pixel
Home/Articles/

Daftar Harga Kayu Balok Terbaru 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukurannya

Daftar Harga Kayu Balok Terbaru 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukurannya

05 August 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
harga kayu, harga kayu balok, jenis kayu, ukuran kayu

brighton.co.id

Dari zaman dulu, kayu telah digunakan sebagai bahan utama struktur bangunan. Bahan baku ini termasuk serbaguna karena selain digunakan untuk konstruksi bangunan, kayu juga sering digunakan untuk membuat dekorasi dan furniture rumah. Semakin besar ukuran batang kayu, harga kayu akan semakin mahal. 

Kayu balok adalah kayu berbentuk balok yang lebih berat dan besar dibanding kayu papan biasa.  Sifat kayu ini kuat dan tahan lama, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan struktur bangunan yang membutuhkan daya tahan  besar.

Biasanya kayu balok diandalkan dalam membuat kerangka utama sebuah bangunan, misalnya rangka dinding, balok atap, dan balok lantai. Selain itu, kayu balok juga digunakan pada proyek konstruksi besar seperti pembuatan jembatan. Yuk, simak lebih lengkap tentang harga, jenis dan ukuran kayu balok di bawah ini.

Jenis Kayu Sesuai Kebutuhan Konstruksi

Berdasarkan standar SNI, kayu balok dimanfaatkan pada rangka atap, rangka tiang bangunan, kusen pintu dan kusen jendela. Kayu memiliki banyak jenis yang beredar di pasaran. Setiap jenis kayu mempunyai kegunaan sesuai kebutuhan konstruksi. Untuk penjelasan lengkapnya simak dibawah ini.

1. Kayu Balok

Salah satu jenis kayu yang sering digunakan ini biasanya dimanfaatkan sebagai struktur bangunan yang menopang beban seperti balok, gantung, kolom, dan balok. Dimensi ukurannya besar dengan bentuk persegi atau persegi panjang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

2. Kayu Reng

Reng merupakan jenis kayu yang menjadi komponen struktur atap yang digunakan untuk susunan penutup atap. Jarak antar reng umumnya disesuaikan dengan ukuran genteng yang digunakan. Misalnya genteng keramik, berarti jarak antar reng dibikin seukuran gentengnya. 

Ukuran reng kayu lebih kecil dibanding ukuran balok kayu, sehingga harganya lebih murah. Reng kayu tersedia dalam ukuran 2×3 cm dan ukuran 3×4 cm dengan panjang masing-masing sekitar 3-4 meter.

Cari Rumah di BSD dengan harga terbaik? Cek disini!

Our Property

Azura Starlight Type 52
Azura Starlight Type 52

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 52m2
Residential

Start from 
Rp 2.170.232.000
Assana Starlight Type 52
Assana Starlight Type 52

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 52m2
Residential

Start from 
Rp 2.153.009.000
Assana Starlight Type 70
Assana Starlight Type 70

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 70m2
Residential

Start from 
Rp 2.278.290.000

3. Triplek atau Kayu Lapis

Kayu triplek adalah sejenis papan kayu yang dibentuk dari lapisan kayu yang disatukan bersama-sama. Jenis kayu yang kerap disebut kayu lapis ini sering diandalkan dalam konstruksi atap, dinding, dan furniture

Biasanya kayu triplek digunakan untuk membuat permukaan lebih rata dan kokoh. Triplek kayu mempunyai kekuatan yang kokoh dan stabil. Triplek tersedia dalam ukuran tebal 0,8 mm sampai 32 mm. Di Indonesia, ketebalan triplek umumnya sekitar 3mm hingga 32 mm.

4. Kayu Galar

Kalau kayu yang satu ini sering diandalkan untuk bahan konstruksi pada bagian lantai bangunan. Dengan serat yang kokoh dan mampu menampung beban berat, kayu galar sangat kuat untuk dijadikan konstruksi lantai bangunan. Kayu ini mempunyai varian ukuran panjang 6-9 meter, tebal 5-10 cm, dan lebar berkisar 20-30 cm.

5. Kayu Kaso

Terakhir, ada kayu kaso yang merupakan jenis kayu untuk bahan konstruksi atap dan dinding bangunan. Ukuran kayu kaso lebih besar dibanding kayu reng. Biasanya ukuran kayu kaso sekitar lebar 15-25 cm, tebal 5-10 cm, dan panjang 4-6 meter. 

Meski begitu, berat kayu kaso cukup ringan sehingga tidak memerlukan tukang yang banyak dalam proses pembangunan. Jenis kayu ini sangat ideal digunakan sebagai bahan konstruksi karena mempunyai serat yang cukup kuat dan dapat menahan beban berat.

Harga Kayu Balok Terbaru

ayu balok mempunyai ukuran lebih tebal dibanding jenis kayu lain. Varian harganya pun berbeda sesuai tipenya. Berikut adalah ulasan harga kayu balok terbaru:

  • Harga kayu balok meranti ukuran 6 x 12 batang (4m) = Rp81.000
  • Harga kayu balok meranti ukuran 8 x 12 batang (4m) = Rp126.000
  • Harga kayu balok borneo ukuran 6 x 12 batang (4m) = Rp81.000
  • Harga kayu balok borneo ukuran 8 x 12 batang (4m) = Rp105.000
  • Harga kayu balok kamper ukuran 6 x 12 batang (4m) = Rp186.000
  • Harga kayu balok kamper ukuran 8 x 12 batang (4m) = Rp211.000 

Demikian daftar harga kayu balok terbaru 2024. Semoga bermanfaat ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Promotions

harga kayu, harga kayu balok, jenis kayu, ukuran kayu

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Berita Terkini
article
Kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

Berita Terkini
article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Kerjasama, Persewaan di BSD City Lebih Mudah

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022

Berita Terkini
article
Sinar Mas Land Raih Penghargaan FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards 2022

BSD City, 14 Desember 2022 – Berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan pelayanan yang bai

Read More

26 December 2022