pixel
Home/Articles/

Apa Itu Media Monitoring dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa Itu Media Monitoring dan Manfaatnya untuk Bisnis

12 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
media monitoring

indonesiapr.com

Dengan kemajuan teknologi, pemantauan media menjadi semakin penting untuk menilai kinerja perusahaan dan pemerintah. Namun, banyak yang masih belum memahami apa itu pemantauan media dan apa saja keuntungannya. Pemantauan media adalah proses mengumpulkan data atau informasi dari berbagai media, baik itu media sosial maupun media massa online. Melalui pengumpulan data ini, Anda akan mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk membuat keputusan.

Apa Itu Media Monitoring?

Pakar media William J. Comcowich dalam bukunya yang berjudul "Media Monitoring" mendefinisikan pemantauan media sebagai proses membaca, menonton, dan mendengarkan isi editorial dari berbagai sumber media, serta mengidentifikasi, menyimpan, dan menganalisis konten yang mengandung kata kunci atau topik yang relevan. Tujuan dari pemantauan media ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing, isu-isu yang relevan, reputasi perusahaan, serta untuk memahami komunikasi perusahaan dan mendeteksi peluang bisnis baru. Setelah memahami apa itu pemantauan media, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan tersebut:

Cari Business Loft di BSD dengan harga terbaik? Cek disini!

Manfaat Media Monitoring dalam Perkembangan Bisnis

1. Mengetahui Reputasi

Dalam melakukan media monitoring, Anda bisa mengetahui reputasi bisnis maupun personal di publik. Dengan hal tersebut, Anda bisa menentukan strategi untuk meningkatkan reputasi atau pun citra positif sesuai tujuan yang Anda kehendaki.

2. Mencari Tahu Tren Terbaru

Media monitoring juga bisa mengetahui tren yang lagi digandrungi masyarakat. Dalam segi bisnis, hal tersebut sangat berguna dalam menyusun strategi penjualan ke depan.

3. Mengetahui Sentimen Negatif

Dalam membangun bisnis, tentu terdapat kritikan maupun sentimen negatif dari publik dan hal tersebut bisa terekam dengan menggunakan media monitoring.

4. Menyusun Strategi Marketing

Dari beberapa poin di atas, pemantauan media pada akhirnya juga bermanfaat dalam menyusun strategi pemasaran bisnis Anda, dengan dasar dari data yang telah dikumpulkan melalui pemantauan media. Hanya sedikit lembaga yang mampu melakukan ini, terutama karena beberapa alat khusus digunakan dalam pemantauan media.

Dapatkan juga informasi menarik dan terkini seputar properti, investasi, dan tata cara finansial lainnya di ecatalog.sinarmasland.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki hunian impian Anda dengan bergabung menjadi pengguna eCatalog!

[carousel_lisitngs]

Promotions

media monitoring

Bagikan :

share on facebookshare on Xshare on whatsapp
Similar Articles
Keuangan & Investasi
article
Investasi Tanah Pilihan Investasi Jangka Panjang, untuk Persiapan Masa Depan Kamu!

Banyak orang belum menyadari bahwa bisnis investasi tanah adalah hal penting untuk masa depan, karen

Read More

09 November 2022

Keuangan & Investasi
article
4 Tips Investasi Properti Bagi Pemula. Yuk Intip!

Harga apartemen di Jakarta -Jaman sekarang, sudah banyak anak muda atau biasa dikenal dengan a

Read More

19 December 2022

Keuangan & Investasi
article
Mana yang Lebih Untung, Investasi Tanah atau Rumah?

Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat di sektor properti, membuat banyak orang tertarik untuk

Read More

20 December 2022