD City

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022