pixel
Home/Articles/

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Pindah Apartemen

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Pindah Apartemen

26 December 2022

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
pindah apartemen, tinggal di apartemen, tempat tinggal

Setiap orang bermimpi memiliki rumah yang nyaman. Tetapi, membeli rumah tidak semudah yang dipikirkan. Dibutuhkan analisis menyeluruh sebelum melakukan pembelian. Ada beragam pilihan hunian lainnya selain rumah, yaitu kavling hunian, apartemen, hingga rumah susun. Belakangan ini, ada kecenderungan yang berkembang untuk memiliki apartemen dengan tujuan ganda untuk tinggal di dalamnya dan menggunakannya sebagai investasi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli atau menjual apartemen, kamu harus memikirkan hal-hal yang ini.

1. Harga Apartemen

Langkah pertama yang paling dipertimbangkan sebelum membeli apartemen adalah memilih dan menetapkan anggaran. Ketika kita tahu berapa banyak yang siap kita keluarkan untuk rumah atau apartemen, mudah untuk memilih properti yang sesuai dengan anggaran dan pilihan kita. Untuk menjamin hal ini, penting untuk membandingkan harga properti yang ditawarkan dengan harga properti tetangga yang dibangun oleh developer lain untuk menentukan apakah kita sudah mendapatkan penawaran yang benar atau tidak.

2. Pemeriksaan Lokalitas dan Lingkungan

Saat ingin membeli apartemen, penting untuk memilih lokasi yang dekat dengan pusat bisnis, sekolah, perguruan tinggi, supermarket, rumah sakit, pusat perbelanjaan, taman, bioskop, dan tempat-tempat publik lainnya. Selain itu, lokasi properti tidak hanya mempengaruhi nilainya di pasar, tetapi juga standar kehidupan yang dapat kita harapkan di sana. Sekarang, rata-rata apartemen premium yang terletak di daerah perumahan yang elit menawarkan fasilitas yang unggul dan tingkat keamanan yang tinggi. 

3. Cari Tahu Kualitas Konstruksi

Sebisa mungkin, kita harus memeriksa reputasi developer dengan memeriksa jenis proyek yang mereka selesaikan. Ini termasuk mengetahui dan mengevaluasi stabilitas struktur dari bangnan, sifat tanah, ketinggian tanah diatas jalan akses, ketinggian tanah di atas permukaan laut atau sungai, dan ketinggian tanah dari ketinggian banjir tertinggi.

4. Pasokan Air dan Listrik

Percuma punya rumah atau apartemen mewah bila tidak dapat menawarkan kenyamanan yang kita inginkan. Tak jarang, penyambungan ke listrik juga masih bersifat sementara saat membeli apartemen yang masih dalam pembangunan. Karena itu, pasokan air dan listrik adalah salah satu hal utama yang harus kita periksa di kawasan dimana apartemen terletak.

Baca Juga: 5 Furniture yang Wajib Ada di Apartemen Kecil

5. Status Hukum Apartemen

Penting untuk memverifikasi bahwa hunian tersebut dibangun secara legal di sebidang tanah yang ditempati. Kemudian bila ingin membeli dari pemilik sah properti, pembeli juga harus memverifikasi penjual serta segala batasan yang mungkin saja dibatasi pengelola saat mentransfer properti.

6. Nilai Sewa Properti

Calon pembeli pertama-tama harus melakukan analisis pasar dengan menganalisis penjualan dan penyewaan terbaru dari apartemen yang sebanding di lingkungan sekitar selama jangka waktu tertentu. Kita bisa membandingkan dari atribut-atribut seperti jumlah dan ukuran kamar tidur dan kamar mandi, kolam renang, teras, jenis lokalitas tempat properti berada, dan hal-hal lainnya yang mendefinisikan dan membedakan properti. Saat melakukannya, semua pertimbangan risiko harus diperhitungkan. Misalnya, penyewaan properti di daerah dengan tingkat kriminalitas agak tinggi umumnya memerlukan langkah-langkah keamanan yang lebih besar dibandingkan menyewa properti di komunitas yang terjaga keamanannya.

7. Beli Apartemen dari Developer Terkenal

Banyak pertimbangan menyarankan agar kita hanya mendapatkan rumah impian kita dari pembangun dan pengembang yang memiliki reputasi baik dan mapan. Pertama, kita bisa melihat bahwa developer yang bereputasi dan berpengalaman memiliki sistem dan prosedur untuk memastikan penyelesaian tepat waktu terkait pengiriman apartemen ke pemilik. Kedua, pengembang yang bereputasi memiliki pengalaman yang cukup untuk mengidentifikasi dengan cepat kebutuhan market dan calon pembeli. Selain itu, proyek real estate developer terkemuka biasanya terletak di tempat yang populer, terhubung dengan baik, dan aman dalam hal ketidakpastian pasar.

8. Pertumbuhan nilai properti

Real estate adalah salah satu dari sedikit investasi yang dapat memberikan pengembalian yang melebihi tingkat inflasi. Pembangunan infrastruktur memainkan fungsi penting dalam apresiasi harga. Ini harus diantisipasi agar menarik lebih banyak permintaan. Infrastruktur properti hunian, baik di dalam komplek hunian maupun di sekitarnya, berperan penting dalam menentukan nilainya saat ini dan di masa mendatang. Misalnya, akses keluar masuk harus dibangun khusus dan juga dirawat dengan baik. Selain itu, sekolah dan rumah sakit yang dapat diakses. Tak ketinggalan, kebersihan apartemen yang harus terjaga dengan baik.

9. Fasilitas dan Akses

Fasilitas dan ruang terbuka adalah satu hal lagi yang harus dipertimbangkan sebelum membeli apartemen untuk ditempati. Misalnya, apartemen memiliki areal parkir yang tertutup dan aman, lalu ada fasilitas olahraga, klub, dan taman bermain untuk anak. Keamanan juga harus menjadi catatan, seperti apakah ada alarm, kamera CCTV, kunci pengaman ganda, dan security selama 24 jam. Akses adalah faktor penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian hunian. Orang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu dan biaya untuk pergi ke suatu tempat. Pastikan properti memiliki lokasi yang strategisstrategus dengan akses mudah untuk kemana-mana.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen

Gaya hidup sibuk yang didukung oleh jadwal kerja yang padat, tak bisa lepas dari polusi suara dan kepadatan lalu lintas. Karena itu, pembeli apartemen kerap melakukan pembelian di lingkungan yang tenang dan bebas stres, sehingga menemukan hunian yang benar-benar bebas dari masalah dan bahaya bagi mereka.

Berikut ada pilihan apartemen dari Sinar Mas Land, cek harga apartemen di BSD di sini:

Dapatkan juga informasi menarik dan terkini seputar properti, investasi, dan tata cara finansial lainnya di ecatalog.sinarmasland.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki hunian impian Anda dengan bergabung menjadi pengguna eCatalog!

Our Property

Magnolia 2BR
Magnolia 2BR

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 59.95m2
Apartment

Start from 
Rp 1.319.957.000

Promotions

pindah apartemen, tinggal di apartemen, tempat tinggal

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Apartment
article
Upper West BSD City: Hunian Modern dengan Konsep Terkini di BSD

"Live, Play, Earn" adalah moto yang menggambarkan konsep inovatif dari apartemen Upper West BSD City

Read More

27 July 2022

Apartment
article
Apartemen Ideal di Surabaya, Cocok untuk Keluarga!

Apartemen identik dengan penghuni yang biasanya berstatus single yang pada umumya berstatus pekerja

Read More

27 July 2022

Apartment
article
The Elements Apartment: Investasi Properti Terbaik di Jakarta Selatan

Saat ini investasi properti sedang gencar dan diminati banyak orang. Mengingat harga properti yang t

Read More

27 July 2022