pixel
Home/Articles/

Apa Itu Mortar dan Fungsinya dalam Pengerjaan Bangunan

Apa Itu Mortar dan Fungsinya dalam Pengerjaan Bangunan

05 August 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
mortar, mortar bangunan, bahan bangunan, bangun rumah

turnbullmasonry.com

Mortar adalah salah satu bahan penting dalam konstruksi bangunan yang sering kali diabaikan perannya dibandingkan dengan bahan seperti beton dan bata. Padahal mortar punya fungsi yang penting dalam memastikan kekuatan dan kestabilan struktur bangunan. 

Mortar atau disebut juga semen instan, punya berbagai manfaat dalam proses pengerjaan bangunan. Untuk memahami lebih lengkap mengenai mortar, artikel ini akan mengulasnya secara mendalam. Mulai dari pengertian mortar, komposisi bahan pembuatnya, serta peran dan fungsinya dalam proses pengerjaan bangunan.

Apa Itu Mortar?

Mortar adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran dari bahan-bahan anorganik seperti semen, pasir, dan air. Campuran ini berguna untuk merekatkan dan mengisi celah antara bata, batu, atau material bangunan lainnya ketika mendirikan sebuah bangunan. 

Selain itu mortar adalah bahan yang juga berfungsi sebagai perekat yang kuat dan memberikan dukungan struktural pada bangunan dengan menahan beban yang disusun vertikal dan lateral.

Komposisi Mortar

Sebelum memahami fungsi dan proses pembuatan mortar, pahami dulu komposisi mortar adalah terbuat dari apa. Berikut ini beberapa bahan utama yang menyusun pembuatan mortar, antara lain:

- Semen/Beton

Sebagai adalah bahan pengikat utama yang terkandung di dalam mortar. Semen yang digunakan biasanya merupakan jenis Portland cement. Jenis semen ini merupakan campuran dari kalsium, silikon, aluminium, dan besi.

- Pasir dan Kapur

Selain semen, ada juga pasir dan kapur yang terkandung dalam mortar. Pasir digunakan sebagai bahan pengisi dengan komposisi yang lebih banyak dari semen. Pasir dan kapur yang tercampur ini harus memiliki ukuran butir yang seragam untuk memastikan kekuatan dan kestabilan mortar.

Cari Rumah di BSD dengan harga terbaik? Cek disini!

Our Property

Welton by Hiera (Welton Type 7x14)
Welton by Hiera (Welton Type 7x14)

Tangerang, Banten

Property Area: 116m2
Residential

Start from 
Rp 3.468.128.000
Welton by Hiera (Welton Type 8x16)
Welton by Hiera (Welton Type 8x16)

Tangerang, Banten

Property Area: 166m2
Residential

Start from 
Rp 4.189.257.000
Welton by Hiera (Welton Type 9x18 - 9x16)
Welton by Hiera (Welton Type 9x18 - 9x16)

Tangerang, Banten

Property Area: 225m2
Residential

Start from 
Rp 4.900.000.000
Welton Signature 8 x 16
Welton Signature 8 x 16

Tangerang, Banten

Property Area: 168m2
Residential

Start from 
Rp 4.221.357.000
Welton Signature 9x18
Welton Signature 9x18

Tangerang, Banten

Property Area: 162m2
Residential

Start from 
Rp 6.226.523.000

- Air

Penambahan air berfungsi untuk mengaktifkan proses pengerasan semen dan membentuk konsistensi yang tepat untuk aplikasi mortar. Kamu bisa menyesuaikan jumlah air sesuai dengan kebutuhan Pembangunan. Namun sebaiknya buatlah konsistensi yang sesuai seperti pasta.

Selain ketiga bahan di atas, ada juga beberapa bahan tambahan yang mungkin ditambahkan dalam komposisi pembuatan mortar. Fungsi bahan tambahan ini adalah untuk meningkatkan kekuatan atau karakteristik khusus mortar. Beberapa diantaranya seperti serat-selulosa untuk meningkatkan keuletan atau bahan kimia untuk memperlambat pengerasan.

Fungsi Mortar dalam Pengerjaan Bangunan

Sebagai salah satu bahan material bangunan, mortar adalah bahan bangunan dengan beberapa peranan penting antara lain:

1. Sebagai Perekat

Mortar adalah material yang berfungsi sebagai perekat yang kuat untuk menyatukan berbagai material bangunan seperti bata, batu, blok beton, atau ubin. Kekuatan perekatannya sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kestabilan struktur bangunan.

2. Sebagai Bahan Pengisi

Mortar adalah bahan yang berfungsi mengisi celah antara material bangunan, yang membantu meningkatkan struktural bangunan keseluruhan. Selain itu mortar adalah bahan material yang bisa mencegah masuknya air, udara, atau benda asing lainnya yang dapat merusak bangunan.

3. Menahan Beban

Selain memberikan dukungan vertikal, mortar adalah material yang mampu menahan beban lateral atau gaya geser yang mungkin terjadi pada bangunan. Hal ini penting terutama pada bangunan bertingkat atau struktur dengan beban yang kompleks.

4. Memberikan Kekakuan

Mortar adalah material yang bisa membantu meningkatkan kekakuan bangunan dengan menahan pergerakan atau perubahan bentuk struktur bangunan. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya gempa bumi, angin, atau beban eksternal lainnya.

5. Pencegahan Kelembaban

Mortar adalah diterapkan dengan benar juga dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung terhadap kelembaban, yang membantu mencegah kondisi yang mendukung pertumbuhan jamur atau kerusakan lainnya akibat kelembaban berlebih.

Demikian penjelasan mengenai mortar dan fungsinya dalam pengerjaan bangunan. Semoga bermanfaat ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Promotions

mortar, mortar bangunan, bahan bangunan, bangun rumah

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Berita Terkini
article
Kemudahan dan keuntungan tinggal di BSD City dengan aplikasi OneSmile!

Beli rumah di kawasan BSD City masih menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal hingga dijadi

Read More

27 July 2022

Berita Terkini
article
Living Lab Ventures, TwoSpaces dan NEC Kerjasama, Persewaan di BSD City Lebih Mudah

Living Lab X, Divisi Partnership dan Incubation Living Lab Ventures, hari ini mengumumkan kemitraan

Read More

26 September 2022

Berita Terkini
article
Sinar Mas Land Raih Penghargaan FIABCI Indonesia-REI Excellence Awards 2022

BSD City, 14 Desember 2022 – Berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan pelayanan yang bai

Read More

26 December 2022