pixel
Home/Articles/

5 Tanaman Indoor yang Bikin Rumah Wangi Sepanjang Hari

5 Tanaman Indoor yang Bikin Rumah Wangi Sepanjang Hari

13 June 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
tanaman indoor, tanaman wangi

realitasonline.id

Keberadaan tanaman dalam rumah memang dapat membuat tampilan terlihat lebih asri dan segar. Namun, tidak hanya itu, beberapa tanaman juga memiliki aroma harum yang bisa berfungsi sebagai pengharum ruangan alami. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang mengeluarkan wangi semerbak dan bisa digunakan untuk mengharumkan rumah secara alami, dikutip dari berbagai sumber:

1. Melati (Jasminum officinale)

6 Tanaman yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak, Cocok Jadi Hiasan Kamar Tidur  Halaman all - Kompas.com

Sumber: kompas.com

Selain bunganya yang indah, melati juga dikenal karena aromanya yang sangat wangi, sehingga cocok dijadikan tanaman dalam ruangan. Tanaman melati putih yang paling menarik adalah yang segar, muda, dan hijau. Melati putih biasa (J. officinale) juga tersedia hampir sepanjang tahun. 

William Davidson, penulis buku "Dr Houseplant," membagikan cara merawat melati jika diletakkan di dalam ruangan. Ia menyarankan untuk memotong batang yang telah berbunga secukupnya, tanpa memangkas seluruhnya, karena melati berbunga berdasarkan pertumbuhan dari musim sebelumnya. Ia menekankan bahwa setiap hari, melati harus ditempatkan di posisi yang menerima sinar matahari langsung. Selama masa pertumbuhan dan berbunga, melati harus diberi banyak air agar tetap lembap, dan saat beristirahat, cukup diberi air secukupnya agar tanah tidak mengering sepenuhnya.

Cari Properti di BSD dengan harga terbaik? Cek disini!

2. Tanaman Kopi (Coffee Arabica)

Kopi Arabika dan Kopi Robusta | Artikel | Royalle Coffe

Sumber: supplierkopi.id

Tanaman kopi akan tumbuh subur di ruangan dengan kelembapan tinggi dan cahaya tidak langsung yang terang. Lisa Eldred-Steinkopf, pakar tanaman hias, menjelaskan bahwa tanaman kopi menyenangkan untuk ditanam dan benar-benar menghasilkan biji kopi, meskipun tidak akan cukup untuk membuat secangkir kopi. Ketika ditanam di pot dalam ruangan, tanaman kopi perlu disiram dengan baik tanpa tergenang air. Lisa, yang juga dikenal sebagai The Houseplant Guru, menambahkan bahwa kelembapan yang tinggi diperlukan untuk mencegah tepi daun berubah warna menjadi cokelat, sehingga tanaman sebaiknya diletakkan di atas nampan kerikil.

3. Kumquat (Citrus japonica)

2.793 Citrus japonica untuk Gambar Stok dan Foto Tanpa Royalti |  Shutterstock

Sumber: shutterstock.com

Citrus japonica mampu melakukan penyerbukan sendiri, sehingga dapat menghasilkan buah yang berbau harum. Bethany Lakatos, pakar tanaman di Fast-Growing Trees, menjelaskan bahwa beberapa varietas kumquat dapat mekar lebih dari sekali dalam setahun, dengan bunga yang memiliki aroma manis dan segar. Kumquat paling cocok ditempatkan di luar ruangan selama musim semi hingga musim gugur, saat tidak ada ancaman embun beku, dan dapat dipindahkan ke dalam ruangan selama musim dingin. Lakatos menambahkan bahwa jika tidak, kumquat sebaiknya diletakkan di jendela yang menghadap ke Selatan atau Barat untuk menerima banyak cahaya. Jika pencahayaan di rumah tidak memadai, dianjurkan untuk menggunakan lampu tumbuh selama 12-14 jam sehari dengan waktu istirahat 8 jam.

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor Terbaik untuk Ruang Minim Cahaya, Mudah Dirawat!

4. Gardenia (Kacapiring Wangi)

Gardenia jasminoides, Jazmín del Cabo, Gardenia Común 300, 1000 semillas -  Etsy España

Sumber: etsy.com

Gardenia, juga dikenal sebagai Kacapiring Wangi, adalah tanaman yang terkenal dengan bunga putih indah dan aromanya yang sangat manis. Tanaman hias ini dapat hidup di dalam maupun di luar ruangan. Bethany dari situs Fast Growing Trees menjelaskan bahwa sebagai tanaman hias, kacapiring membutuhkan tanah yang asam dan perhatian khusus saat penyiraman. Ia menyarankan untuk memilih varietas kecil seperti Radicans atau Veitchii, karena jenis tersebut dapat ditampilkan dalam pot elegan dengan lubang drainase. Kacapiring sebaiknya ditempatkan di lokasi yang terang dan disiram saat tanah di pot terlihat kering atau kering hingga kedalaman sekitar lima sentimeter.

5. Rosemary Tuscan

Tuscan Blue Rosemary – Crown Valley Nursery

Sumber: crownvalleynursery.com

Aroma rosemary sering digunakan untuk menambahkan citarasa pada makanan, karena tanaman ini memiliki bau yang sangat kaya. Oleh karena itu, rosemary termasuk dalam daftar tanaman berbau harum yang bisa dijadikan pengharum ruangan alami. Bethany menjelaskan bahwa sementara beberapa tanaman hanya berbau harum saat sedang mekar, rosemary akan tetap mengeluarkan aroma gurihnya sepanjang hari jika daunnya disentuh. 

Ia menyarankan untuk memilih varietas tegak seperti Tuscan Blue, yang memiliki bunga kecil berwarna biru tua seperti beludru aromatik. Tanaman ini sebaiknya ditempatkan di bawah sinar matahari langsung di jendela dapur yang menghadap ke selatan atau barat. Bethany menambahkan bahwa campuran pot dengan drainase yang baik dan pot dengan lubang drainase sangat penting untuk kesehatan akar rosemary.

Demikian pilihan tanaman indoor, baik tanaman hias, bunga, herbal, maupun tanaman berbuah yang bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Semoga bermanfaat ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com

Our Property

Welton by Hiera (Welton Type 7x14)
Welton by Hiera (Welton Type 7x14)

Tangerang, Banten

Property Area: 116m2
Residential

Start from 
Rp 3.468.128.000
Welton by Hiera (Welton Type 8x16)
Welton by Hiera (Welton Type 8x16)

Tangerang, Banten

Property Area: 166m2
Residential

Start from 
Rp 4.189.257.000
Welton by Hiera (Welton Type 9x18 - 9x16)
Welton by Hiera (Welton Type 9x18 - 9x16)

Tangerang, Banten

Property Area: 225m2
Residential

Start from 
Rp 4.900.000.000
Welton Signature 8 x 16
Welton Signature 8 x 16

Tangerang, Banten

Property Area: 168m2
Residential

Start from 
Rp 4.221.357.000
Welton Signature 9x18
Welton Signature 9x18

Tangerang, Banten

Property Area: 162m2
Residential

Start from 
Rp 6.226.523.000
Adora Terravia Classic Type 93
Adora Terravia Classic Type 93

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 93m2
Residential

Start from 
Rp 2.647.810.000
Adora Terravia Prime Type 144
Adora Terravia Prime Type 144

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 144m2
Residential

Start from 
Rp 3.137.363.000

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Inspirasi Hunian
article
Pemilihan Warna Dinding Rumah Dapat Mempengaruhi Mood, Lho!

Warna cat rumah dianggap dapat menunjukkan karakter dan kepribadian pemiliknya. Namun, sangat jarang

Read More

20 December 2022

Inspirasi Hunian
article
Makeover Ruangan untuk Ciptakan Suasana Baru!

Makeover ruangan - Tinggal di rumah kecil atau apartemen perkotaan seringkali memerlukan perjuangan

Read More

17 February 2023

Inspirasi Hunian
article
Menata Cermin di Apartemen Menurut Feng Shui

Menata Cermin di Apartemen Menurut Feng Shui Ketika akan menata sebuah rumah atau bangunan, ilmu fe

Read More

23 February 2023