pixel
Home/Articles/

5 Tips Merawat Tanaman Hias Tetap Segar di Apartemen Kamu!

5 Tips Merawat Tanaman Hias Tetap Segar di Apartemen Kamu!

13 November 2023

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
tips merawat tanaman hias di apartemen

Memiliki tanaman hias yang segar merupakan keinginan banyak orang, terlebih kegiatan menanam ini sudah menjadi hobi bagi banyak kalangan pada saat terjadi pandemi covid-19. Bahkan, memiliki tanaman hias pun kerap diidentikan dengan ruangan yang segar, asri, dan memiliki sirkulasi udara yang baik yang membuat banyak orang mencari cara untuk merawat tanaman hias tetap segar.

Kini, tidak hanya ruangan besar dan outdoor saja yang dapat ditumbuhi tanaman hias, bahkan kamu bisa merawat tanaman hias tetap segar di apartemen. Melalui eCatalog, akan dibagikan 5 tips merawat tanaman hias tetap segar di apartemen beserta manfaat memeliharanya!

Tips Merawat Tanaman Hias di Apartemen

Berikut ini adalah 5 tipsnya:

1. Letakkan dekat sinar matahari

Jika kamu tinggal di apartemen, letakkan di sudut balkon apartemen atau dekat jendela yang mendapatkan cukup cahaya tetapi tidak langsung menyorot sinar. Pasalnya, sinar matahari adalah kunci untuk mendapatkan kualitas, durasi, dan intensitas cahaya agar tanaman dapat tumbuh subur dan memberikan manfaatnya secara maksimal.

2. Isi pot dengan pupuk

PaTanaman dalam ruangan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak daripada tanaman di luar ruangan. Hal ini karena tanaman dalam ruangan tidak mendapatkan cahaya matahari secara langsung yang dapat membantunya menghasilkan nutrisi sendiri. Oleh karena itu, tanah tanaman dalam ruangan perlu diberi pupuk baik cair maupun bubuk untuk memenuhi kebutuhannya akan nitrogen, fosfor, dan potasium.

3. Pilih pot yang sesuai ukuran dan drainase yang baik

Perawatan tanaman hias di apartemen perlu memperhatikan drainase pot. Hindari pot plastik, logam, atau kaca karena tidak menyerap air dengan baik. Pastikan ada lubang di bawah pot agar air bisa mengalir keluar.

Selain drainase, penting juga untuk memilih pot yang ukurannya sesuai dengan ukuran tanaman. Pot yang terlalu besar dapat menyebabkan tanaman membusuk, sedangkan pot yang terlalu kecil dapat menyebabkan tanaman kekurangan air.

4. Potong secara teratur

Pemangkasan tanaman sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu setiap 3-6 bulan sekali. Pemangkasan dapat dilakukan untuk menghilangkan bagian-bagian tanaman yang sudah mati, rusak, atau tidak produktif. Pemangkasan juga dapat dilakukan untuk membentuk tanaman sesuai keinginan.

Saat memangkas tanaman, gunakan alat yang tajam dan bersih. Potong bagian tanaman dengan sudut 45 derajat. Hal ini akan membantu tanaman untuk tumbuh lebih subur.

5. Jangan terlalu sering pindahkan pot

Tanaman perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Oleh karena itu, hindari memindahkan tanaman secara tiba-tiba, termasuk meletakkannya di suhu yang berbeda drastis. Jika ingin memindahkan tanaman, lakukan secara bertahap.

 

Merawat tanaman hias di apartemen memang membutuhkan perhatian ekstra, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan mengikuti tips-tips di atas, pastinya kamu dapat merawat tanaman hias tetap segar di apartemen dengan baik.

Pastikan apartemen kamu juga terletak di lingkungan yang baik, ya! Salah satu rekomendasi apartemen lingkungan baik di Surabaya adalah Klaska Residence. Yuk cek rumahnya sekarang juga melalui eCatalog Sinarmas: Klaska Residence.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tanaman Hias yang Cocok di Balkon Apartemen

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Gaya Hidup & Hobi
article
Bingung Mau Kemana, in dia 7 Spot Menarik di BSD City!

Awalnya BSD memang sebuah kawasan perumahan dan tak lebih. Kini BSD City sudah menjelma sebagai kawa

Read More

13 December 2022

Gaya Hidup & Hobi
article
Membandingkan Biaya Hidup di Apartemen dan Rumah Tinggal di Tangerang

Tangerang merupakan kota yang sedang berkembang pesat di wilayah Jabodetabek. Kota ini menjadi pilih

Read More

26 January 2023

Gaya Hidup & Hobi
article
BSD City, Kota Modern dengan Fasilitas Lengkap

BSD City adalah kota baru yang berlokasi di dekat Jakarta, Indonesia. Kota ini memiliki luas sekitar

Read More

06 February 2023