pixel
Home/Articles/

3 Kesalahan Desain Rumah dan Cara Memperbaikinya

3 Kesalahan Desain Rumah dan Cara Memperbaikinya

31 May 2024

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
desain rumah, rekomendasi desain rumah

shutterstock.com

Merancang sebuah rumah adalah tugas yang menggembirakan. Banyak ide kreatif yang dapat diaplikasikan ketika merancang rumah. Namun, bagi para pemula dalam dunia desain rumah, kemungkinan terdapat beberapa kesalahan yang tidak disengaja. Setidaknya, ada 3 kesalahan yang sering muncul dalam proses merancang rumah, berikut adalah beberapa kesalahan dalam desain rumah beserta solusinya.

1. Salah Memilih Warna Cat

Jika mengecat seluruh ruangan dengan warna yang kurang pas, maka kesan visual rumah bisa terganggu. Jika terlanjur melakukan kesalahan ini, langkah awal yang perlu diambil adalah melakukan pengecatan ulang ruangan dengan warna yang lebih cocok. Namun, sebelum melanjutkan proses pengecatan, lebih baik untuk menguji warna cat baru tersebut terlebih dahulu di area kecil. Selanjutnya, perhatikan bagaimana warna cat tersebut tampak pada berbagai waktu, termasuk pagi, siang, sore, dan malam hari, untuk menilai efeknya di bawah pencahayaan yang berbeda. Selain melakukan pengecatan ulang, alternatif lain adalah dengan menambahkan karya seni berukuran besar ke dinding untuk mengalihkan fokus dari warna cat yang mungkin kurang pas.

2. Membeli Dekorasi yang Tidak Sesuai

Ketika berbelanja perlengkapan untuk rumah, penting untuk memilih sesuai dengan gaya dekorasi yang diinginkan untuk rumah tersebut. Hindari membeli barang-barang yang terlalu mewah untuk mengisi rumah dengan gaya tradisional, karena hal tersebut dapat membuat keselarasan visual rumah terganggu. Jika terlanjur melakukan hal tersebut, pertimbangkan untuk menukarnya dengan barang yang lebih sesuai dengan gaya rumah yang diinginkan, atau bahkan menjualnya kembali. Namun, jika membeli barang yang berlapis kain seperti sofa, kepala tempat tidur, atau kursi, kemungkinan besar barang-barang tersebut dapat diubah dengan cara dilapisi ulang.

Baca Juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu Menyambut Hari Raya Idul Adha

3. Melupakan Fungsi

Salah satu kesalahan umum dalam desain rumah adalah melupakan fungsi dari ruang yang direncanakan. Terkadang, fokus terlalu banyak pada estetika atau gaya tertentu sehingga fungsi utama ruangan terabaikan. Misalnya, sebuah ruang tamu yang terlihat indah namun kurang nyaman untuk ditempati atau dapur yang terlihat mewah tetapi kurang efisien dalam penggunaannya. Cara untuk memperbaiki kesalahan ini adalah dengan mengutamakan fungsi ketika merancang ruangan. Pertimbangkan bagaimana ruangan tersebut akan digunakan sehari-hari dan pastikan desainnya sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup penghuninya. Berpikir praktis dan memprioritaskan kenyamanan serta fungsionalitas akan membantu mencegah kesalahan desain yang berkaitan dengan melupakan fungsi ruang.

Demikian 3 kesalahan desain rumah beserta cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat ya! Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya seputar properti, lifestyles, tata cara hingga informasi mengenai promo dan diskon properti hanya melalui ecatalog.sinarmasland.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki hunian impian Anda dengan bergabung menjadi pengguna eCatalog!

Our Property

Muse Alesha House Pool Villa Type 90
Muse Alesha House Pool Villa Type 90

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 90m2
Residential

Start from 
Rp 1.675.707.463
New Alesha Type 90
New Alesha Type 90

Tangerang Selatan, Banten

Property Area: 90m2
Residential

Start from 
Rp 1.841.583.000

Promotions

desain rumah, rekomendasi desain rumah

Bagikan :

share on facebookshare on twittershare on whatsapp
Similar Articles
Desain
article
7 Tips Menata Interior Apartemen Tipe Studio

Apartemen kini kian diminati sebagai hunian yang ideal bagi para kaum urban dengan mobilitasnya yang

Read More

16 December 2022

Desain
article
Cari rumah di Bogor dengan Desain Kamar Minimalis & Cozy!

Cari rumah di Bogor - Punya rumah baru dengan ruang keluarga dan tamu berkonsep cozy minimalist meru

Read More

08 February 2023

Desain
article
5 Ide Desain Dapur Minimalis Bikin Rumah Makin Kece!

Desain Dapur - Memiliki hunian yang nyaman merupakan impian banyak orang, termasuk kamu juga, bukan?

Read More

20 February 2023